Tuesday, December 20, 2016

DIALOG KONSELING PERORANGAN

DIALOG KONSELING PERORANGAN
Deskripsi masalah: Rini adalah siswa kelas X. Rini mempunyai masalah yaitu akhir-akhir ini ia merasa tidak nyaman dikelas apalagi dengan tema-teman yang suka mengejek bajunya dikelas. Karena Rini tidak terima diperlakukan seperti itu tapi ia tidak tahu harus berbuat apa. Dengan masalah ini ia pun beimasiatif menemui konselor guna membantu menyeleseikan masalahnya.
Konselor/
Konseli
Percakapan
Keterampilan Dasar
Konseli
“tok..tok..! Assalamualaikum bu...”
Konselor
Waalaikumsalam..(sambil berdiri). Mari silahkan masuk (menghampiri konseli sambil menjabat tangan). Silahkan duduk..
Attending
Konseli
Makasih bu...
Konselor
Kalau boleh ibu tahu nama kamu siapa?
Konseli
Nama saya Rini bu..
Konselor
Hemm tadi mata pelajaran siapa Rini?
Rapport
Konseli
Saya tadi baru selesei belajar biologi..
Konselor
Bagaimana dengan pelajarannya tadi..?
Konseli
Menyenangkan bu..
Konselor
Oh iya ini Rini datang kesini disuruh atau keinginan sendiri..?
Menanyakan sifat kedatangan konseli
Konseli
Saya kesini atas keinginan sendiri bu..
Konselor
Ooooh begitu..
Konseli
Iya bu..
Konselor
Rini menemui ibu ada masalah apa?
Menanyakan masalah konseli
Konseli
Begini bu, saya tidak tahu mengapa akhir-akhir ini saya merasa tidak nyaman berada dikelas terutama dengan ega, bu
Konselor
Kalau boleh ibu tahu apa yang menyebabkan Rini berpikir demikian?
Pertanyaan terpakara
Konseli
Begini bu.. (menunduk dan terdiam)
Konselor
Teruskan saja ceritanya Rini.. cerita saja secara perlahan-lahan
Dorongan minimal
Konseli
Saya benci dengan ega, saya kurang suka dengan perilakunya
Konselor
Kenapa Rini kurang suka dengan perilaku ega?
Mengikuti pokok pembicaraan
Konseli
Saya kurang suka dengan perilakunya yang suka mengejek baju saya dan sepertinya sudah tidak sanggup untuk berteman dengan dia
Konselor
Apakah Rini sudah pernah mencoba untuk memberitahunya?
Meminta penjelasan lebih lanjut
Konseli
Iya sih bu, saya sudah pernah berusaha dan saya sangat ingin lebih akrab dengan ega
Konselor
Tadi Rini mengatakan sudah tidak sanggup berteman dengan ega tapi kok sekarang Rini ingin lebih akrab dengan ega
Konfrontasi
Konseli
Iya juga sih bu, tapi sepertinya saya tidak bisa akrab dengan ega
Konselor
Rini mengatakan bahwa Rini sepertinya tidak bisa akrab dengan ega. Mengapa hal itu sampai terjadi?
Merespon isi wacana secara logis
Konseli
Ya bu, karena saya tidak suka dengan perilakunya yang suka mengejek baju saya. saya benci dengan ega bu
Konselor
Menurut ibu, Rini sebaiknya tidak berkata seperti itu..
Memberi informasi
Konseli
Ya bu.. tapi saya jengkel bu dengan ega
Konselor
Rini mengatakan bahwa Rini tidak suka dengan perilaku ega yang suka mengejek bajumu dan Rini benci dengan ega?
Merespon isi berdasar pentingnya
Konseli
Benar bu, saya jadi bingung disatu sisi saya sebenarnya ingin memberitahu ega mengenai perilakunya dan ingin lebih akrab dengan ega tapi saya tidak tahu harus berbuat apa?
Konselor
Hemmm iya ibu mengerti. Rini yang sabar dulu ya
Memberi penguatan
Konseli
Iya bu..
Konselor
Terkadang memang kita bisa membenci teman kita karena perilakunya yang menyebalkan..
Memberi nasihat
Konseli
Tetapi saya sedih bu..
Konselor
Rini merasa sedih?
Merespon perasaan sedih
Konseli
Terus terang iya bu, padahal dihati kecil saya juga ada keinginan agar ega bisa merubah perilakunya
Konselor
Rini merasa gembira apabila ega dapat merubah perilakunya?
Merespon perasaan senang
Konseli
Ya bu, apalagi kami kan sekelas bu tapi saya jengkel dengan ega yang suka mengejek baju saya
Konselor
Rini merasa kesal dengan ega?
Merespon perasaan marah
Konseli
Ya bu, tapi saya benar-benar tidak tahu harus berbuat apa.
Konselor
Rini  merasa sedih karena suka diejek bajumu dengan ega?
Merespon yang dapat dipertukarkan
Konseli
Iya bu , saya benar-benar jengkel dan kesal dengan ega yang suka mengejek baju saya, apalagi kami sekelas
Konselor
Ima merasa putus asa dan kecewa dengan perilaku ega tapi Rini tidak tahu harus berbuat apa? Rini coba simpulkan apa masalah Rini sebenarnya?
Minta menyimpulkan
Konseli
Ya bu. Saya sedih karena semua ini.masalah saya bu saya selalu di ejek oleh ega saya ingin ega tidak mengejek saya lagi bu
Konselor
Rini merasa sedih karena berbagai kekurangan yang Rini miliki telah menghilangkan harapan yang Rini inginkan..?
Mempersonalisasi arti (personalisasi tema umum)
Konseli
Ya bu, saya merasa terganggu karena sering kepikiran masalah ini. Setiap saya mencoba untuk bisa memberitahu ega tapi saya merasa takut
Pertama, saya tidak nyaman berada dikelas karena ega suka mengejek baju saya, dan kedua saya tidak suka diejek oleh ega dan akibatnya dikelas kami kurang akrab
Konselor
Rini merasa kecewa karena Rini dikelas kurang akrab dengan ega?
Mempersonalisasi masalah (mengonseptualisasikan kekurangan)
Konseli
Ya bu, saya merasa kecewa..
Konselor
Rini merasa marah dengan diri Rini karena Rini tidak tahu berbut apa untuk memberitahu ega..?
Mempersonalisasi perasaan (perasaan tentang kekurangan )
Konseli
Betul bu. Tapi seharusnya saya tidak boleh tinggal diam dalam menghadapi masalah ini. Saya harus bertindak dan melakukan suatu usaha bagaimana caranya agar saya bisa memberitahu ega dan agar dia berhenti mengejek saya.
Konselor
Baik, lalu bagaimana cara Rini untuk memberitahu ega agar ega tidak mengejek Rini lagi?
Menetapkan tujuan (menetapkan fungsi)
Konseli
Inilah masalahnya bu, disamping karena saya agak takut pada ega, saya tak begitu tahu cara mengemukakan yang baik dengan orang lain.
Konselor
Rini dapat mengkomunikasikan kata atau kalimat yang tegas pada ega?
Menetapkan tujuan (menetapkan kondisi)
Konseli
Saya akan mencoba pada saat istirahat disekolah
Konselor
Kalau boleh ibu tahu, apakah Rini belum pernah mencoba untuk berusaha memberitahu dengan tegas pada ega?
Mengembangkan program(membantu mengidentifikasi program)
Konseli
Sudah bu, tapi tetap saja saya masih takut untuk memberitahu ega dengan tegas. saat ega mengejek baju saya, saya terdiam dan menggigit bibir.
Konseli
Menurut saya yang paling penting adalah agar saya dapat bertindak tegas pada taqwa.
konselor
Iya sekarang Rini coba lagi utuk berbicara kepada ega dengan tegas dan gimana kalo mulai sekarang Rini bepakaian lebih rapi lagi agar Rini tidak lagi diejek oleh ega .
konseling
Oh jadi bigitu bu. iya bu saya akan lebih rapi lagi dalam berpakaian dan saya juga akan tegas berbicara kepada ega agar ega tidak mengejek-ejek saya lagi
Konselor
Untuk pertemuaan kita cukup sampai disini, selamat siang ima!
Melakukan perpisahan
Konseli
Selamat siang bu..


No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...