Wednesday, December 13, 2023

PANDUAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKARAN

 



KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku sederhana dengan judul “PANDUAN MEDIA PEMBELAJARAN LINGKARAN” ini dapat diselesaikan.

 

Salah satu tujuan dari disusunya buku panduan media sederhana ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Media Materi Sumber Belajar Matematika SD.

 

Atas selesainya buku panduan ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1.      Ibu Ristika S. Pd,. M. Pd selaku dosen mata kuliah pengembangan media materi sumber belajar matematika SD.

2.      Kepada teman-teman kelompok Jarak Kecepatan dan Waktu Muslika Indah Bagas Supriyadi, Nabila Putri, Laura Angeline, Maria Widia, Irfan Bayu, Natasya firliandini. Serta teman-teman Kelas 5B PGSD yang telah memberikan support dan saran dalam pembuatan media pembelajaran serta dalam pembuatan buku panduan ini.

 

Tentunya dalam penyusunan buku panduan ini banyak terdapat kesalahan baik dari segi kosakata maupun dari segi pengertian. Oleh karena itu segala sasaran dan kritik yang mambangun sangat diharapkan agar dimasa mendatang dapat lebih baik.

 

Semoga bantuan yang ikhlas dari semua pihak tersebut mendapat amal dan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Akhirnya, semoga buku panduan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca sekalian.

 

Bandar Lampung, 28 November 2023

 

Kelompok 3

DAFTAR ISI

 

JUDUL.............................................................................................................. ...... i

KATA PENGANTAR....................................................................................... ..... ii

DAFTAR ISI..................................................................................................... .... iii

PENDAHULUAN............................................................................................. .... 1

CARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA....... .... 3

PENUTUP........................................................................................................ .... 6



PENDAHULUAN

 

Matematika adalah disiplin ilmu yang mempelajari pola, struktur, besaran, dan hubungan antara objek dengan menggunakan simbol, angka, rumus, dan logika. Ini adalah bidang pengetahuan yang berkembang untuk mengukur, menghitung, dan menganalisis fenomena di dunia nyata. Matematika digunakan secara luas dalam ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, dan banyak bidang lainnya untuk memecahkan masalah dan memahami fenomena yang ada.

Pembelajaran matematika, menurut Bruner (Herman Hudoyo, 2000 : 56) adalah belajar tentang konsep dan struktur matematika yang terdapat dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika di dalamnya. Menurut Cobb (Erman Suherman, 2003: 71) pembelajaran matematika sebagai proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika.

Pentingnya pelajaran matematika tidak lepas dari peran matematika dalam segala aspek kehidupan oleh karena itu matematika tidak terlepas dari pembelajaran. Menurut Enceng Mulyana (2008:17), pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematis dan disengaja untuk menciptakan kondisi-kondisi agar terjadi kegiatan belajar membelajarkan.

Dari uraian di atas disimpulkan bahwa pembelajaran matematika merupakan proses aktif dan konstruktif sehingga siswa mencoba menyelesaikan masalah yang ada sekaligus menjadi penerima atau sumber dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika di dalamnya.

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu pengajaran dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Media tersebut dapat berupa benda konkret, gambar, audio, video, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dirancang khusus untuk mendukung penyampaian informasi dan konsep pembelajaran dengan lebih jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman konsep, dan memperluas cara penyampaian informasi di lingkungan pendidikan.

Pada kegiatan belajar mengajar tentunya tidak lepas dari adanya peran seorang guru yang memiliki peran sebagai pembimbing, pendidik, mediator, dan fasilitator. Maka dari itu guru harus memiliki suatu konsep pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Disamping itu, guru juga harus meciptakan suasana belajar yang inovatif dan kreatif supaya pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk peserta didik. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana belajar yang inovatif dan kreatif yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, yang dapat menumbuhkan minat dan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran juga harus disesuaikan dengan materi yang akan di ajarkan sehingga dapat mempermudah untuk mecapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Oleh karena itu kami membuat suatu media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, media ini kami beri nama “PAPAN LINGKARAN”. Media pembelajaran ini kami buat untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika khusnya pada materi Jarak Kecepatan dan Waktu. Melalui media ini juga diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga akan membuat proses belajar semakin bermakna dan siswa secara optimal dapat menerima pelajaran yang sudah guru ajarkan.

Sasaran media pembelajaran yang kami buat adalah untuk kelas 5. dimana peserta didik pada jenjang kelas tersebut mudah merasa bosan apabila pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat pasif dan monoton.  Dengan media PAPAN LINGKARAN yang kami buat ini akan melibatkan siswa secara langsung dalam pengaplikasian media mengenai salah satu materi yang akan disampaikan oleh guru. Dengan ikut melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, kami harapkan siswa dapat lebih aktif,  lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.

 


 

CARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

PAPAN LINGKARAN

Untuk mengoprasikan media pembelajaran PAPAN LINGKARAN Berikut ini adalah tampilan dari PAPAN LINGKARAN.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pada gambar di atas terdapat beberapa media yang yang dapat kita mainkan

1.      Jarum jam

2.      Unsur-unsur lingkaran

3.      Lingkaran Besar dan Lingkaran kecil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                                                             

Selanjutnya Siswa akan diarahkan untuk memainkan jarum jam dimana siswa akan belajar untuk menentukan unsur-unsur lingkaran seperti. Titik pusat, diameter, jari-jari, busur dan lain sebagainya

 

 

 

 

 

 

 

 


KETERANGAN:

·        P = Pusat Lingkaran Besar

·        Q = pusat Lingkaran Kecil

·        R = jari-jari lingkaran besar

·        r = jari-jari lingkaran kecil

·        K = jarak kedua lingkaran

·        S1 = garis singgung persekutuan dalam

·        S2 = garis singgung persekutuan luar

 

Selanjutnya ada persekutuan luar dan dalam. Dimana siswa akan diarahkan untuk mencari rumus tersebut dengan cara garis singgung S¹ digeserkan ke titik huruf Q. Disini terdapat segitiga yaitu segitiga siku-siku lalu mencari rumus persekutuan dalam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Dan untuk garis singgung persekutuan luar. Mempunyai 2 buah lingkaran. Lingkaran besar titik pusat P lingkaran kecil titik pusat Q. Kedua titik pusat ini kita hubungkan dengan garis yang diberi nama unsur K. Perbedaan persekutuan luar yaitu garis berada diluar lingkaran. Cara mencari rumus persekutuan luar siswa dicoba untuk merubah garis singgung lingkaran P dirubah ke garis singgung lingkaran P dan terbentuk segitiga siku-siku.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


            Keliling lingkaran dapat dihitung dengan mengetahui nilai Pi (π) dan jari-jari atau radius lingkaran (r). Untuk mengetahui rumus keliling siswa diperintahkan untuk mengukur Lingkaran tersebut dengan menggunakan tali. Lalu sebuah tali tersebut diukur menggunakan penggaris.

PENUTUP

 

Demikian buku panduan ini kami buat, kami berharap dapat berguna bagi pengguna, baik itu guru, siswa ataupun para pengguna media yang lain. Untuk menyempurnakan media yang kami buat, kami mengharapkan kritik dan saran. Buku panduan media satuan dan besaran ini diharapkan dapat mempermudah dalam penggunaannya. Sehingga dalam menggunakan media ini tidak mengalami kesulitan dalam menjelaskan programnya.

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...