Wednesday, December 13, 2023

Panduan Media Pembelajaran Matematika Kecepatan Jarak Dan Waktu

 

Panduan Media Pembelajaran Matematika

Kecepatan Jarak Dan Waktu

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh:

Febri Eka Darma                      : 21160049

Isma Dian Ayu              : 21160057

Kadek Dio Watara                   : 21160062

Monica Heralia                         : 21160077

Muhamad Tegar Prakoso          : 21160080

Nirmala Seftia Anggraeni           : 21160089

 


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami ucapkan  kehadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan media pembelajaran matematika materi Jarak Kecepatan Dan Waktu.

 

Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan media pembelajaran matematika.

Maka dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terimkasi kepada :

1.      Bapak Ambyah Harjanto, S.Pd., M.Pd selaku kepala Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar

2.      Ibu Ristika, S.Pd., M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Matematika, Media, Dan Sumber Belajar Matematika di SD/MI.

3.      Serta seluruh anggota kelompok 5 yang mendukung penulisan dalam pembuatan panduan ini

 

Tentunya, tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan, baik dari penyusunan maupun tata bahasa penyampaian . Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini.

 

Kami berharap semoga buku panduan  yang kami susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca.

 

 

 

 

 

Bandar lampung, November 2023

 

 

 

 

Kelompok 5

 

 


 


PENDAHULUAN

 

Dalam kegiatan kita sehari hari sering sekali menemukan atau menggunakan jarak kecepatan dan waktu. Contohnya saat kita keluar rumah hendak ke sekolah kita secara tidak langsung menggunakan jarak kecepatan dan waktu,yaitu jarak dari rumah kesekolah,kecepatan tempuh dari rumah kesekolah,dan waktu tempuh dari rumah ke sekolah.

 

1.      Waktu

Satuan waktu yang kita kenal adalah jam, menit, dan detik. Selain itu ada juga satuan waktu yang lain yaitu hari dan bulan. Untuk menyatakan tanda waktu, selain digunakan notasi 12 jam dapat juga digunakan notasi 24 jam. Satu jam setelah pukul 12 siang atau pukul 1 siang ditulis pukul 13.00, sedangkan pukul 12 malam ditulis pukul 24.00 atau pukul 00.00.

Hubungan antara satuan waktu yang satu dan satuan waktu yang lainnya adalah sebagai berikut:

 

1 hari    =  24 jam

1 jam    =  60 menit

1 menit =  60 detik

 

Contoh:

 

1.      Arya  berangkat ke sekolah pukul 06.00 pagi. Lama perjalanan Anita 30 menit. Pukul berapa Anita tiba di sekolah?

Jawab:

Berangkat pukul           =  06.00

Waktu perjalanan          =  30 menit

Tiba di sekolah pukul    =  06.00 + 30 menit = 06.30

Jadi, Arya tiba di sekolah pukul 06.30 pagi.

 

2.      Dibawah ini merupakan hubungan antarsatuan panjang:

Satuan panjang di atas dapat digunakan untuk menghitung satuan jarak. Untuk mengingat kembali hubungan antarsatuan panjang, lihat contoh soal dibawah ini:

Contoh:

1. Jarak rumah Ifa  ke kantor 300 m. Jarak kantor ke rumah sakit 600 m. Berapa dam jarak rumah Ifa ke rumah sakit?

Jawab:

Jarak rumah ke kantor              = 300 m

Jarak kantor ke rumah sakit      = 600 m

Jarak rumah ke rumah sakit       = 300 m + 600 m = 900 m

                                                   900 m = 900/10 dam = 90 dam

Jadi, jarak rumah Ifa ke rumah sakit adalah 90 dam.

 

 

 

 

 

 

 

3.      Satuan kecepatan yang sering digunakan adalah kilometer/jam (km/jam) dan meter/sekon (m/s). Untuk mengubah satuan kecepatan dari km/jam atau m/s, perhatikan contoh soal dibawah ini:

Contoh:

1. 90 km/jam = … m/s

Jawab:

90 km / 1jam = 90.000 m / 60 menit  = 90.000 m / (60 x 60 sekon)

                                         =90.000 m / 3600 sekon = 25 m/s

Jadi, 90 km/jam = 25 m/s.

 

4.      Hubungan Antara Waktu, Jarak dan Kecepatan Serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perhatikan hubungan antara waktu (w), jarak (j), dan kecepatan (k) pada rumus berikut:

 

·        Kecepatan = Jarak : Waktu Atau,

 

K = J / W

 

Kecepatan dapat dinyatakan dalam satuan km/jam atau m/s. dari rumus diatas dapat pula ditentukan rumus jaraj dan waktu sebagai berikut:

 

·        Jarak = Kecepatan X Waktu Atau,

 

J = K X W

  

·        Waktu = Jarak : Kecapatan Atau,

 

W = J / K

 

Contoh:

 

1. Adi  mengendarai sepeda motor dari rumah menuju tempat kerjanya. Kecepatan Adi mengendarai motor yaitu 60 km/jam. Ia menempuh perjalanan itu dalam waktu 2 jam. Berapa jarak yang ditempuh Adi ?

Jawab:

Kecepatan sepeda motor adalah 60 km/jam.

Lama perjalanan  2 jam

Maka jarak yang ditempuh  2 jam x 60 km/jam = 120 km.

 

2. Riri adalah seorang pembalap sepeda. Ia berangkat dari kota A pukul 07.00 dan tiba di kota B pukul 10.00. Jarak kota A dan B adalah 120 km. Berapa km/jam kecepatan Riri mengendarai sepeda?

Jawab:

Lama perjalanan/waktu = pukul 07.00 – pukul 10.00 = 3 jam

Kecepatan = jarak : lama perjalanan = 120 km / 3 jam = 40 km/jam.

Jadi, kecepatan Riri = 40 km/jam.

 

 

 

 

Cara menggunakan media :

 

Untuk mengoprasikan media pemembelajaran jarak waktu dan kecepatan adalah sebagai berikut

 

1.    Rumah

Dalam media yang kelompok kami terdapat 2 rumah  yaitu  rumah dina dan rumah dimas  sebagai penanda 1 tempat ke tempat yang lain

Untuk menempuh jarak menggunakan media kreta api dengan kecepatan 5km/jam, dengan demikian bertujuan untuk mengetahui jarak tempuh dari rumah dina ke rumah dimas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.    Kereta api

 


Terdapat kereta api beserta lintasanya di Tengah media , kereta api ini digunakan untuk membantu siswa menentukan jarak antara rumah dimas dan rumah dina serta membantu siswa dalam menentukan kecepatan kereta saat melaju.

 

 

3.    Jam


Media jam ini memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu selain itu jam ini juga  bertunjuan untuk menentukan waktu tempuh jarak kereta serta sebagai media yang digunakan untuk membantu siswa untuk mempelajari satuan waktu.

 

 

 

Penutup

 

Demikian buku panduan ini kami buat, kami harap dengan adanya buku panduan dari  media kami semoga bisa berguna bagi pengguna baik guru , perser didik maupun para pengguna media yang lain , untuk memnyempurnakan media yang kami buat kami mengharap kritik dan saran dari anda.buku panduan media pemebelajran ini diharapkan dapat mempermuda dalam mempelajari jarak waktu dan kecepatan sehingga  anda tidak dapat mengalami kesulitan,dan di harapkan agar pengguna lebih tertarik dan dapan nguasai materi dengan sempurna

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...