Friday, December 9, 2016

AMERIKA PASCA PERANG

AMERIKA PASCA PERANG

Konsensus dan Perubahan
Amerika mendominasi politik dunia segera setelah perang dunia II. Keluar sebagai pemenang dalam pertempuran besar, dan tanah airnya tidak porak-poranda, akibat perang, bangsa itu yakin dengan misinya didalam maupun diluar tabah airnya. Pemimpin amerika ingin mempertahankan struktur pemerintahan demokratis yang mereka bela dengan harga yang begitu mahal dan membagi rata manfaat kemakmuran seluas-luasnya. rakyat menikmati kemakmuran pasca perang yang menghadirkan standar kemakmuran. Namun berangsur-angsur rakyat amerika mulai mempertanyakan pemkiran yang mendominasi dimasyarakat, tantangan dari berbagai aspek kehidupan menghancurkan consensus. Pada tahun 1950an kaum Afrika-Amerika meluncurkan gerakan-gerakan perjuangan yang kemudian diikuti oleh kelompok minoritas lain dan juga wanita.

Target Perang Dingin
Perang dingin menjadi perkara politik dan diplomatik terpenting pada awal periode pasca perang, hal ini berakar dari perbedaan pendapat berkelanjutan antara uni soviet dan amerika yang tumbuh sejak pasca revolusi Rusia pada 1917. Partai komunis dibawah pimpinan V.I Lenin beranggapan dirinya sebagai ujung tombak gerakan internasional yang akan menggantikan kekuatan politik yang berkuasa di barat, juga diseluruh dunia.  Pada akhir perang, antagonism kembali muncul ke permukaan amerika berharap bisa bertukar pikiran dengan Negara lain tentang konsep kemerdekaan, persamaan hak dan demokrasi. Sepanjang Perang Dunia II, kedua Negara bersekutu dan mengesampingkan perbedaan demi melawan nazi. Ketika lagi-lagi menghadapi keadaan dunia pasca perang saudara dan keruntuhan berbagai kerajaan, amerika berharap dapat menjaga keseimbangan demi memungkinkan rekonstruksi Negara secara damai. Amerika berperang demi bertujuan yntuk mengembalikan kemerdekaan dan ekonomi pada rakyat polandia, cekoslowakia dan kawasan eropa tengah dan timur.
Kepemimpinan Harry Truman
Pemimpin eksekutif amerika yang baru, Harry S.Truman menggantikan Franklin D.Roosevelt sebagai presiden sebelum perang berakhir. Sosok bersahaja yang sebelumnya menjadi anggota legislative partai democrat dari Missouri. Truman awalnya merasa kurang persiapan untuk memimpin Negara, kadang implesif dalam perkara kecil dia terbukti bersedia mempertimbangkan keputusan dengan berhati-hati dan masak-masak dalam perkara besar.

Asal Mula Perang Dingin
Perang dingin berkembang manakala perbedaan pendapat mengenai bentuk dunia pasca perang menimbulkan kecurigaan dan rasa tidak percaya diantara amerika dan uni soviet. ketika mengadakan pertemuan dengan menteri luar negeri soviet vyacheslav Molotov kurang dari 2 minggu setelah menjadi presiden, Truman berpendirian teguh tentang keputusan rakyat polandia untuk menentukan pemerintahannya sendiri. Sebelum Perang Dunia berakhir, pasukan soviet menduduki eropa dengan menggunakan kekuatan militer. Pernyataan public mendefinisikan awal perang dingin, pada 1946 Stalin mengumumkan bahwa perdamaian internasional itu mustahil.

Pembendungan
Perbendungan ideologi komunis ini soviet menjadi kebijakan pemerintahan Amerika pada era pasca perang. George kennan, pejabat tinggi dikedutaan besar moskow, menerapkan pendekatan baru dalam telegram panjang yang dikirim ke departemen luar negeri amerika pada 1946 Penerapan doktrin pembendungan dalam praktik yang pertama kali dan sangat berpengaruh besar adalah di Timur Tengah dan dikawasan mediterenia timur, pada 1946 Amerika menuntut dan berhasil, penarikan pasukan Uni soviet dari wilayah iran utara yang selama perang berlangsung diduduki oleh uni soviet. Pada musim panas itu, amerika sengaja mendukung turki menentang tuntutan uni soviet yang ingin mengontrol selat turki antara laut hitam dan laut mediterenia
Doktrin pembendungan juga menyarankan perluasan bantuan ekonomi guna perbaikan eropa barat yang hancur akibat perang. Mengingat banyaknya bangsa di kawasan itu yang tidak memiliki kestabilan ekonomi dan politik, amerika takut jika partai komunis local, dibawah kendali moskow akan memanfaatkan reputasi mereka sebagai musuh nazi selama perang lalu mengambil alih kekuasaan. Jerman pasca perang merupakan masalah luar biasa, jerman terbagi ke dalam zona pendudukan amerika, uni soviet, inggris dan perancis sebagai berlin sebagai bekas ibu kota jerman

Perang Dingin Di Asia dan Timur Tengah
Sementara berusaha mencegah paham komunisme terus meningkatkan jumlah pengikutnya dieropa, amerika juga menanggapi tantangan di kawasan lain juga. Di cina, amerika takut dengan kemajuan perkembangan Mao Zedong dan partai komunisnya. Selama PDII pemerintahan nasionalis dibawah pimpinan chiang kai-shek dan pasukan partai komunis terlibat perang saudara. Perang korea memunculkan konflik senjata antara amerika dan cina, perang bolak balik maju mundur. Amerika dan pasukan korea awalnya terdesak ke daerah jauh di selatan, disekitar kota pusan.

Perang dingin mempunyai resiko besar, karena perhatian lebih diprioritaskan ke kawasan eropa, pemerintah amerika memutuskan takkan mengirim lebih banyak pasukan ke korea dan siap menerima kondisi seperti sebelum perang dunia II. Pertempuran perang dingin juga terjadi di timur tengah, pentingnya kawasan timur tengah sebagai pemasok minyak bumi amerika menjadi motivasi untuk mendesak uni soviet keluar dari iran pada 1946. Tapi dua tahun kemudian amerika resmi mengakui Negara Israel yang baru berdiri 15 menit memproklamasikan kemerdekaannya.

Eisenhower dan Perang Dingin
Pada 1953, Dwight D. Eisenhower menjadi presiden amerika pertama dari partai republic sejak 20 tahun terakhir. Pahlawan perang, alih alih politikus dengan karir panjang, Eisenhower tampil dan memiliki daya Tarik alami dimata rakyat yang membuatnya popular. Setelah bertugas sebagai komandan tertinggi pasukan sekutu dieropa barat selama perang dunia II, ia menjabat sebagai kepala angkatan bersenjata amerika. Walau ada perbedaan pendapat dalam beberapa detail, pada dasarnya ia memiliki pandangan yang sama dengan Truman mengenai kebijakan luar negeri amerika, ia juga memndang paham komunisme sebagai kekuatan monolitik yang berjuang meraih supremasi dunia
Komitmen Eisenhower untuk mencegah penularan paham komunisme tidak goyah dan hingga saat-saat terakhir ia meningkatkan ketergantungan amerika pada pertahanan nuklir. Amerika telah menciptakan bom atom pertama pada 1950 truman memerintahkan pengembangan bom higrogen yang baru dan lebih bertenaga.

Perang Dingin di Dalam Negeri
Perang dingin tak hanya memengaruhi kebijakan luar negeri, tapi juga memeliki pengaruh luar biasa terhadap politik dalam negeri, rakyat amerika telah lama takut akan gerakan subsersif radikal. Rasa takut ini terkadang dibesar-besarkan, dan digunakan untuk menghakimi atau melarang politik yang tak diinginkan, tapi memang ada individu penganut partai komunis dan banyak pengikut “simpatisan komunis” yang tidak setia kepada amerika, malinkan pada gerakan komunisme internasional atau singkat kata kepada moskow. Ketika masa paratai republic Berjaya dalam pemilihan kongres tengah tahun pada 1946 dan tampak siap menyelidiki aktivitas subsversif, presiden Truman mendirikan program kesetiaan pegawai pemerintah federal. Program tersebut hampir tidakberpengaruh pada kehidupan pegawai negeri kebanyakan, namun beberapa ratus pegawai negeri diberhentikan, beberapa diantaranya secara tak tehormat.
Pada 1949 amerika dikejutkan oleh percobaan bom atom milik uni soviet. Pada 1950, pemerintah menyingkap jaringan spionase inggris-amerika yang mentransfer materi pengembangan bom atom ke uni soviet. Dua oknumnya, Julius Rosenberg dan istrinya Ethel, dihukum mati. Jaksa agung J. Howard Mc Grath mengumumkan ada banyak komunis amerika, dan semuanya membawa”virus mematikan bagi masyarakat”. Pejuang anti momunis yang paling gigih adalah senator Joseph R. McCarthy, anggota partai republic dari Wisconsin. Ia mendapat perhatian nasional pada 1950 ketika mengaku mempunyai daftar 205 orang didalam negeri yang diketahui sebagai pengikut komunis.

Ekonomi Pasca Perang 1945-1960
Satu setengah dekade setelah perang dunia II, amerika mengalami pertumbuhan ekonomi yang fenomenal dan kembali memperkokoh posisinya sebagai negeri terkaya di dunia. Produk nasional bruto, pengukuran seluruh produk dan jasa yang dihasilkan di amerika, melonjak kesekitar 200.000 juta dolar pada 1940, 300.000 jta dolar pada 1950 dan lebih dari 500.000 juta dolar pada 1960. Sekarang semakin banyak rakyat amerika merasa dirinya menjadi bagian masyarakat kelas menengah. Pertumbuhan datatang dari berbagai sumber, stimulus ekonomi akibat besarnya skala pengeluaran pemerintah untuk perang dunia II membantu mengawalinya. Dua kebutuhan pokok masyarakat kelas menengah membantu pertumbuhannya.

Setelah 1945 perusahaan besar di amerika bahkan tumbuh semakin besar. Pernah terjadi gelombang peleburan perusahaan pada 1890an dan 1920an, hal itu tejadi lagi pada 1950an. Bisnis waralaba seperti restoran cepat saji McD membuka jalan bagi pengusaha kecil untuk membuat diri mereka menjadi bagian dari perusahaan besar dan efesien. Perusahaan amerika yang besar juga mengembangkan usahanya diluar negeri, tempat biasanya upah tenaga kerja nya lebih rendah disbanding amerika. Pekerja melihat kehidupan mereka seiring berubahnya amerika, semakin sedikit pekerja yang memproduksi barang. Warga amerika lain juga ikut pindah, kawasan barat dan barat daya tumbuh pesat, kecenderungan yang terus terjadi hingga akhir abad. Televisi juga berdampak besar pada pola sosial dan ekonomi. Meski dikembangkan pada 1930an, televise baru dipasarkan secara luas setelah perang.





Kesepakan Adil (The Fair Deal)
Kesepakan adil merupakan nama program kebijakan dalam negeri presiden Truman. Setelah mengembangkan program kesepakatan baru milik Roosevelt, Truman percaya pemerintah federal harus menjamin kesepakatan ekonomi dan stabiltas sosial. Dia berjuang mencapai target akhir ditengah pertentangan politik yang agresif dari anggota legislative yang bertekad mengurangi peran pemerintah. Prioritas pertama Truman segera setelah pasca perang adalah melakukan transisi keperekonomian masa damai. Mereka yang selesai bertugas dalam perang ingun segera pulang tapi begitu tiba ditanah airnya, mereka menghadapi persaingan dalam hal perumahan dan pekerjaan. Yang lebih mengkhawatirkan adalah keresahan pekerja. Ketika produksi perang berhenti, banyak pekerja menganggur. Pekerja lain ingin kenaikan upah sudah lama belum ditingkatkan.

Truman bertarung dengan kongres ketika mereka memotong pengeluaran dan megurangi pajak. Pada 1948 ia berharap akan dipilih kembali, walau survei menunjukkan kecilnya kesempatan. Truman terpilih menjadi presiden. Setelah kampanye yang gigih, Truman mendapatkan hasil paling mengejutkan dalam dunia politik amerika, mengalahkan kandidat calon presiden dari partai republic, Thomas Dewey, gubernur New York. Keteika Truman akhirnya selesai bertugas pada 1953, program kesepakatan adilnya bisa dibilang sukses sekaligus gagal. Pada juli 1948 dia melarang diskriminasi ras dalam praktik perekrutan pemerintahan federal dan memerintahkan penghentian segregasi dalam militer. Upah minimum meningkat dan program jaminan keamanan sosial telah berkembang

Pendekatan Eisenhower
Ketika menggantikan Truman sebagai presiden, Dwight Eisenhower menerima struktur tanggung jawab pemerintahan yang fundamental yang dibuat oleh cabinet kesepakatan baru dulu, tapi mencoba membatasi program dan pengeluaran. Ia menjuluki pendekatan lainnya “konservatif namun dinamis” atau “republican modern”.prioritas utam Eisenhower adalah meyeimbangkan anggaran setelah bertahun-tahun deficit. Ia ingin memotong pengeluaran dan pajak dan menjaga nilai mata uang dolar. Partai republic siap mengambil resiko pengangguran agar inflasi terkendali karena enggan untuk terlalu merangsang perekonomian, mereka melihat Negara menderita resesi ekonomi selama delapan tahun kepemimpinan Eisenhower, tapi taka da yang separah ini. Dibandingkan dengan Truman, program domestic Eisenhower bersahaja.

Kebudayaan Era 1950-an
Sepanjang era 1950an, komentator budaya menunjukkan keseragaman menyebar dimasyarakat amerika. Mereka menekankan bahwa, konformitas telah mendarah daging secara menyeluruh walau pria dan wanita dipaksa memasuki pola pekerjaan yang sama sekali baru selama perang dunia II, setelah perang berakhir, peran tradisonal kembali disepakati oleh masyarakat. Kaum lelaki sepakat berperan sebagai pencari nafkah  dalam setiap keluarga, kaum perempuan, bahkan ketika mereka bekerja, menganggap tempatnya yang pantas adalah didalam rumah tangga. Namun dibalik permukaan yang terlihat hambar, lapisan penting masyarakat amerika mulai resah Sejumlah pengarang yang secara kolektif dikenal sebagai “Beat Generation” sengaja menantang pola penghormatan dan mengejutkan semua budaya lain yang berlaku dimasyarakat. Menekankan spontanitas dan spiritualitas, mereka memilih intuisi daripda beragumen dengan logis, memilih mistik dari timu daripada agama yng telah melembaga dibarat.
Musisi dan seniman juga memberontak. Penyanyi asal Tennessee, Elvis Presley, adalah penyanyi paling terkenal diantara sejumlah penghibur berkulit putih yang mempopulerkan gaya music kaum afrika-amerika yang sensual dan hidup yang mulai disebut dengan “rock and roll” awalnya dia membuat marah masyarakat amerika kelas menengah dengan potongan rambut yang mirip ekor bebek dan pinggul yang bergerak secara sensual. Tapi dalam beberapa tahun saja penampilan nya relative terlihat jinak dan lamban disandingkan dengan penampilan Rolling Stones dari inggris yang eksentrik. Semua seniman  dan pengarang ini, apa pun medianya, memberi panutan bagi revolusi sosial era 1960an yang lebih lebar dan dalam.


Asal Mula Gerakan Hak Asasi
Kaum afrika-Amerika menjadi semakin resah tak sabar pada era pasca perang. Selama perang mereka menantang diskriminasi dalam angkatan bersenjata dan angkatan kerja amerika dan berhasil mendapatkannya, meski secara terbatas. Jutaan kaum Afrika-Amerika meninggalkan lahan pertanian di selatan menuju perkotaan di utara, tempat mereka berharap dapat menemukan  pekerjaan yang lebih baik. Mereka malah mendapati kota yang kumuh dan padat. Pada saat itu, banyak veteran perang kaum Afrika amerika yang pulang dari medan perang berniat menolak kewarganegaraan kelas dua. Jackie robinson mendramatisasi pertanyaan perbedaan ras pada 1947 ketika dia meninggalkan jajaran pemain bisbol kulit bewarna dan mulai bermai di liga utama. Pejabat pemerintahan dan banyak amerika lain, menemukan kaitan masalah perbedaan ras dengan politik perang dingin. Sebagai pemimpin dunia yang merdeka, amerika berjuang mendapat dukungan kawasan afrika dan asia. Diskriminasi dalam negeri amerika diselimuti perjuangan mendapatkan sekutu dan dukungan dari belahan dunia lain
Harry Truman mendukung gerakan hak asasi itu. Secara pribadi ia percaya pada persamaan secara politik, walau bukan persamaan secara poltik, walau bukan persamaan secara sosial dan mengakui semakin pentingnya suara pemilih kaum afrika amerika dikota besar. Ketika hal itu diumumkan pada 1946 dan terjadi serangkaian kejadian pembunuhan dan gerakan kekejaman anti kulit hitam di selatan, Truman menunjuk komisi hak asasi manusia untuk menyelidiki masalah diskriminasi ini.

Integrasi
Asosiasi Nasional untuk kemajuan warga kulit berwarna memimpin upaya membatalkan doktrin pengadilan dimahkamah agung dengan kasus Plessy v. ferguson pada 1896, bahwa segresi mahasiswa kaum afrika amerika dan kulit putih sesuai konstitusi jika fasilitasnya “terpisah namun setara”. Keputusan  persidangan ini selama beberapa decade digunakan untuk membenarkan segresi tegas dalam segala segi kehidupan diselatan, tempat fasilitas umum sangat jarang jika memang ada, setara. Walaupun bersimpati terhadap kebutuhan Negara bagian di selatan manakala menghadapi transisi besar, Eisenhower tetap memastikan agar hokum tetap ditegakkan ditengah pertentangan besar-besaran di sebagian besar diwilayah selatan. Terobosan lain dalam gerakan hak asasi terjadi pada 1955 di Montgomery, Alabama. Rosa parks, wanita kaum afrika amerika berusia 42 tahun yang berprofesi penjahit sekaligus sekretaris NAACP, duduk dibagian depan bis, dibagian yang sesuai kebiasaan dan sesuai hokum, disediakan untuk kulit putih. Dia menolak ketika disuruh pindah ke belakang. Polisi dating dan menangkapnya karena telah melanggar statuta segresi.


Kaum afrika amerika juga beruaha mendapatkan hak pilih mereka. Walau amandemen ke 15 UUD amerika menjamin hak untuk memilih, banyak Negara bagian mencari cara untuk melanggarnya. Negara bagian akan mengadakan pajak suara (kepala) atau tes buta huruf, biasanya lebih sering diterapkan untuk kaum afrika amerika. Untuk mencegah kaum afrika  amerika yang miskin berpendidikan rendah supaya tidak bisa memberi suara dalam pemilu. Eisenhower, bekerja sama dengan pemimpin mayoritas senat, Lyndon B. Johnson, memyatakan dukungannya terhadap usaha konstitusional untuk menjamin hak pilih. Mengandalkan usaha kaum afrika amerika itu sendiri geraka hak asasi mendapat momentum pada era pasca perang. Bergerilya melalui mahkamah agung dan kongres, pendukung hak asasi telah menciptakan landasan bagi “revolusi” yang drastis namun damai dalam hal gabungan antar ras amerika pada era 1960an.

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...