Saturday, October 8, 2016

KKM BINA SMA KLS X

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

PER KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR


Satuan Pendidikan     :  SMA
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :  X/1
Tahun Ajaran              : 2016/2017

Standar Kompetensi:
Mendengarkan:
9.     Memahami informasi melalui tuturan
Berbicara
10.   Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Membaca
11.   Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
Menulis
12.   Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Standar Kompetensi (aspek sastra):
Mendengarkan:
13.   Memahami cerita rakyat yang dituturkan
Berbicara
14.   Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membaca:
15.   Memahami sastra Melayu klasik
Menulis:
16.   Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen

No
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria  Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.


















2.

















3.





















4.

























5.
















6.













7.













8.
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
-    Menyimak serius informasi
-    Menangkap isi informasi
-    Menyimak isi tuturan
-    Menyimpulkan isi informasi lisan
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
-     Mendenagrkan dengan sak-sama informasi tak langsung
-     Menangkap isi informasi tak langsung
-     Menyimak informasi global
-     Mencari isi informasi tak langsung
10.1  Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
-   Mengkritik informasi
-   Memberikan alasan aktual
-   Menilai informasi
-   Memberikan pendapat dan kritik informasi media cetak
10.2  Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
-   Menyimak artikel
-   Memberikan penilaian ar-tikel
-   Memberi dukungan artikel
-   Menilai objektifitas artikel
11.1  Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
-   Membaca memindai teks
-   Merangkum teks yang dibaca
-   Membaca saksama teks buku
-   Merangkum isi buku
11.2  Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
-   Membaca saksama tabel/ grafik
-   Merangkum isi dari tabel/grafik
-   Merangkum isi informasi tabel/grafik
-   Merangkum dengan kalimat yang benars
12.1  Menulis gagasan untuk men-dukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
-   Memberikan gagasan dalam paragraf
-   Menulis paragraf argumen-tatif
12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
-   Memberikan gagasan
-   Menulis gagasan dalam paragraf persuasif
12.3  Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
-   Berwawancara
-   Menulis laporan wawancara dengan ejaan yang tepat
12.4  Menyusun teks pidato
-   Menyusun pidato
-   Membawakan pidato de-ngan tepat
13.1  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
-   Menilai tokoh cerita rakyat
-   Menghayati penokohan cerita
13.2  Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
-   Membaca cerita rakyat dengan saksama
-   Menemukan keunikan cerita tersebut
14.1  Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran pengin-deraan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
-   Memecahkan masalah dalam diskusi
-   Membahas isi puisi
14.2  Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
-   Menghayati puisi
-   Menghubungkan puisi dengan realitas luar puisi
15.1  Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
-   Mencari ciri-ciri sastra Melayu klasik
-   Mengetahui unsur-unsur intrinsik sastra
15.2  Menemukan nilai-nilai yang terkandugn di dalam sastra Melayu klasik
-   Mencari keunikan sastra Melayu klasik
-   Menemukan nilai-nilai sastra Melayu klasik
16.1  Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
-   Menulis karangan (menga-rang)
-   Menuils pelaku, peristiwa dan kata pengantar
16.2  Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
-   Menulis pengalaman orang lain
-   Menulis cerpen dari penga-laman




     
 Catatan: poin  kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya





Mengetahui,                                                         Bandar Lampung, 24 September 2016
 Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                        


Ki. Drs. H. Surip Salamto                                  Ni. Mira Salviani, S.Pd.
NPA. 3061                                                            NIP .
NIP.                                                                                                                      NIP.



PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

PER STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


Satuan Pendidikan  :  SMA
Mata Pelajaran        :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       :  X/2
Tahun Ajaran           : 2016/2017


No
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kriteria  Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.







2.









3.









4.















5.











6.










7.






8.










Memahami informasi melalui tuturan
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
10.1  Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2  Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
11.1  Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2  Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
12.1  Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3  Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4  Menyusun teks pidato
Memahami cerita rakyat yang dituturkan
13.1  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2  Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
14.1  Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2  Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
Memahami sastra Melayu klasik
15.1  Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2  Menemukan nilai-nilai yang terkandugn di dalam sastra Melayu klasik
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
16.1  Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2  Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)




     
 Catatan: poin  kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya




                                                                                                                            
Mengetahui,                                                         Bandar Lampung, 24 September 2016
 Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                        


Ki. Drs. H. Surip Salamto                                  Ni. Mira Salviani, S.Pd.
NPA. 3061                                                            NIP .


No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...