Pada pendidikan membaca, belajar membaca mesti sama
melalui
keinginan
yang mau diraih. Maka dari itu , harapan membaca berbentuk:
a)
Mengetahui
menurut spesifik beserta lengkap inti bacaan
b)
Mengetahui
ide pokok/gagasan utama
c)
Menemukan
petunjuk berkenaan objek
d)
Menandai
maksud kata-kata rumit
e)
Hendak
memahami keadaan yang berlangsung dalam semua kalangan
f)
Hendak
memahami keadaan bermakna yang pada masyarakat sekitar
g)
Hendak
memperoleh kenikmatan dari karya fiksi
h)
Hendak
memperoleh informasi tentang lowongan kerja
i)
Hendak
mencari merek barang yang cocok untuk di beli
j)
Hendak
menilai kebenaran gagasan pengarang/penulis
k)
Hendak
mendapatkan alat tertentu
b)
Menyempurnakan
membaca keras
d)
Memperbaharui
pengetahuan-nya terhadap suatu topik
e)
Melibatkan
penjelasan modern pada penjelasan yang telah diketahui
f)
Mendapat
penjelasan bagi berita lisan atau tertulis
g)
Menampilkan
suatu eksperimen maupun mengaplikasikan informasi
i)
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang spesifik
3.
Langkah-langkah pembelajaran membaca
tahap-tahap
dalam pembelajaran membaca di antaranya:
a.
Membaca
permulaan atau membaca mekanik
2) Pengenalan unsur-unsur interinsik
3) Pengenalan hubungan/korespondensi pola ejaan dan bunyi
4)
Kecepatan membaca bertaraf lambat
1.
Pengertian kemampuan membaca
2.
Faktor –faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca
intelektual,
lingkungan, dan psikologis.
C. Teknik Permainan Menyusun Kata
a.
Langkah-langkah permainan menyusun kata
1.
Pendidik
menyediakan papan styrofoam bersama paku-paku kecil akan di tempelkan
2.
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok
3.
Pendidik
memberikan kertas kata pada tiap-tiap kelompok mendapatkan beberapa kertas kata
4.
Pendidik
memberikan waktu untuk berdiskusi
5.
Pendidik
membacakan satu persatu kalimat
7.
Kelompok
yang paling cepat dan paling benar dalam menyusun kata menjadi pemenangnya
b.
Kelebihan
dan kekurangan menyusun kata
1.
Membuat
peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.
2.
Membuat
peserta didik lebih kreatif dalam belajar dan berpikir.
3.
Menumbuhkan
rasa solidaritas diantara anggota kelompoknya.
4.
Materi
yang diberikan menjadi mengesankan dan selalu diingat peserta didik.
5.
Mendorong
peserta didik lebih kompetitif dan semangat untuk lebih maju.
4.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar
Pengajaran bahasa Indonesia juga dimaksudkan untuk
melatih
B.
Hasil
Penelitian yang Relevan
No comments:
Post a Comment