Thursday, December 1, 2016

MAKALAH DINAMIKA KELOMPOK

 KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat allah SWT,berkat rahmat dan hidayahnya tugas ini dapat diselesaikan.semoga ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan.
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah masih banyak kekurangan.oleh karena itu, penulis sangat menghargai akan saran dan kritik untuk membangun makalah ini lebih baik lagi.demikian yang dapat penulis sampaikan,semoga melalui makalah ini dapat memberika  manfaat bagi kita semua.


Bandar Lampung,5 Desember 2016


















ii
 
 


DAFTAR ISI


COVER.......................................................................................................   i
KATA PENGANTAR..............................................................................   ii
DAFTAR ISI..............................................................................................   iii

BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang........................................................................................   1
1.2 Rumusan masalah...................................................................................   1

BAB II  PEMBAHASAN
2.1 Pengertian dari komunikasi dalam kelompok........................................   2
2.2 Bentuk komunikasi dalam kelompok.....................................................   3
2.3 Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok.....................   4
2.4 Fungsi komunikasi dalam kelompok .....................................................   4
2.5 Kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam kelompk........................   5

BAB III  PENUTUP
3.1 Simpulan................................................................................................   7


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Manusia dalam kehidupannya harus berkomunikasi artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok ataupun organisasi, selalu terdapat kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok yang terdiri dari atasan dan bawahannya.
Diantara kedua belah pihak antara atasan dan bawahan harus ada komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya kerjasama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi maupun kelompok untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

1.2  Rumusan masalah
1.      Apa Pengertian dari komunikasi dalam kelompok?
2.      Bagaimana Bentuk komunikasi dalam kelompok?
3.      Apa saja Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok?
4.      Apa Fungsi komunikasi dalam kelompok?
5.      Sebutkan Kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam kelompok?








 

BAB 11
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Komunikasi Dalam Kelompok
Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antar beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat (Anwar Arifin,1984). Michael Burgoon (dalam wiryanto,2005) mendefinisikan komunikasi kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui seperti berbagai informasi, pemecahan masalah yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Kedua definisi komunikasi kelompok tersebut mempunyai kesamaan yakni adanya komunikasi tatap muka, dan memiliki susunan rencana kerja tertentu untuk mencapai tujuan kelompok.
Sekelompok orang yang menjadi komunikan itu bisa sedikit, bisa banyak. Jika orang yang ada dalam kelompok itu sedikit maka itu disebut kelompok kecil. Dan apabila dalam kelompok itu banyak maka disebut juga kelompok besar.

A.    Komunikasi kelompok kecil
Komunikasi kelompok kecil terjadi ketika tiga orang atau lebih bertatap muka, biasanya dibawah pengarah seorang pemimpin untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama dan mempengaruhi satu sama lain. Inti dari definisi ini adalah bahwa masyarakat berinteraksi, mereka saling bergantung, dan saling mempengaruhi. Komunikasi kelompok kecil adalah komunikasi yang :
a.       Proses nya berlangsung secara diagnosis
b.      Tidak linear melainkan sirkular
c.       Umpan balik
d.      Komunikan dapat menanggapi uraian komunikator , bisa bertanya jika tidak dimengerti, dan menyanggah jika tidak setuju.

B.     Komunikasi kelompok besar
Sebagai kebalikan dari komunikasi kelompok kecil, komunikasi kelompok besar adalah komunikasi yang:
a.       Ditujukan kepada efeksi komunikan
b.      Prosesnya berlangsung secara linear

2.2  Bentuk komunikasi dalam kelompok
Bentuk komunikasi kelompok terdiri dari 2 yaitu :
a.      Komunikasi kelompok Deskriptif
Dalam komunikasi kelompok deskriptif, Pengelompokan sejumlah orang terdiri atas kelompok tugas , kelompok pertemuan dan kelompok penyadar.

b.      Komunikasi kelompok perspektif
Dalam komunikasi kelompok perspektif, akan dijelaskan bagaimana suatu kelompok dapat menyelesaikan suatu persoalan ,tugas , menyampaikan gagasan, dan hal-hal lain yang dapat dikomunikasikan antara sejumlah orang yang terlibat dalam kelompok tersebut. Berikut ini adalah format yang biasa dilakukan pada komunikasi kelompok perspektif , antara lain :
1.      Diskusi meja bundar
Berdiskusi dengan cara melingkar dimana tidak ada seorang moderator yang ditunjuk secara khusus.

2.      Diskusi panel
Format khusus yang anggota-anggota kelompoknya berinteraksi, baik berhadap-hadapan maupun melalui seorang mediator, diantara mereka sendiri dan dengan hadirin tentang masalah yang kontroversial.

3.      Simposium
Serangkaian pidato pendek yang menyajikan berbagai aspek dari sebuah tofik atau posisi yang pro dan kontra terhadap masalah-masalah yang kontroversial, dalam format diskusi yang sudah direncanakan sebelumnya.

4.      Forum ceramah
Format diskusi yang dilakukan terutama sekali untuk saling berbagi informasi.

5.      Kolokium
Sejenis format diskusi yang memberikan kesempatan pada wakil-wakil khalayak untuk mengajukan pertanyaan yang sudah dipersiapkan kepada seorang atau beberapa orang ahli.

6.      Prosedur parlementer
Format diskusi yang secara ketat mengatur peserta diskusi yang besar pada periode waktu yang tertentu ketika sejumlah keputusan harus dibuat.

7.      Konferensi
Wakil-wakil organisasi berkumpul untuk membicarakan masalah tertentu

8.      Seminar
Seorang/kelompok ahli yang bertugas menjawabpertanyaan-pertanyaan hadirin atau pers.

2.3  Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam kelompok
Dalam kelompok ada beberapa faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok yaitu :
a.       Anggota-anggota kelompok bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu
b.      Melaksanakan tugas kelompok yang diukur dengan hasil kerja  (prestasi)
c.       Memelihara moral anggota-anggota (tingkat kepuasan), kepuasan terjadi bila kelompok dimaksudkan untuk saling berbagi informasi misalnya, efektifnya dapat dilihat dari beberapa banyak informasi yang diperoleh anggota kelompok, apakah informasinya dibutuhkan oleh satu sama lain.
 
2.4  Fungsi komunikasi dalam kelompok
a.       Menjalin hubungan sosial antara anggota dan kelompok. Bagaimana individu dalam suatu kelompok bisa berhubungan sosial tanpa komunikasi atau sejauh mana suatu kelompok dapat memelihara hubungan sosial diantara aggota dengan anggota maupun anggota dengan kelompok.
b.      Fungsi pendidikan atau adukasi. Hal ini berkaitan dengan pertukaran informasi antara anggota. Melalui fungsi ini kebutuhan anggota akan informasi baru dapat terpenuhi dan secara tidak langsung kemampuan para anggota dibidangnya masing-masing dapat membawa pengaruh baru  untuk anggota lainnya ataupun kelompok
c.       Kemampuan persuasi, fungsi ini sebelumnya dapat menguntungkan atau merugikan pihak yang mempersuasi
d.      Masalah problem solving, hal ini berkaitan erat dengan jalan-jalan alternative dari para anggota kelompok untuk memecahkan masalah. Keuntungan problem solving :
·         banyak orang : banyak masukan atau pendapat
·         dari pendidikan yang berbeda memungkinkan pemasukan jalan alternative dari banyak sudut pandang sehingga akan lebih bijaksana dalam pengambilan suatu keputusan
e.       sebagai terapi, para individu yam memiliki masalah yang sama dikumpulkan, dan mereka diminta saling terbuka dalam mengungkapkan masalah mereka. Dalam kelompok ini juga tetap membutuhkan pemimpin sebagai pengatur atau pengarah jika terjadi konflik atau perbedaan pendapat.

2.5  Kelebihan dan kekurangan dalam kelompok
a.      Kelebihan
·         Keterbukaan antar anggota kelompok untuk memberi dan menerima informasi dan pendapat anggota yang lain
·         Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dengan menekan kepentingan pribadi demi kepentingan kelompok
·         Kemauan secara emosional dalam mengungkapkan kaidah yang telah disepakati kelompok




b.      Kekurangan
·         Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan.














 



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Komunikasi kelompok adalah sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui seperti berbagai informasi, pemecahan masalah yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Kedua definisi komunikasi kelompok tersebut mempunyai kesamaan yakni adanya komunikasi tatap muka, dan memiliki susunan rencana kerja tertentu untuk mencapai tujuan kelompok.
Bentuk komunikasi kelompok terdiri dari 2 yaitu : Komunikasi kelompok Deskriptif dan  komunikasi kelompok deskriptif.Diskusi meja bundar,Diskusi panel,Simposium Forum ceramah,Kolokium,Prosedur parlementer, Konferensi, Seminar


No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...