RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/1
Materi
pokok
: Teks lisan dan tulis menyebutkan dan menanyakan nama
hari,bulan,nama waktu dalam hari,waktu dalam bentuk angka,tanggal,dan tahun
Sub
Materi : Number
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit (2x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3. Memahami pengetahuan (
faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD):
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1.
Menunjukkan perilaku santun, dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1. Menunjukkan prilaku tanggung jawab, peduli,
kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, bulan, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KD
1.
Membaca
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata secara baik dan benar dalam
bahasa inggris.
2.
Menyebutkan kardinal
numbers dan ordinal numbers dalam bahasa inggris.
3.
Dapat
membedakan antara cardinal numbers dan ordinal numbers.
4.
Menuliskan
cardinal numbers dan ordinal numbers dalam bahasa inggris.
5.
Menggunakan
cardinal numbers dan ordinal numbers dalam kehidupan sehari – hari.
D. Tujuan
pembelajaran :
1.
Siswa
dapat membaca dan menuliskan cardinal
numbers dan ordinal numbers secara
berurut.
2.
Siswa
dapat menghafal cardinal numbers dan ordinal
numbers secara berurutan.
3.
Siswa
dapat membuat kalimat dengan menggunakan cardinal
numbers dan ordinal numbers secara
berurutan.
4.
Siswa
dapat menemukan informasi tersurat dalam teks tentang cardinal
numbers dan ordinal numbers secara
berurutan.
5.
Siswa
dapat mengidentifikasi fungsi teks tentang cardinal numbers dan ordinal
numbers secara berurutan.
6.
Siswa
dapat menjawab
teks bacaan dengan materi tertentu.
E. Materi Pembelajaran :
1. Cardinal Number
A cardinal number is a number that says how many of something there are
such as one, two, three, four, five
A cardinal number answers the question “how many?”
Examples:
·
those are five coins
·
here are five coins
It does not have fraction or
decimals, as it only used for counting.
( +
) plus Tambah
( - ) minus Kurang
( x ) Times Kali
( : ) devided by Bagi
( = ) equals, Sama dengan
( - ) minus Kurang
( x ) Times Kali
( : ) devided by Bagi
( = ) equals, Sama dengan
Example :
1.
5 + 15 = 20 (
five plus fifteen equals twenty )
2.
90 – 25 = 65 (
ninety minus twenty five equals sixty five )
3.
5 x 3 = 15 (
five times three equals fifteen )
4.
15 : 3 = 5 (
fifteen devided by three equals five )
Cardinal
numbers
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
One
|
Two
|
Three
|
Four
|
five
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Six
|
seven
|
Eight
|
Nine
|
ten
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Eleven
|
twelve
|
thirteen
|
fourteen
|
fifteen
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
Sixteen
|
Seventeen
|
Eighteen
|
Nineteen
|
Twenty
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
Twentyone
|
Twentytwo
|
Twentythree
|
Twentyfour
|
Twentyfive
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
Twentysix
|
Twentyseven
|
Twentyeight
|
Twentynine
|
Thirty
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
Fourty
|
Fifty
|
Sixty
|
Seventy
|
Eighty
|
90
|
100
|
1000
|
10000
|
1000000
|
Ninety
|
One hundred
|
One thousand
|
Ten thousand
|
One million
|
2. Ordinal Numbers
An ordinal number is a number that tells the position of something
in a list. 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th etc.
Example :
•
The
first floor ( lantai ke satu )
•
The
second room ( ruangan ke dua )
•
The
third children ( anak ke tiga )
•
The
fourth birthday ( ulang tahun ke empat )
Ordinal numbers
1st
|
The first
|
11th
|
The eleventh
|
21st
|
The twenty first
|
2nd
|
The second
|
12th
|
The twelfth
|
22nd
|
The twenty second
|
3rd
|
The third
|
13th
|
The thirteenth
|
23rd
|
The twenty third
|
4th
|
The fourth
|
14th
|
The fourteenth
|
24th
|
The twenty fourth
|
5th
|
The fifth
|
15th
|
The fifteenth
|
25th
|
The twenty fifth
|
6th
|
The sixth
|
16th
|
The sixteenth
|
26th
|
The twenty sixth
|
7th
|
The seventh
|
17th
|
The seventeenth
|
27th
|
The twenty seventh
|
8th
|
The eighth
|
18th
|
The eighteenth
|
28th
|
The twenty eighth
|
9th
|
The nineth
|
19th
|
The ninetenth
|
29th
|
The twenty ninth
|
10th
|
The tenth
|
20th
|
The twentieth
|
30th
|
The thirtieth
|
F. Metode pembelajaran
-
Pendekatan : Scientific
Approach
-
Model pembelajaran :
Discovery Learning
-
Metode
: Role play
G. Sumber dan media pembelajaran
1.
Sumber : 2013.When English Rings The
Bell.Jakarta.Kemendikbud.
Buku teks yang
relevan
Buku LKS kelas
VII
2.
Media : LCD, Whiteboard, Board marker .
H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pendahuluan ( 10 menit )
a. Guru
memberi salam (greeting);
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa;
c. Guru
memberi motivasi
d. Guru menanyakan kesiapan siswa tentang kesiapan siswa
untuk mengikuti pelajaran
e. Guru
mengajukan pertanyaan yang
berkaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
f. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai;
g. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
SISWA
|
GURU
|
WAKTU
|
|
|
Mengamati (Observing)
|
10
menit
|
|
1.
2.
3.
4
5.
|
Siswa berhitung mengikuti instruksi dari guru.
Siswa membuat catatan sesuai dengan instruksi dari
guru.
Siswa mengamati angka (cardinal
number) yang ditampilkan pada LCD
Siswa
menambahkan catatan yang belum lengkap.
Siswa mendengarkan dan menirukan guru mengucapkan angka.
|
Guru mengajak siswa untuk berhitung dari angka satu
sampai jumlah siswa habis.
Guru meminta siswa membuat catatan tentang angka sampai
yang mereka ketahui.
Guru menayangkan / menampilkan angka (cardinal number) pada LCD
Guru menyuruh siswa untuk menambahkan catatan yg belum
lengkap berdasarkan tampilan pada LCD
Guru menyuruh siswa untuk mendengarkan dan menirukan
ucapan guru tentang angka.
|
|
Menanyakan (Questioning)
|
15
menit
|
||
6
7.
8.
|
Melakukan tanya jawab atau interaksi dengan guru
untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui atau ingin tahu.
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik
mempertanyakan cara mengintonasikan angka cardinal dengan baik dan benar.
Siswa menanyakan
tentang operasi penjumlahan.
|
Merespon dan menjawab
pertanyaan siswa tentang hal-hal yang ingin diketahui.
Guru mengklarifikasi
pertanyaan dari peserta didik dengan menjawab pertanyaan tersebut..
Menjelaskan memberi
kesempatan kepada siswa lain untuk
mencoba menjawab atau merespon pertanyaan tersebut. Kemudian membantu
menjawab pertanyaan siswa.
|
|
Mencoba (Experimenting)
|
15
menit
|
||
9.
10.
11.
|
Siswa menuliskan angka cardinal dalam
bentuk angka dan tulisan.
Siswa mengikuti dan menirukan
pengucapan kalimat yang di contohkan oleh guru.
Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta
didik mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis angka cardinal dengan
baik dan benar.
|
Guru meminta siswa untuk menuliskan angka cardinal
dalam bentuk angka dan tulisan.
Guru meminta siswa untuk mengintonasikan angka cardinal dalam
bentuk tulisan.
Guru memberikan contoh – contoh membaca
dan menulis angka cardinal dengan baik dan benar.
|
|
Menalar (Associating)
|
10 menit
|
||
11.
12.
|
Siswa membuat
kesimpulan sementara tentang materi ajar yang sedang dipelajari.
Siswa melakukan
latihan – latihan secara bertahap dari yang mudah hingga yang compleks.
|
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan
ungkapan – ungkapan yang dipelajari.
|
|
Mengkomunikasikan (Networking)
|
10 menit
|
||
13.
15.
|
Siswa mempresentasikan hasil kerja dan latihan - latihan tentang angka
cardinal.
Siswa menulis kendala – kendala dan hal – hal yang
telah dikuasai dalam reflektif journal.
|
Guru dan siswa yang lain memberikan pendapat
kepada peserta didik yang persentasi.
|
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Siswa
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
b. Siswa
dan guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c. Guru
memberi tugas (PR) untuk menuliskan
materi ordinal number.
d. Guru memberikan tugas untuk menghafal nama – nama cardinal
number dan oprasi penjumlahannya.
e. Guru
memberi informasi tindak lanjut dari pembelajaran yang baru saja dilakukan.
f. Siswa
dan guru mengucapakan salam perpisahan.
Pertemuan II
1.
Kegiatan
Awal (10
menit)
a. Guru
memberi salam (greeting);
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa;
c. Guru
memberi motivasi
d. Guru menanyakan tentang kesiapan siswa untuk mengikuti
pelajaran
e. Guru
mengajukan pertanyaan yang
berkaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari;
f. Guru mengajukan pertanyaan tentang tugas di pertemuan
sebelumnya.
g. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai;
h. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti (60
menit)
SISWA
|
GURU
|
WAKTU
|
|
|
Mengamati (Observing)
|
10
menit
|
|
1.
2.
3.
1.
|
Siswa mengamati angka (ordinal
number) yang ditampilkan pada LCD.
Siswa mencatat penulisan angka (ordinal number) yang ditampilkan pada LCD.
Siswa mendengarkan dan menirukan guru mengucapkan
angka.
|
Guru menampilkan / menayangkan penulisan angka (ordinal number) pada LCD
Guru menyuruh siswa untuk mencatat penulisan angka (ordinal number).
Guru menyuruh
siswa untuk mendengarkan dan menirukan ucapan guru tentang angka.
|
|
Menanyakan (Questioning)
|
15
menit
|
||
4.
5.
6.
|
Melakukan tanya jawab atau interaksi dengan guru
untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui atau ingin tahu.
Mengajukan pertanyaan tentang kegunaan ordinal number yang
ditayangkan.
Mengajukan pertanyaan tentang perbedaan antara ordinal number dan cardinal number.
|
Merespon dan menjawab
pertanyaan siswa tentang hal-hal yang ingin diketahui.
Menjelaskan tentang kegunaan ordinal number.
Menjelaskan memberi
kesempatan kepada siswa lain untuk
mencoba menjawab atau merespon pertanyaan tersebut. Kemudian membantu
menjawab pertanyaan siswa.
|
|
Mencoba (Experimenting)
|
15menit
|
||
7.
8.
9.
10.
|
Siswa menuliskan angka ordinal dalam bentuk angka
dan tulisan.
Siswa mengikuti dan menirukan pengucapan
kalimat yang di contohkan oleh guru.
Dengan contoh-contoh yang sudah didapat, peserta
didik mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis angka ordinal dengan baik dan
benar.
Dengan contoh
soal yang diberikan siswa akan mampu membedakan antara cardinal dan ordinal
number.
|
Guru meminta siwa untuk menuliskan angka ordinal dalam bentuk angka
dan tulisan.
Guru siswa untuk mengintonasikan angka ordinal dalam bentuk tulisan.
Guru memberikan contoh – contoh membaca
dan menulis angka ordinal dengan
baik dan benar.
Guru memberikan contoh – contoh soal antara cardinal dn
ordinal number.
|
|
Menalar (Associating)
|
10 menit
|
||
11.
12.
|
Siswa membuat
kesimpulan sementara tentang materi ajar yang sedang dipelajari.
Siswa melakukan latihan – latihan secara bertahap dari yang mudah hingga
yang compleks.
|
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan
ungkapan – ungkapan yang dipelajari.
|
|
Mengkomunikasikan (Networking)
|
10 menit
|
||
14.
15.
|
Siswa mempresentasikan hasil kerja dan latihan - latihan tentang angka ordinal.
siswa menulis
kendala – kendala dan hal – hal yang telah dikuasai dalam reflektif journal.
|
Guru dan siswa yang lain memberikan pendapat
kepada peserta didik yang persentasi.
|
|
3.
Kegiatan
Penutup (10
menit)
a. Siswa
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
c. Guru
memberi informasi tindak lanjut dari pembelajaran yang baru saja dilakukan.
d. Siswa
dan guru mengucapakan salam perpisahan.
I. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Jenis/teknikpenilaian
a.Aspek pengetahuan
-
Jenis :
tertulis
b. Aspek Ketrampilan
-
Jenis
penilaian : Unjuk kerja
c. Aspek Sikap
-
Jenis
Penilaian : Observasi,.
d.
Bentuk instrument
Cara Penilaian :
Skor perolehan x
100 =
Skor
maksimal
I. Practice One
write and
answer the following numbers using cardinal number !
1.
79
2.
515
3.
2016
4.
70
– 25 = 45
5.
49
: 7 = 7
6.
6
x 6 = 36
7.
Seventeen
plus fifteen equals .....
8.
Sixty
two minus twelve equals .....
9.
Nine
times nine equals .....
10. One hundred devided two equals .....
Kunci jawaban I.
1. Seventynine
2.
Fifehundreds
fifteen
3.
Two
thousands sixteen
4.
Seventy
minus twentyfive equals fourty five
5.
Fourty
nine devided by seven equals seven
6.
Six
times six equals thirty six
7.
Thirty
two
8.
Fifty
one
9.
Eighty
one
10. Fifty
J.
Rubrik Penilaian
Format
PenilaianIndividu
A. NamaKegiatan :
____________________________________________
B. TanggalPelaksanaan :
____________________________________________
C. Nama :
____________________________________________
D.
NIS :
____________________________________________
Rubrik Penilaian Test Tertulis
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
siswa menjawab 10 soal dengan
benar
|
100
|
2.
|
siswa menjawab 9 soal dengan
benar
|
90
|
3.
|
siswa menjawab 8 soal dengan
benar
|
80
|
4.
|
siswa menjawab 7 soal dengan
benar
|
70
|
5.
|
siswa menjawab 6 soal dengan
benar
|
60
|
6.
|
Siswa menjawab 5 soal dengan
benar
|
50
|
7.
|
Siswa menjawab 4 soal dengan
benar
|
40
|
8.
|
Siswa menjawab 3 soal dengan
benar
|
30
|
9.
|
Siswa menjawab 2 soal dengan
benar
|
20
|
10.
|
Siswa menjawab 1 soal dengan
benar
|
10
|
11.
|
Siswa tidak menjawab semua
soal
|
0
|
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh – sungguh dalam melakukan kegiatan.
|
1
|
2.
|
Menunjukkan sudah ada usaha
sungguh – sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum
konsisten.
|
2
|
3.
|
Menunjukkan adanya usaha
sungguh – sungguh dalam melakukan kegian yang cukup sering dsn mulai
konsisten
|
3
|
4.
|
Menunjukkan adanya usaha
sungguh – sungguh dalam melakukan kegian secara terus menerus dan konsisten.
|
4
|
Bandar Lampung, 19 Oktober 2016
____________________
No comments:
Post a Comment