PENGANTAR PENDIDIKAN
SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut
nama allah swt yang maha pengasih lagi maha penyayang.
Yang telah memberikan kekuatan serta
kelancaran dalam menyelesaikan makalah matakuliah pengantar pendidikan yang
berjudul ” SitemPendidikan Nasional” sehingga dapat terselesiakan tepat pada
waktunya.
Terlepas dari semua itu , mungkin dalam penyususan makalah terdapat kesalahan
yang tida disadari ,untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun
kami harapkan untuk menyempurnakan makalah selanjutnya.
Akhir
kata, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Dan
semoga makalah ini bermanfaat bagi kita.
Bandar Lampung, Oktober 2016
PENULIS
i
Daftar isi
Kata
Pengantar....................................................................................i
Daftar Isi................................................................................................ii
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang........................................................................1
1.2 Rumusan Masalah..................................................................1
1.3 Tujuan
Penulisan...................................................................2
BAB II Pembahasan
2.1 Pengertian sisitem
pendidikan..........................................3
2.2 Fungsi dan Tujuan Sistem Pendidikan Nasional.........6
2.3 Visi dan Misi Pendidikan
Nasional....................................7
2.4 Upaya Pembanguna pendidikan Nasional......................8
BAB III PENUTUP
Kesimpulan.................................................................................11
Saran.............................................................................................12
Daftar
Pustaka...........................................................................13
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu sistem dimana proses pengajaran
terjadi ,pendidikan juga diperlukan bagi anak untuk mencerdaskan anak bangsa
agar dapat memajukan bangsa .tujuan dari pendidikan itu sendiri adalah untuk
memperoleh proses pendidikan yang berjalan.
Namun faktanya pendidikan yang ada di
indonesia belum mampu memenuhi tantangan global untuk masa yang akan datang.
Pemerataan pendidikan masih menjadi masalah dalam dunia pendidikan di indonesia.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
upaya untuk membangun sumber daya manusia yang berwawasan ilmu pengetahuan dan
teknologi,serta bermoral dan berbudaya tidak semudah itu, semua itu perlu cara
cara seperti : pendidikan awal di keluarga,
masyarakat dan pendidkan yang
bermanfaat untuk tujuan negara negara.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah:
•
Apa yang
di maksud dengan sistem pendidikan nasional?
•
Apa
fungsi dan Tujuan sistem pendidikan
Nasional?
•
Apa misi
dan misi dari sistem pendidikan nasional?
•
Bagaimana
sistem pendidikan nasional saat ini?
•
Apa saja
upaya yang dapat dilakuakan untuk pengembangan sistem pendidikan nasional?
1
1.3 Tujuan
•
Mengetahui
Pengertian, fungsi,tujuan serta visi dan misi dari sistem pendidikan nasional.
•
Mengenal
sistem pendidikan nasionsl yang berlangsung saat ini.
•
Mengetahui
upaya-upaya yang dapat silakukan untuk pengembangan sistem pendidikan nasional
•
Mengetahui
undang-undang yang berhubungan dengan sistem pendidikan nasional
2
BAB II
PEMBAHASAN
Sistem
Pendidikan Nasional.
2.1 Kelembagaan ,Program, dan Pengelolaan Pendidikan.
Pendidikan
adalah usaha standar untuk menyiapkan peserta didik agar dapat berperan aktif
dan positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang.
Pendidikan
nasional Indonesia adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa
Indonesia dan berdasar kepada pencapaian tujuan pembangunan nasional
Indonesia.
1.Kelembagaan
Pendidikan
Berdasarkan
UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional,kelembagaan
pendidikna dapat dilihat dari segi jalur pendidikan dan program pendidikan.
•
Jalur
Pendidikan.
Penyelenggaraan sisdinas dilaksanakan melalui
dua jalur yaitu, jalur pendidikan sekolah, dan jalur pendidikan luar sekolah.
•
Jalur
pendidikan sekolah.
3
Jalur pendidikan sekolah merupakan pendidikan
yang diselenggarakan di sekolah melalui kegiatan belajar mengajar secara berjenjang
dan berkesinambungan.
•
Jalur
pendidikan luar sekolah.
Jalur pendidikan luar sekolah (PLS) merupakan
pendidikan yang bersifat kemasyarakatan yang diselenggarakan di luar
sekolah
melalui kegiatan belajar mengajar yang tidak
berjenjang dan tidak bersinambung
, seperti kepramukaan dan kursus.
•
Jenjang
Pendidikan
Jenjang pendidikan adalah tahap dalam
pendidikan berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta
didik serta keluasan dan kedalaman bahan pengajaran ( UU RI No.2 Tahun 1989 Bab
I, pasal 1 Ayat 5 ).
•
Jenjang
Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar diselenggarakan untuk
memberikan bekal dasar yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat berupa
pengembangan sikap,pengetahuan, dan keterampilan dasar.
•
Jenjang
Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah terdiri atas pendidikan
menengah umum, pendidikan menengah kejuruan, dan pendidikan menengah luar
biasa. Pendidikan menengah kedinasan dan pendidikan menengah keagamaan.
4
•
Jenjang
Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi merupakan kelanjutan
pendidikan menengah, yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik
menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik gan profesional
yang dapat menerapkan , pengembangan dan menciptakan ilmu pengetahuan.
•
.Program
dan Pengelolaan Pendidikan
•
Jenis
Program Pendidikan.
Jenis pendidikan adalah pendidikan yang
dikelompokan sesuai dengan sifat dan kekhususan tujuannya ( UU RI No 2 TAHUN
1989 Bab I, Pasal 1 Ayat 5 No 2)
Program Pendidikan yang termasuk jalur
pendidikan sekolah terdiri atas ;
•
Pendidikan
umum (SD,SMP,SMA, Universitas)
•
Pendidikan
kejuruan ( STM,SMTK,SMP,SMA,SMEA)
•
Pendidikan
luar biasa (SDLB,SGPLB)
•
Pendidikan
kedinasan ( SPK,APDN,STAN,STPDN)
•
Pendidikan
keagamaan ( PGAN,IAIN, Theologia,IHD)
•
Kurikulum
Program Pendidikan
Kurikulum adalah perangkat atau rencana yang
disusun untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam hal ini kurikulum mencangkup
dua aspek yaitu aspek kesatuan nasional dan aspek local.
5
•
Kurikulum
Nasional
Tujuan pendidikan nasional dinyatakan di
dalam UU RI No. 2 tahun 1989 Pasal 3, yaitu;
•
Terwujudnya
bangsa yang cerdas
•
Manusia
yang utuh, beriman, dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
•
Berbudi
peketi luhur
•
Terampil
dan berpengetahuan
•
Sehat
jasmani dan rohani
•
Berkepribadian
yang mantap dan mandiri
•
Bertanggung
jawab pada kemasyarakatan dan kebangsaan
2.2 Fungsi dan Tujuan sistem pendidikan nasional
Tujuan pendidikan adalah suatu faktor yang
amat sangat penting di dalam pendidikan, karena tujuan merupakan arah yang
hendak di capai atau yang hendak di tuju oleh pendidikna. Begitu juga dengan
penyelenggaraan pendidikan yang di alami bangsa Indonesia.
Fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional
dituangkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 3 yang berbunyi
;
“ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupaan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia,
6
sahat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab”
Prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional
Sesuai undang-undang 20/2003 tentang
sisdiknas, ada 6 (enam) prinsip. Ketentuan ini, diatur pada bab II pasal 4 yang
diuraikan dalam 6 ayat.
Berikut isi undang-undang 20/2003, pasal 4
•
Pendidikan
diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif
dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia,nilai keagamaan,nilai kultur, dan
kemajemukan bangsa.
•
Pendidikan
diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistematik dengan sistem terbuka dan multimakna.
•
Pendidikan
diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik
yang berlangsung sepanjang hayat.
•
Pendidikan
diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan pengembangan
kreaktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
•
Pendidikan
diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung bagi
segenap warga masyarakat.
Pendidikan diselenggarakan dengan
memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam
penyelenggarakan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.
7
2.3 visi dan misi pendidikan nasional
Visi dan Misi pendidikan nasional telah dirumuskan dan
dituangkan dalam "penjelasan" UU, 20/2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional (SISDIKNAS). Visi dan Misi pendidikan
nasional ini merupakan bagian yang penting dalam strategi pembaharuan sistem
pendidikan.
•
VISI
PENDIDIKAN NASIONAL
Pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai
pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara
Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan
proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
2.MISI PENDIDIKAN NASIONAL
Dengan visi pendidikan nasional
tersebut, maka pendidikan nasional memiliki misi sebagai berikut:
1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan
kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Membantu dan memfasilitasi
pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat
dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar.
3. Meningkatkan kesiapan masukan dan
kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang
bermoral.
8
4. Meningkatkan keprofesionalan dan
akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan.
keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan
global.
5. Memberdayakan peran serta masyarakat
dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Inonesia.
2.4 Upaya Pembangunan Pendidikan
Nasional.
1.
jenis upaya pembaruan pendidkan
Pembaruan
yang terjadi meliputi landasan yuridis, kurikulum, perangkat penunjangnya,
struktur pendidikan, dan tenaga kependidikan.
•
Pembaruan
landasa yuridis.
Landasan yuridis adalah landasan hukum yang
mendasar semua kegiatan pendidikan dan mengenai hal-hal yang penting seperti
komponen struktur pendidikan, kurikulum, pengelolaan, pengawasan dan
ketenagaan.
•
Pembaruan
kurikulum.
Pembaruan kurikulum dapat dilihat dari segi
orientasinya, strategi, isi/ program, dan metodenya. Seperti kurikulum
1975/1976, 1984, 1992, 1994, 1999, 2004 (KBK), dan yang terakhir adalah
kurikulum 2006.
•
Pembaruan
pola dan masa studi
Pembaruan pola masa studi termasuk pendidkan
yang meliputi pembaruan jenjang dan jenis pendidkan serta lama waktu belajar
pada satuan pendidikan.
•
Pembaruan
tenaga pendidkan
9.
Yang dimaksud tenaga kependidikan adalah
tenaga yang bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti,
mengembangkan, mengelola, dan memberikan pelayanan teknis dalam bidang
pendidikan.
•
Dasar
dan aspek legal pembangunan pendidikan nasional
Dasar dan aspek legal pembangunan pendidikan
nasional berupa ketentuan-ketentuan yuridis yang menjadi dasar, acuan, serta
mengatur penyelenggaraan sistem pendidikan nasiional,seperti pancasila, UUD
1945,GBHN, UU Organik Pendidikan, Perpu.
10
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Pendidikan adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan positif. pendidikan
nasional adalah pendidikan yang berakar pada percakapan tujuan pembanguunan
nasional indonesia. sisitem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen
pendidikan yang saling berkaitan secara terpadu untuk mencapai tujuan nasiona.
sistem pendidikan nasional yang berorientasi pengembangan kualitas
sumber daya manusia , sangat di pengaruhi oleh
berbagai faktor , semata-mata tidak hanya di tentukan oleh tersedianya
anggaran pendidikan yang besar namun ditentukan pula oleh faktor lain yang tidak
penting.
SARAN
Sebagai mahasiswa dan seorang calon pendidik perlu mengkaji mengenai
pendidikan nasional dan materin lainnya, karena merupakan titik tolak ukur
sebagai guru yang profesional.
11
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini ,Nanik.201. pengantar pendidikan.
Bandar Lampung
Fattah , Anang. (199 ). Landasan Menageman
Pendidikan. Bandung :Rosda Karya
Shene, H.G.. 1984. Arti Pendidikan Bagi Masa
Depan. Jakarta : Pustekom,Dikbud; CV Rajawali.
WWW. Google . com/ sisitem pendidikan
nasional.
WWW. US Browser . pendidikan pancasila.
No comments:
Post a Comment