Panduan
Media Pembelajaran Matematika
Disusun
oleh:
Febri
Eka Darma : 21160049
Isma
Dian Ayu : 21160057
Kadek
Dio Watara : 21160062
Monica
Heralia : 21160077
Muhamad
Tegar Prakoso : 21160080
Nirmala
Seftia Anggraeni : 21160089
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami ucapkan kehadirat Allah Swt.
Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan
media pembelajaran matematika materi Jarak Kecepatan Dan Waktu.
Tidak
lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut
memberikan kontribusi dalam penyusunan media pembelajaran matematika.
Maka
dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terimkasi kepada :
1. Bapak
Ambyah Harjanto, S.Pd., M.Pd selaku kepala Program Studi Pendidikan Sekolah
Dasar
2. Ibu
Ristika, S.Pd., M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Matematika,
Media, Dan Sumber Belajar Matematika di SD/MI.
3. Serta
seluruh anggota kelompok 5 yang mendukung penulisan dalam pembuatan panduan ini
Tentunya,
tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sebagai
penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan, baik dari penyusunan
maupun tata bahasa penyampaian . Oleh karena itu, kami dengan rendah hati
menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah
ini.
Kami
berharap semoga buku panduan yang kami
susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca.
Bandar
lampung, November 2023
Kelompok 5
PENDAHULUAN
Dalam kegiatan
kita sehari hari sering sekali menemukan atau menggunakan jarak kecepatan dan
waktu. Contohnya saat kita keluar rumah hendak ke sekolah kita secara tidak
langsung menggunakan jarak kecepatan dan waktu,yaitu jarak dari rumah
kesekolah,kecepatan tempuh dari rumah kesekolah,dan waktu tempuh
dari rumah ke sekolah.
1.
Waktu
Satuan
waktu yang kita kenal adalah jam, menit, dan detik. Selain itu ada juga satuan
waktu yang lain yaitu hari dan bulan. Untuk menyatakan tanda waktu, selain
digunakan notasi 12 jam dapat juga digunakan notasi 24 jam. Satu jam setelah
pukul 12 siang atau pukul 1 siang ditulis pukul 13.00, sedangkan pukul 12 malam
ditulis pukul 24.00 atau pukul 00.00.
Hubungan antara
satuan waktu yang satu dan satuan waktu yang lainnya adalah sebagai berikut:
1 hari = 24 jam
Tiba di sekolah
pukul = 06.00 + 30 menit = 06.30
Jadi, Arya tiba
di sekolah pukul 06.30 pagi.
2.
Dibawah ini merupakan hubungan
antarsatuan panjang:
Satuan panjang
di atas dapat digunakan untuk menghitung satuan jarak. Untuk mengingat kembali
hubungan antarsatuan panjang, lihat contoh soal dibawah ini:
Contoh:
1. Jarak rumah
Ifa ke kantor 300 m. Jarak kantor ke rumah
sakit 600 m. Berapa dam jarak rumah Ifa ke rumah sakit?
Jawab:
Jarak rumah ke
kantor = 300 m
Jarak kantor ke
rumah sakit = 600 m
Jarak rumah ke
rumah sakit = 300 m + 600 m = 900 m
900 m
= 900/10 dam = 90 dam
Jadi, jarak
rumah Ifa ke rumah sakit adalah 90 dam.
3.
Satuan kecepatan yang sering digunakan
adalah kilometer/jam (km/jam) dan meter/sekon (m/s). Untuk mengubah satuan
kecepatan dari km/jam atau m/s, perhatikan contoh soal dibawah ini:
Contoh:
1. 90 km/jam = …
m/s
Jawab:
90 km / 1jam =
90.000 m / 60 menit = 90.000 m / (60 x
60 sekon)
=90.000 m / 3600 sekon = 25 m/s
Jadi, 90 km/jam
= 25 m/s.
4.
Hubungan Antara Waktu, Jarak dan
Kecepatan Serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari
Perhatikan
hubungan antara waktu (w), jarak (j), dan kecepatan (k) pada rumus berikut:
·
Kecepatan = Jarak : Waktu Atau,
K = J / W
·
Jarak = Kecepatan X Waktu Atau,
·
Waktu = Jarak : Kecapatan Atau,
Kecepatan sepeda
motor adalah 60 km/jam.
Lama perjalanan 2 jam
Maka jarak yang
ditempuh 2 jam x 60 km/jam = 120 km.
2. Riri adalah
seorang pembalap sepeda. Ia berangkat dari kota A pukul 07.00 dan tiba di kota
B pukul 10.00. Jarak kota A dan B adalah 120 km. Berapa km/jam kecepatan Riri
mengendarai sepeda?
Jawab:
Lama
perjalanan/waktu = pukul 07.00 – pukul 10.00 = 3 jam
Kecepatan =
jarak : lama perjalanan = 120 km / 3 jam = 40 km/jam.
Jadi, kecepatan
Riri = 40 km/jam.
Cara menggunakan
media :
Untuk
mengoprasikan media pemembelajaran jarak waktu dan kecepatan adalah sebagai
berikut
1.
Rumah
Dalam
media yang kelompok kami terdapat 2 rumah yaitu rumah dina dan rumah dimas sebagai penanda 1 tempat ke tempat yang lain
Untuk
menempuh jarak menggunakan media kreta api dengan kecepatan 5km/jam, dengan
demikian bertujuan untuk mengetahui jarak tempuh dari rumah dina ke rumah dimas
2.
Kereta api
Terdapat
kereta api beserta lintasanya di Tengah media , kereta api ini digunakan untuk
membantu siswa menentukan jarak antara rumah dimas dan rumah dina serta
membantu siswa dalam menentukan kecepatan kereta saat melaju.
3.
Jam
Media
jam ini memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu selain itu jam ini juga bertunjuan untuk menentukan waktu tempuh jarak
kereta serta sebagai media yang digunakan untuk membantu siswa untuk
mempelajari satuan waktu.
Penutup
Demikian
buku panduan ini kami buat, kami harap dengan adanya buku panduan dari media kami semoga bisa berguna bagi pengguna
baik guru , perser didik maupun para pengguna media yang lain , untuk
memnyempurnakan media yang kami buat kami mengharap kritik dan saran dari
anda.buku panduan media pemebelajran ini diharapkan dapat mempermuda dalam
mempelajari jarak waktu dan kecepatan sehingga
anda tidak dapat mengalami kesulitan,dan di harapkan agar pengguna lebih
tertarik dan dapan nguasai materi dengan sempurna
No comments:
Post a Comment