Sunday, December 18, 2016

RPP XII EKONOMI TENTANG KOPERASI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA NEGRI 1 KATIBUNG
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Kompetensi Dasar     : 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
                                            Sekolah
Alokasi Waktu           : 1 x 15 menit


Indikator Pencapaian Kompetensi  :
      1.      Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
      2.      Menjelaskan proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah.
      3.      Menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.


A. Tujuan Pembelajaran
      a)      Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
      b)      Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
      c)      Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
      
       “  Karakter siswa yang diharapkan  : 
       §   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
      
       “  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
       §   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Koperasi dan koperasi sekolah

C. Uraian Materi
      a)      Pengertian serta landasan
      b)      tujuan dan fungsi koperasi sekolah
      c)      peran koperasi sekolah
      d)     prinsip koperasi


D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami pengelolaan koperasi
·   Mengkaji referensi tentang koperasi.
·   Mengkaji referensi tentang proses pengelolaan  koperasi sekolah
·   Siswa dapat Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
·   Siswa dapat Menjelaskan proses pengelolaan koperasi sekolah khususnya

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.

b. Motivasi
Siswa dapat memahami  tentang arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan apa itu koperasi . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)













3. Kegiatan Akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

b. Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan koperasi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………2016                  
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



















 Dari anggota untuk anggota. Ungkapan sederhana tersebut sangat pas untuk menggambarkan kegiatan koperasi. Karena seperti yang kita ketahui, koperasi dihidupkan dari iuran anggotanya, dan pada akhirnya akan menghidupkan anggotanya. Dalam istilah politik kita kenal dengan sebutan demokrasi.
Landasan Koperasi
Sebagai tulang punggung perekonomian rakyat, koperasi dianggap perlu (urgent) untuk dibentuk. Maka muncullah landasan-landasan yang patut dipertimbangkan untuk membuat koperasi. Ada banyak landasan yang menjadi pijakan untuk pendirian koperasi.
Salah satu landasan nya adalah berikut ini :
Landasan Idiil Pancasila 
Sebagai sarana untuk mencapai masyarakat, adil, makmur, dan sejahtera, koperasi membutuhkan topangan dari landasan hukum. Dan landasan hukum untuk koperasi Indonesia dapat berpijak adalah Pancasila.

Fungsi Koperasi
(1) Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
Tujuan Koperasi
tujuan utama dibentuknya koperasi adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, dan mandiri atas dasar Pancasila dan UUD 1945. 
Prinsip-Prinsip Koperasi
adalah garis-garis yang dijadikan penuntun dan digunakan oleh koperasi untuk mengaplikasikan tuntunan tersebut dalam praktik koperasi.
Berikut prinsip – prinsipnya :
Prinsip Ke-1; Keanggotaan Sukarela dan Terbuka.
Prinsip Ke-2; Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis.
Prinsip Ke-3; Partisipasi Ekonomi Anggota.
Prinsip Ke-4; Otonomi Dan Kebebasan.
Prinsip Ke-5; Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi.
Prinsip Ke-6; Kerjasama diantara Koperasi.
Prinsip Ke-7; Kepedulian Terhadap Komunitas.


Peran Koperasi Disekolah

a. Menunjang pendidikan sekolah ke arah kegiatan-kegiatan praktis guna mencapai kebutuhan ekonomis di kalangan siswa.
b. Mengembangkan rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan dan jiwa demokratis pada siswa.
c. Sebagai tempat memperdalam pengetahuan berkoperasi.
d. Sebagai tempat untuk melatih keterampilan berkoperasi seperti praktik pembukuan atau akuntansi, praktik administrasi, praktik tata niaga, dan lain-lain.
e. Memenuhi kebutuhan ekonomi para siswa, misalnya penyediaan alat tulis menulis, baju, seragam, makanan, dan sebagainya.



No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...