Wednesday, October 19, 2016

JENIS-JENIS KARYA ILMIAH

Ada beberapa jenis-jenis karya ilmiah diantaranya:
A.Artikel
merupakan salah satu bentuk karya ilmiah lengkap yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan hasil pemikiran atau kajian pustaka. Dalam hal ini, artikel dapat dikatakan sebagai karya tulis yang berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang bersifat aktual dan kadang-kadang kontraversial dengan tujuan memberikan informasi.
·         Prosedur menulis artikel
-Judul
-Nama penulis
-Abstrak dan kata kunci
-pendahuluan
-Metode penelitian
-Hasil penelitian dan pembahasan
-Kesimpulan dan saran
-Daftar rujukan
b. Makalah
Menurut Tanjung(2000:7), makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.
Istilah makalah terkadang dikaitkan dengan karya tulis dikalangan siswa atau mahasiswa, yakni segala jenis tugas tertulis yang berhubungan dengan bidang study, hasil pembahasan baku atau tulisan tentang suatu persoalan (Eko susilo dkk, 1991:145)
·         Menurut zaenudin(2004:114-115), format penulisan makalah secara umum terdiri atas:
-          Bagian awal makalah berisi tentang:
lembar judul, kata pengantar, daftar isi,daftar gambar jika ada,daftar tabel.
-          Bagian inti makalah berisi tentang:
pendahuluan,permasalahan,pembahasan,kesimpulan dan saran,penutup.
-          Bagian akhir makalah berisi tentang:
Daftar pustaka,Lampiran-lampiran.
C.Skripsi
Skripsi merupakan karya ilmiah resmi yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka menyelesaikan studi pada program sarjana (S1).Skripsi ditulis dan diajukan sebagai persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana.

·         Prosedur pembuatan skripsi
-Bagian awal ini mencakup diantaranya: sampul skripsi,halaman putih kosong, halaman abstrak, halaman judul, halaman pernyataan, halaman pengesahan, halaman riwayat hidup, halaman persembahan, halaman motto, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel( jika ada ), daftar gambar ( jika ada ), dan daftar lampiran.

-Bagian isi ini memuat hal-hal sebagai berikut: BAB I Pendahuluan, BAB II Tinjauan Pustaka, BAB III Metode Penelitian.

D. Disertasi
·         Disertasi ditulis berdasarkan metodologi penelitian yang mengandung filosofi yang tinggi. Mahasiswa (S3) harus mampu menentukan masalah, berkemampuan berfikir abstrak serta menyelesaikan masalah praktis.
E. Tesis
·         Tesis adalah jenis karya ilmiah yang bobot ilmiahnya lebih dalam dan tajam dibandingkan skripsi. Tesis atau Master thesis ditulis bersandar pada metodologi;metodologi penelitian dan metodologi penulisan.
F. Kertas Kerja
Kertas ini merupakan karya tulis ilmiah yang bersifat mendalam dari pada makalah dengan menyajikan data dilapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif. Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam. 

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...