UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SD
1) Manfaat
bagi siswa, untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak.
Crow & crow (1958)
: ‘belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap
baru”.
B.
Hakikat Pembelajaran IPA di SD
• Teori Ausubel tentang Pembelajaran
Bermakna (Meaningfull)
Tujuan khusus dari mata pelajaran IPA
di SD/MI adalah agar peserta didik memiliki kemampuan :
3) Mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan.
Ruang lingkup mata pelajaran IPA di
SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1) Makhluk
hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya
2) dengan
lingkungan, serta kesehatan.
3) Benda/materi,
sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas.
5) Bumi
dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit
lainnya.
C.
Model Pembelajaran Konstruktivisme
a. Pengertian model pembelajaran
konstruktivisme
b. Konstruktivisme dalam pembelajaran
1) Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dengan bahasa sendiri.
3) Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru.
4) Memberi
pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa.
5) Mendorong
siswa untuk memikirkan perubahan gagasan mereka.
6) Menciptakan
lingkungan yang kondusif.
c. Keuntungan dan kelemahan dalam
menggunakan model konstruktivisme.
Dalam penggunaan model
konstruktivisme terdapat keuntungan yaitu :
1) Dapat memberikan kemudahan kepada
siswa dalam mempelajari konsep IPA.
2) Melatih siswa berfikir kritis dan
kreatif.
Penggunaan model konstruktivisme
terdapat keuntungan yaitu :
D.
Pembelajaran tentang Energi Gerak
·
Pembelajaran masih konvensional
·
Pembelajaran Berpusat pada guru
·
Siswa kurang memahami materi yang
dipelajari
·
Siswa kurang aktif dan antusias dalam
mengikuti pembelajaran Tindakan
·
Menggunakan model pembelajaran
konstruktivisme
·
Pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan
·
Siswa bisa mengembangkan pemahaman dan
pengetahuannya tentang energi gerak
·
Siswa memiliki pengalaman yang bermakna
setelah mengikuti pembelajaran
No comments:
Post a Comment