Tuesday, November 8, 2016

MAKALAH PROTA, PROSEM DAN KALENDER PENDIDIKAN

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Jika kita mendengar tentang guru sudah pasti yang kita ingat atau pikirkan adalah kegiatan pembelajaran yang guru lakukan kepada peserta didiknya. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut,guru tidak hanya asal menyampaikan materi yang ada tetapi ternyata terdapat beberapa hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dikelas. Hal-hal tersebut diantaranya seperti rencana untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang, seperti progam satu tahun,program semester dan juga kalender pendidikan . kita sebagai calon guru juga harus bias menyusun program tahunan,program semester dan juga kalender pendidikan, sehingga nantinya proses kegiatan belajar mengajar (pembelajaran) yang kita inginkan dapat tercapai sesuai dengan tujuanya.

Dengan adanya kebutuhan ini maka penulis akan menjelaskan mengenai program tahunan, program semerter dan juga kalender pendidikan.

1.2  Rumusan Masalah

1.      .Apa itu yang dimaksud dengan program tahunan?
2.      Apa yang dimaksud dengan program semester?
3.      Apa yang dimaksud kalender pendidikan?

1.3  Tujuan
1.      Agar mengetahui apa itu yang dimaksud dengan program tahunan.
2.      Agar mengetahui apa itu yang dimaksud program semester dan apa saja yang terdapat dalam program semester
3.      Agar mengetahui apa itu yang dimaksud program semester dan apa saja yang terdapat dalam program semester
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PROGRAM  TAHUNAN

Prota atau program tahunan adalaha rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujua (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan.  Dalam hal ini penetapan alokasi waktu diperlkan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisikan tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh gru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran dimulai. Program tahunan inilah yang nantinya merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.
Program tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan setiap kelas selama satu tahun. Adapun komponen prota sebagai berikut:
a.       Identifikasi, seperti satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran
b.      Standart kompetensi
c.       Kompetensi dasar
d.      Alokasi waktu dan keterangan
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah:
a.       Lihat berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dalam kurikulum seperti yang telah ditetapkan
b.      Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester, seperti yang telah kita tetapkan dalam gambaran alokasi waktu efektif.
c.       Memalui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran.
d.      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif (perminggu). Hari-hari libur meliputi :
1)      Jeda tengah semester
2)      Jeda antar semester
3)      Libur akhir tahun pelajaran
4)      Hari ibur keagamaan
5)      Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
6)      Hari libur khusus

e.       Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap kompetensi dasar dn topik bahasanya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan materi, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
















Contoh format:
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : ……………..
Mata Pelajaran       : ……………..
Kelas                      : ……………..
Tahun Pelajaran     : ……………..          
                 
No.
No. SK/KD
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                               Guru


            (......................)                                                                        (......................)












2.2  .      PROGRAM SEMESTER

Program semester atau promes merupakan langkah dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, dengan program semester ini akan rinci yang akan dilakukan guru daam kelangsungan belajar mengajar. Program semester juga dikatakan sebagai penjabaran dari program tahunan. Program semester ini sudah menjadi tugas yang harus dibuat oleh guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran selama satu bulan. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat promes diantaranya adalah:
·         Dengan melihat kemampuan masing-masing sekolah
·         Perlu kerjasama antara guru mata pelajaran

Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang akan dilakukan dan ingin dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang akan disampaikan, waktu yang direncanakan dan keterangan-keterangan. Untuk membuat program semester harus memperhatikan kalender akademik. Pada kalender itu akan terlihat hari yang efektif dan harhari yang tidak efektif atau libur.

Setelah melihat kalemder pendidikan atau kalender akademik kita juga harus memperhatikan struktur program kurikulum yaitu berapa jam pelajaran dalam seminggu. Adapun komponen penyusun program semester antara lain:
·         Identitas, meliputi satuan pendidikan, matapelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran.
·         Format isian, meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, jumlah jam pertemuan (JJP), dan bulan.







Contoh format

PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan      : ...............
Mata Pelajaran            : ...............
Kelas/Semester            : ...............
Tahun Peajaran            : ...............      

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi pokok
Indikator
JPP
Bulan
1
2
3
4


Semarang,
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru

            (......................)                                                                        (......................)


Dari format program semester diatas, maka tampak jelas, bahwa program inipada dasarnya sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian format diatas adalah:
a.       Tentukan Standar Kompetni (SK) dan Kompetesnsi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam ha ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuannya sudah ditentukan dalam Standar Isi, yaitu pada Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah kita kenal, kecuali kalau kita memang diharuskan merumuskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum muatan lokal.
b.       Lihat program tahunan yang telah kita susun untuk memnentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
c.       Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.Untuk lebih jelas cara pengisian format program semester, berikut adalah langkah-langkah penyusunan program semester:
·         Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format program semester.
·         Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
·         Mengaokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan
·         Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.

2.3  KALENDER PEMDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama atu tahun yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efeketif belajar, waktu pembelajaran yang efektif dan hari libur. Dalam menyusun kalender pendidikan guru harus mampu menghitung jumlah jam belajar efektif untuk pembentukan kompetensi peserta didik dan menyesuaikan dengan standar kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

Dalam menyusun kalender pendidikan dapat ditetapkan waktu untuk kegiatan pembeajaran, termasuk hari liur dan lain-lain. Oleh karena itu dengan adanya kalender pendidikan maka guru bisa mengatur untuk menyelesaikan semua kompetensi dasar yang ada. Kalender pendidikan juga memiliki beberapa fungsi diantaranya:

a.       Mendorong efektifitas dan efesiensi proses pembelajaran
b.      Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari ibur sekolah
c.        Pedoman menyusun program kegiatan pembelajaran.
d.      Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus maupun RPP

Kalender pendidikan juga memiliki beberapa komponen diantaranya sebagai berikut:
1.      Permulaan dan akhir tahun pembelajaran
a.       Penerimaan siswa baru
b.      Kegiatan hari pertama masuk sekolah
c.       Kegiatan belajar mengajar
d.      Ulangan umum semester
e.       Ujian akhir sekolah
f.       Pembagian buku hasil belajar(rapor)
g.      Penyerahan surat tanda tamat belajar

2.      Hari efektif belajar
3.      Hari libur sekolah
a.       Libur semester
b.      Libur khusus
c.       Libur umum

Dalam kelender pendidikan terdapat rencana minggu efektif seperti:
a.       Analisis minggu efektif, minggu belajar dengan menghitung yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran setiap bulannya dalam satu tahun
b.      Kompetensi mata pelajaran adalah sekumpulan minimal yang harus dicapai siswa selama menempuh pendidikan disuatu jenjang pendidikan
c.       Analisis materi peajaran adalah menguraikan materi standar (materi pokok) kedalam bagian-bagian yang mengacu pada ompetensi dasar dan indikator pencapaiab hasil belajar sehingga memperoleh pemahaman yang menyuruh.

Adapun langkah-langkah menyusun kalender pendidikan yang lebih jelas antara lain:
a.       Melihat kalender pendidikan nasional yang telah dikeluarkan oleh pemerintah (dalam hal ini KEMENDIKNAS ataupun KEMENAG) sebagai acuan untuk menentukan kalender pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan.
b.      Menentukan minggu efektif, libur tengah semester, libur antar semester, serta libur akhir tahun dengan acuan jumlah yang telah ditetapkan.
c.       Menyesuaikan kalender dengan keadaan hari-hari libur umum mauoun agama.
d.      Menentukan periode efektif  pembelajaran dengan mempertimbangkan hari-hari yang akan tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler mauoun bimbingan dan konseing terpadu.
e.       Menentukan bobot dan alokasi hari-hari pembelajaran efektif setelah disesuaikan dengan hari efektif fakultatif (misal: hari-hari pembelajarn di Bulan Ramadhan) serta hari libur fakutatif (misal: libur awal puasa dan libur hari raya).
f.       Merekap kalender pendidikan selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah kalender pendidikan per semester dan per bulan dengan rapi dan teliti oeh tim perumus kalender pedidikan
















BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULN

Prota atau program tahunan adalaha rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujua (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan.  Program tahunan juga nantinya merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian.

Program semester atau promes merupakan langkah dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, dengan program semester ini akan rinci yang akan dilakukan guru daam kelangsungan belajar mengajar. Program semester juga dikatakan sebagai penjabaran dari program tahunan. Sedangkan kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama atu tahun yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efeketif belajar, waktu pembelajaran yang efektif dan hari libur.


3.2  SARAN

Dalam pembuatan atau penyusunan prota, promes, dan kaldik disini seorang guru harus lebih teliti karena dari salah satu penyusunan prota yang dimana merupakan pedoman yang dapat dijadikan sebagai penjabaran semester dan dari promes juga nantinya seorang guru dapat menyusun silabus dan RPP untuk memperlancar kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kepada peserta didiknya agar sesuai dengan apa yang ingin dicapai.



DAFTAR PUSTAKA


Dr.Wina Sanjaya, M. Pd. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. 2008. Jakarta : Prenada Media Grup,.




1 comment:

  1. saya IBU KARMILA posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    ReplyDelete

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...