RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA NEGRI 1 KATIBUNG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /
Semester : XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami
pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
Sekolah
Alokasi Waktu : 1 x 15
menit
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Menjelaskan
koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
2. Menjelaskan
proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah.
3.
Menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa dapat menjelaskan koperasi
sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b)
Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
c)
Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain,
, inovatif,
B.
Materi Pokok
Koperasi
dan koperasi sekolah
C.
Uraian Materi
a)
Pengertian
serta landasan
b)
tujuan dan
fungsi koperasi sekolah
c)
peran koperasi
sekolah
d)
prinsip
koperasi
D.
Pendekatan
Kontekstual
E.
Metode Pembelajaran
studi
kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
pengelolaan koperasi
|
·
Mengkaji
referensi tentang koperasi.
· Mengkaji referensi tentang proses
pengelolaan koperasi sekolah
|
·
Siswa dapat
Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
· Siswa dapat Menjelaskan proses
pengelolaan koperasi sekolah khususnya
|
F.
Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan
materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut
dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok
di Indonesia.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami tentang arti penting koperasi pada umumnya
dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan
pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi
sekolah.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat
Menjelaskan apa itu koperasi . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan
siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Siswa diberikan tugas yang
berkaitan dengan koperasi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………2016
Kepala Sekolah
….
Guru Mata Pelajaran …
Dari anggota untuk anggota. Ungkapan sederhana
tersebut sangat pas untuk menggambarkan kegiatan koperasi. Karena seperti yang
kita ketahui, koperasi dihidupkan dari iuran anggotanya, dan pada
akhirnya akan menghidupkan anggotanya. Dalam istilah politik kita kenal dengan
sebutan demokrasi.
Landasan Koperasi
Sebagai tulang punggung perekonomian
rakyat, koperasi dianggap perlu (urgent) untuk dibentuk. Maka muncullah
landasan-landasan yang patut dipertimbangkan untuk membuat koperasi. Ada banyak
landasan yang menjadi pijakan untuk pendirian koperasi.
Salah satu landasan nya adalah berikut ini :
Landasan Idiil Pancasila
Sebagai sarana untuk mencapai
masyarakat, adil, makmur, dan sejahtera, koperasi membutuhkan topangan dari
landasan hukum. Dan landasan hukum untuk koperasi Indonesia dapat berpijak
adalah Pancasila.
Fungsi
Koperasi
(1) Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan
kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
Tujuan
Koperasi
tujuan utama dibentuknya koperasi adalah untuk
mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, dan mandiri atas dasar
Pancasila dan UUD 1945.
Prinsip-Prinsip Koperasi
adalah
garis-garis yang dijadikan penuntun dan digunakan oleh koperasi untuk
mengaplikasikan tuntunan tersebut dalam praktik koperasi.
Berikut prinsip – prinsipnya :
Prinsip
Ke-1; Keanggotaan Sukarela dan Terbuka.
Prinsip Ke-2; Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis.
Prinsip Ke-3; Partisipasi Ekonomi Anggota.
Prinsip Ke-4; Otonomi Dan Kebebasan.
Prinsip Ke-5; Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi.
Prinsip Ke-6; Kerjasama diantara Koperasi.
Prinsip Ke-7; Kepedulian Terhadap Komunitas.
Prinsip Ke-2; Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis.
Prinsip Ke-3; Partisipasi Ekonomi Anggota.
Prinsip Ke-4; Otonomi Dan Kebebasan.
Prinsip Ke-5; Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi.
Prinsip Ke-6; Kerjasama diantara Koperasi.
Prinsip Ke-7; Kepedulian Terhadap Komunitas.
Peran Koperasi Disekolah
a. Menunjang pendidikan sekolah ke
arah kegiatan-kegiatan praktis guna mencapai kebutuhan ekonomis di
kalangan siswa.
b. Mengembangkan rasa tanggung
jawab, disiplin, setia kawan dan jiwa demokratis pada siswa.
c. Sebagai tempat memperdalam
pengetahuan berkoperasi.
d. Sebagai tempat untuk melatih
keterampilan berkoperasi seperti praktik pembukuan atau akuntansi, praktik
administrasi, praktik tata niaga, dan lain-lain.
e. Memenuhi kebutuhan ekonomi para
siswa, misalnya penyediaan alat tulis menulis, baju, seragam, makanan, dan
sebagainya.
No comments:
Post a Comment