Thursday, December 21, 2023

STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL YANG DILAKUKAN OLEH STAR DONUTS

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Pada era digital sekarang ini, seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, membuat perkembangan Internet semakin melaju pesat.Perkembangan teknologi menjadikan Internet sebagai bagian dari kehidupan masyarakat modern. Internet yang dapat menghubungkan pengguna yang terdapat di seluruh dunia di dalam suatu jaringan di manapun dan kapanpun mereka berada.perekonomian bagi para pengusaha (Yasundari, 2016:209).

Media sosial yang paling popular diantaranya adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube, Setelah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak orang, selain hanya untuk kepentingan pribadi, Instagram juga dijadikan peluang bisnis bagi para penggunanya.Sekarang ini, terdapat banyak pengguna akun Instagram yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan dan menjual produk/jasa, melalui share foto-foto produk pemasar.Dalam studi yang dilakukan oleh Simply Measured, terungkap bahwa 54 persen perusahaan dengan brand ternama dunia kini menggunakan instagram (Baihaki, 2012).

Indonesia termasuk salah satu Negara teraktif di media sosial, menurut hasil penelitian  We Are Social pada Januari 2016 dalam laman techinasia.com, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. Dan 79 juta diantaranya merupakan pengguna aktif media sosial (Noviandari, 2015).Selain untuk memenuhi kebutuhaninformasi, saat ini media sosial banyak digunakan sebagai media penggerak,

Komunikasi pemasaran membantu pelaku bisnis untuk memberikan pengetahuan kepada calon konsumen seperti apa produk yang akan dipilih, bagaimana cara mendapatkan, manfaat apa yang akan didapatkan, dan semua informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Menurut Kotler dan Keller (2008:172), komunikasi pemasaran ialah sebuah sarana di mana pelaku usaha berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijual. Dengan demikian, komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengomunikasi segala sesuatu tentang produk tersebut.Komunikasi pemasaran menjadi inti bagaimana perusahaan memanfaatkan sebuah strategi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam mempertahankan atau mengembangkan perusahaan di dunia bisnis (Reza, 2016:66)

Perkembangan  komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja.Pemasar kini juga memanfaatkan media baru seperti Internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen.Menurut Tuen dalam Nasrullah (2015: 160),  kehadiran Internet memberikan lingkungan virtual baru bagi prakik-praktik pemasaran.Kehadiran media sosial dalam pemasaran pada era digital saat ini bisa dilihat dari dua sisi, yakni sisi pengiklan atau pemasar dan sisi pengguna media sosial.Dari sisi pemasar dan pengiklan, media sosial memberikan tawaran konten yang beragam.Konten tidak hanya diproduksi dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk audio, visual, dan audia-visual.Pemanfaatan media sosial juga cenderung membutuhkan biaya yang lebih murah, Pemasaran melalui media sosial yang salah satunya adalah instagram memang sedang marak dikalangan pelaku bisnis di Indonesia. Banyaknya akun di instagram yang memasarkan mulai dari barang, jasa, sampai dengan kuliner menjadi bukti bahwa pemasaran melalui media sosial menjadi pilihan para pelaku bisnis untuk memasarkan dan menarik calon konsumen.Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan instagram, pemasar dapat dengan mudah mengelola akun sesuai dengan yang mereka inginkan.Mereka beramai-ramai mempromosikan produknya masing masing,  saya sendiri kata gufron telah memasarkan produk saya ke media sosial yaitu instagram Melihat kesempatan yang bagus dari memanfaatkan instagram sebagai media komunikasi pemasaran, menjadikan Gufron memilih cara tersebut untuk membantu memasarkan produknya, dan untuk menarik konsumen, karena proses penyebaran informasi yang sangat cepat. Setelah menjadi viral, banyak masyarakat Bandung khusunya remaja yang tahu keberadaan Dino Donuts ini dan membelinya sebagai hadiah ulang tahun maupun acara-acara spesial lainnya .

1.2 Perumusan Masalah

            Berdasarkan uraian di atas permasalahan sistem pelumasan adalah sebagai berikut :

1.      Bagaimana perencanaan  pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Star Donuts?

2.      Bagaimana  pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Star donuts?

3.      Bagaimana evaluasi pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang diakukan oleh Star donuts?

 

1.3  Tujuan Penelitian

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :.

1.          Mengetahui perencanaan serta pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital Star Donuts

2.          Mengetahui pelaksanaan pemanfaatan instagram yang dilakukan oleh Star donuts

3.          Mengetahui evaluasi pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang diakukan oleh Star donuts




 

BAB II

LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PIKIR

 

2.1 Kajian Teori

§  Digital Marketing

Strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya. Digital marketing bisa menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif karena dapat menjangkau hampir semua pasar dan biayanya lebih murah dibandingkan dengan cara pemasaran lainnyaSelain itu, digital marketing juga memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pasar yang lebih sesuai dan meningkatkan reputasi brand mereka

 

§  Strategi Pemasara

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

 

§  Kualitas Produk

Kotler dan Amstrong (2010:273), mendefinisikan kualitas produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Kualitas produk merupakan keseluruhan gabungan karakteristik produk yang dihasilkan dari pemasaran, rekayasa, produksi dan pemeliharaan yang membuat produk tersebut dapat digunakan memenuhi harapan pelanggan atau konsumen (Wijaya, 2011:11). Kualitas produk merupakan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau diimplikasikan.

 

§  Daya Tarik Iklan

Tjiptono (2012:78) mendefinisikan iklan sebagai suatu proses persuasi yang tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang kelebihan suatu produk yang disusun sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan merubah pikiran orang untuk melakukan tindakan atau pembelian sehingga menurut penulis yang dimaksud daya tarik iklan adalah daya tarik iklan yang dibuat oleh seseorang ataupun sekelompok orang untuk mempengaruhi dan mengarahkan pikiran orang lain, pada suatu tujuan tertentu seperti pesan pada iklan dengan menggunakan media tertentu.

·        Keputusan Pembelian Konsumen

 Schiffman dan Kanuk (2011:112) mendefinisikan keputusan pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, harus tersedia beberapa alternatif pilihan. Keputusan untuk membeli dapat mengarah pada bagaimana proses dalam pengambilan keputusan tersebut itu dilakukan. Assauri (2006:141) menyatakan keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan akan pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian dan keputusan itu diperoleh dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

 

2.2 Kerangka Pikir

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

METODELOGI PENELITIAN

 

3.1 Jenis Penelitian

Adalah penelitian deskriptif kualitatif.Menurut Whitney dalam Moleong (2012:201), metode deskriptif merupakan pencarian suatu fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian dengan metode deskriptif mempelajari masalah- masalah dan tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan, serta proses yang sedang berlangsung dan pengaruh dalam suatu fenomena.

            Metode kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami suatu fenomena mengenai apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, serta dengan cara deskripsi dalam bentuk kata- kata dan bahasa, pada konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah (Moleong, 2007:6). Dan penelitian kualitatif adalah salah satu metode untuk mendapatkan kebenaran dan tergolong sebagai penelitian ilmiah yang dibangun atas dasar teori-teori yang berkembang dari penelitian dan terkontro

 

3.2 Tempat dan Waktu Penelitian

    Lokasi penelitian di tempat peneliti memperoleh data dan informasi mengenai objek penelitian, yaitu di outlet Star Donuts, Jl. Sabang No. 1A, Cihapit, Bandung Timur, Kota Bandung, Jawa Barat. Adapun waktu penelitian yang dibuat oleh peneliti yaitu dilaksanakan selama bulan Agustus 2016 hingga bulan Maret 2017

3.3  Metode Pemgumpulan Data

            Teknik pengumpulan data merupakan langkah utama yang penting dalam penelitian.Dengan mendapatkan data maka penelitian dapat berjalan sesuai dengan rencana dan dapat memecahkan rumusan masalah.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, wawancara, literatur dan dokumentasi.

Wawancara mendalam.Maykut (dalam Rulam, 2014: 119) mengemukakan bahwa dalam kajian-kajian kualitatif, wawancara memiliki peranan sewaktu seseorang berperan sebagai pengamat partisipan, meskipun orang-orang di tempat latar mungkin tidak menyadari bahwa percakapan informal mereka adalah wawancara.Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dan pengamatan terhadap objek penelitian wawancara secara mendalam kepada  informan.Kemudian            studi literatur

Teknik pengumpulan data menggunakan studi literature ini dengan menjadikan buku-buku, jurnal, dan skripsi yang relevan dengan kasus atau permasalahan dari penelitian sebagai referensi bertujuan untuk memperkuat dan menjadi dasar teori di dalam sebuah penelitian.

Selanjutnya dokumentasi.Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi adalah informasi yang berasal dari catatan penting yang berasala dari lembaga atau organisasi maupun dari perorangan (Hamidi, 2004:72).Dokumentasi penelitian ini merupaka tindakan pengambilan gambar oleh peneliti guna memperkuat hasil penelitian.


 

DAFTAR PUSTAKA

 


No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...