LAPORAN AKHIR
MAHASISWA
PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6
TAHUN 2023
https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
2023
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
MAHASISWA
Nama Kegiatan : Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun
2023
Nama Perguruan Tinggi :
Mahasiswa
- Nama Lengkap :
- NIM :
- NPSN Sekolah :
- Sekolah Penugasan : SD Negeri
- Nama DPL :
- Nama Koordinator PT :
Guru
Pamong Dosen
Pembimbing Lapangan
................ ........................
Mengetahui/Menyetujui
kampus
----------------------------------------
NIP. ...............
KATA PENGANTAR
Puji
syukur senantiasa dipanjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang berkat rahmat dan
karunianya laporan kahir individu ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat
pada waktunya. Adapun tujuan dari laporan ini adalah untuk melaporkan mengenai
kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama masa penugasan di SDN 3
Perumnas Way Halim.
Pada
kesempatan kali ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah Ibu Sarita Achyati, S.Pd.I, Guru pamong
Ibu Febrita, S.Pd., Ibu Reni , Ibu
Resti, Ibu Ana dan semua guru-guru SDN 3 Perumnas Way Halim yang telah mau
menerima kami dan selalu mensupport setiap program dan kegiatan kami dan memberikan saran-saran yang sangat
bermanfaat sehingga program-program dapat terlaksana dengan baik.
Kemudian penulis juga ingin mengucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada Dosen Pembimbing Lapangan kami Ibu Lathifah,
S.T.,M.Kom. yang selalu memberi masukan-masukan dan bimbingan sehingga kami
menjadi sangat terbantu selama penugasan. https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s Tidak lupa saya ingin mengucapkan
terima kasih kepada pihak PT yang sangat mensupport mahasiswa kampus mengajar
sehingga semua dimudahkan.
Laporan
ini tentunya jauh dari kata sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan dan
waktu yang penulis miliki, maka dari itu kritik dan saran yang membangun
senantiasa penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat membantu untuk setiap
orang yang membaca.
Bandar
lampung, 5 Desember 2023
Penulis
BAB
PEMBAHASAN
A. Hasil Analisis Kebutuhan Sekolah
Observasi dari tim kampus mengajar angkatan 6 yang
bertempat di SDN 3 Perumnas Way Halim dilakukan pada tanggal 14 Agustus-20
Agustus 2023. Dimana dari hasil observasi tersebut kami menemukan beberapa
kebutuhan sebagai berikut:
1. Perpustakaan
sekolah yang tidak layak
https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s Perpustakaan sekolah sudah berhenti digunakan sejak
tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, keadaan perpustakaan saat kami lihat sangat
berdebu, buku berantakan, barang-barang yang seharusnya tidak di perpustakaan
malah diletakkan di perpustakaan, meja-meja kelas ada di perpustakaan. Saat
melihat kondisi tersebut saya berpikir tempat tersebut lebih seperti gudang.
Karena perpustakaan merupakan tempat yang penting dari sebuah sekolah, maka
dari itu kami berencana untuk membuat program-program untuk memajukan
perpustakaan dimana program-program ini akan membantu perpustakaan menjadi
tempat yang layak disebut perpustakaan juga dapat menghidupkan kembali fungsi
dari perpustakaan.
2. Kemampuan
literasi dan numerasi siswa kurang.
Karena salah satu tujuan dari kampus mengajar adalah
untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dari siswa-siwi, dan dari
hasil masuk ke kelas, kami menemukan fakta bahwa kemampuan literasi juga
numerasi dari siswa-siswi tersebut kurang, masih terdapat anak-anak yang bahkan
baru mengenal huruf ataupun belum lancar membaca di tingkatan kelas 4 bahkan 5.
Karena fokus UNBK adalah untuk kelas 5, maka kami berencana membuat program
dimana kami akan mengajarkan mengenai soal-soal literasi dan numerasi tetapi
dengan cara yang easy going juga friendly agar mereka tidak takut untuk aktif
dalam kelas. Untuk level selain kelas 5, kami berencana untuk meningkatkan
literasi dan numerasi mereka dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan, juga
kami ingin membuat kemampuan literasi dari murid yang baru mengenal huruf
ataupun belum lancar membaca bisa ditingkatkan.
3. Pembentukan
karakter untuk siswa-siswi kelas 6
Pada saat melakukan observasi di kelas 6, kami
menyadari bahwa mereka merupakan cikal bakal penerus bangsa, maka dari itu kami
ingin menanamkan pengetahuan yang dapat tertanam dalam ingatan mereka sehingga
mungkin bisa menjadi pegangan yang merubah karakter mereka.
4. Pojok
Baca kurang di manfaatkan
Disetiap kelas sudah terdapat pojok baca yang berisi
lumayan banyak buku, tetapi kurang dimanfaatkan oleh guru-guru kelas. Sampai
ada yang sudah berdebu dan berantakan. Maka dari itu kami berniat untuk
memanfaatkan pojok baca ini melalui program yang akan kami buat, sehingga pojok
baca tidak hanya menjadi pajangan atau formalitas saja.
5.
Kebersihan yang tidak terjaga saat istirahat selesai
Ada 2 kali istirahat di SDN 3 Perumnas Way Halim,
saat jam 9 dan jam 11. Kami melihat murid-murid kerap kali membuang sampah
jajanan mereka ke sembarang tempat, mulai dari jajanan makanan yang beraneka
ragam juga minuman-minuman. Hal ini menjadi perhatian kami bagaimana cara agar mereka
setidaknya sedikit mengerti bahwa pentingnya mengerti tentang cara mengurangi
sampah.
6. Kurangnya
adaptasi pada teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran.
Dewasa ini teknologi semakin menjadi bagian dari
hidup kita, hal ini pula yang dirasakan oleh murid-murid di SDN 3 Perumnas Way
Halim khususnya kelas 6 sebagai kelas yang paling tinggi. Mereka dapat
menggunakan teknologi seperti handphone dengan baik, tetapi yang disayangkan
adalah mereka menggunakan handphone tersebut hanya untuk games dan sosial media
saja. Maka dari itu kami ingin mengenalkan kepada mereka bahwa ada aplikasi
yang akan berguna untuk mereka di masa depan, untuk mendukung kegiatan
pembelajaran mereka.
B. Perancangan Program
Dari hasil
observasi yang telah dilakukan selama di sekolah penugasan, kami membuat
beberapa program yang sudah kami diskusikan bersama guru pamong, kepala
sekolah, dan juga DPL. Dimana program-program ini berdasarkan kebutuhan
sekolah.
1.
Literasi
·
Jam Tambahan
Jam tambahan untuk kelas 5 SD
diakhir mata pelajaran. Mahasiswa akan memberikan materi mengenai literasi kepada
siswa. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi siswa dengan kegiatan
yang menyenangkan. Sasaran dari program ini adalah kelas 5, serta penanggung
jawabnya adalah mahasiswa.
·
Membaca Satu Buku Dalam Satu Bulan
Siswa diwajibkan menyelesaikan membaca
buku yang sudah dipilihkan kemudian menceritakan hasil yang diibacanya setiap
satu bulan sekali di depan kelas. Tujuan dari program ini adalah untuk membiasakan
membaca bagi siswa
memperlancar ejaan, menambah
pemahaman literasi serta menambah gudang kata juga pengetahuan siswa dari cerita
yang sudah dibaca. Sasaran program ini adalah siswa kelas 5 dan 6. Sementara
penanggung jawab dari program ini adalah mahasiswa dan guru.
·
Mengajar Membaca
Mendata anak-anak yang belum bias baca
mulai dari kelas 2 sampai kelas 6. Kegiatan mengajar membaca ini dilaksanakan
di perpustakaan. Tujuan dari dibuatnya program ini adalah agar murid yang tidak
bias membaca menjadi bisa membaca. Sasaran program ini adalah siswa kelas
2,3,4,5, dan 6. Pic program ini adalah mahasiswa.
2.
Numerasi
·
Jam Tambahan
Jam tambahan untuk kelas 5 SD
diakhir mata pelajaran. Mahasiswa akan memberikan materi. Tujuan dari program
ini adalah untuk meningkatkan
numerasi siswa dengan kegiatan
yang menyenangkan. Sasaran dari program ini adalah siswa kelas 5. Penanggung
jawab program ini adalah mahasiswa.
·
Kuis Masuk Kelas
Sebelum masuk kelas setelah
berbaris siswa diberikan pertanyaan tentang perkalian pertambahan. Jika yang
jawab nya benar bias masuk kelas terlebih dahulu. Sehingga memicu konsentrasi
siswa dan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran. Tujuan program ini agar
siswa semakin lancer dalam menghapal perkalian dan berhitung dengan cepat.
Sasaran program adalah seluruh siswa. Penanggung jawab program adalah guru.
3. Adaptasi Teknologi
·
Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Anak
Sekolah Dasar
Mahasiswa kampus mengajar
melakukan pengenalan aplikasi canva di kelas 6,
pengenalan ini dilakukan dengan
tujuan untuk meberikan pengetauan teknologi. Dengan canva memungkikan siswa
untuk mengembangka ketrampilan desain grafis secara kreatif dan menyampaikan
ide dengan cara yang menarik. Dengan
mengajarkan membuat suatu poster
di canva dapat meningkatkan kemampuan
verbal dan visual siswa. Melalui
penggunaan Canva, siswa akan terbiasa dengan alat-alat digital dan teknologi,
membantu mereka mengembangkan literasi digital sejak dini. Dengan demikian,
pelatihan adaptasi teknologi dengan Canva dapat memberikan pengalaman
pembelajaran yang berharga bagi siswa SD,
menciptakan landasan yang baik
untuk pengembangan keterampilan mereka di era digital. Manfaat dari program ini
adalah agar siswa dan siswi dapat menggunakan aplikasi Canva sehingga meningkatkan
kemampuan adaptasi teknologi mereka. Sasaran program adalah kelas 6, sementara
penanggung jawab program adalah mahasiswa.
4. Pengelolaan
dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu dan Perpustakaan
·
Kunjungan Rutin Perpustakaan
Kegiatan kunjungan rutin
perpustakaan sesuai jadwal yang telah di tetapkan. Sehingga setiap kelas
memiliki jadwal membaca setiap seminggu sekali. Dan juga didampingi oleh guru.
Manfaat dari program ini adalah agar membiasakan https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s
siswa budaya literasi dan untuk
menambah pengetahuan siswa. Program ini ditujukan kepada seluruh siswa.
Penanggung jawab program adalah mahasiswa dan guru.
·
Kartu Perpustakaan
Pembentukan kartu perpustakaan
bagi siswa yang ingin masuk dan meminjam buku. Tujuan dari program ini adalah agar
siswa menjadi tertib dan bertanggung
jawab dengan buku yang dibaca/dipinjam.
Akan dikenakan sanksi bila
terlambat mengembalikan atau menghilangkan
buku. Tujuan program adalah seluruh siswa dan penanggung jawab program adalah
mahasiswa dan guru.
·
Memajukan Perpustakaan
Memperbaiki dan memperbagus
kondisi perpustakaan yang sudah terbengkalai sejak pandemi covid. Manfaat dari
program adalah agar perpustakaan sekolah bisa digunakan seperti semestinya.
Penanggung jawab dari program ini adalah mahasiswa. Program ini merupakan
program besar dari tim kami.
5. Pengelolaan
dan Pemanfaatan Pojok Baca
·
Pemanfaatan Pojok Baca
Kegiatan ini adalah kegiatan yang bermanfaat
untuk meningkatkan literasi
dan siswa tidak hanya bisa membaca
tetapi dapat memahami konteks dari
cerita serta dapat berpikir kritis
terhadap apa yang telah di bacakan. Manfaat dari program adalah untuk meningkatkan literasi siswa kelas 1 dan 2,
dan mengaktifkan kembali pojok baca di kelas. Sasaran program adalah kelas 1,2,
dan 3. Penanggung jawab program adalah mahasiswa.
6. Pelestarian
Lingkungan atau Mitigasi Perubahan Iklim
·
Kegiatan penyuluhan 3R (Reuse,
Reduce, Recycle)
·Kegiatan
ini menjelaskan terkait 3R (reuse, reduce, recycle) bagaimana jenis, pengolahan
dan penerapannya. Harapan dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan dan
dapat diterapkan oleh siswa-siswi. Tujuan dari program ini adalah agar
siswa-siswi kelas 4,5,6 dapat menerapkan 3R dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu
dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Sasaran program adalah siswa kelas 4,5,
dan 6. Pic program adalah mahasiswa.
7. Pengembangan Karakter Siswa
·
Sosialisasi Anti Korupsi
·Kegiatan
ini merupakan kegiatan yang membantu dalam pengembangan karakter siswa kelas 6
agar memiliki pondasi karakter pemuda Pancasila. Manfaat dari program adalah agar
membentuk karakter siswa yang sesuai dengan pancasila. Sasaran program adalah
siswa kelas 6. Sementara penanggung jawab program adalah mahasiswa.
8. Kegiatan di Luar Kelas
·
Seni dan Kerajinan Tangan
Kegiatan ini adalah kegiatan kerajinan tangan dimana
siswa akan menghasilkan
suatu karya yang dapat dijual dan menghasilkan uang.
Manfaat dari adanya program ini adalah agar siswa dan siswi memiliki
keterampilan hidup dan kreatifitas siswa sedari dini untuk bekal dimasa depan.
Program ini ditujukan untuk anak kelas 4 dengan mahasiswa sebagai penanggung
jawabnya.
Dalam
rancangan aksi kolaborasi, kami juga mendapat jadwal kelas untuk masing-masing
mahasiswa. Pelaksanaan Forum Komunikasi dan Koordinasi Sekolah (FKKS) II
dilaksanakan dengan dihadiri oleh seluruh guru, kepalas sekolah dan DPL. Dimana
dalam forum ini kami mempresentasikan program-program yang sudah kami rancang
berdasarkan kebutuhan sekolah dengan menggunakan proyektor dan secara formal.
Dalam forum ini pula kami bersama guru-guru mendiskusikan mengenai
rancangan-rancangan program, penjelasan mengenai pelaksanaannya dan lain-lain.
Yang kemudian setelah kami jelaskan, program-program ini mendapat persetujuan
oleh semua guru.
C. Mitra yang Terlibat dalam Penugasan Program Kampus
Mengajar
Mitra yang terlibat dalam program
adalah sebagai berikut:
1. Kepala Sekolah
2. Guru pamong
3. Wali kelas
4. Guru mata pelajara
5. Mahasiswa PPG
Bentuk kolaborasi yang dilakukan
dengan kepala sekolah adalah penyetujuan program, mensupport dana,
mendiskusikan program, pemberitahuan kepada guru-guru. Bentuk kolaborasi yang
dilakukan dengan guru pamong adalah pemberitahuan kepada guru-guru, mendiskusikan
program, pelaksanaan program (karena guru pamong termasuk wali kelas). Bentuk
kolaborasi dengan wali kelas adalah termasuk penanggung jawab dari beberapa
program, sebagai jembatan dari mahasiswa kepada murid-murid dan wali kelas.
Bentuk kolaborasi dengan guru mata pelajaran adalah termasuk penanggung jawab
dalam beberapa program. Bentuk kolaborasi yang dilakukan dengan mahasiswa PPG
adalah mereka turut ikut dalam pelaksanaan salah satu program.
D. Pelaksanaan
AKM Kelas dan Asesmen Murid
Siswa yang mengikuti AKM kelas
berjumlah 16 dari 30 siswa, kami tidak bisa mengikutkan seluruh siswa
dikarenakan beberapa faktor seperti gawai yang tidak support, signal, kesalahan
teknis, murid yang tidak masuk, orang tua tidak membolehkan membawa gawai,
murid yang tidak ingin ikut.
Hasil pre test AKM:
Literasi: Presentase siswa menjawab
benar yaitu 48%
Numerasi: Presentase siswa menjawab
benar yaitu 25%
Hasil post test AKM:
Literasi: Presentase siswa menjawab
benar yaitu 52%
Numerasi: Presentase siswa menjawab
benar yaitu 35%
Dari uraian informasi mengenai hasil
test AKM diatas, kita dapat melihat bahwa terdapat perkembangan walau tidak
terlalu signifikan mengenai pengetahuan literasi dan numerasi mereka saat sudah
diajarkan mengenai literasi dan numerasi oleh kami tim kampus mengajar.
Peningkatan yang terjadi merupakan bentuk kerja keras oleh siswa-siswi yang
senantiasa memperhatikan pembelajaran literasi dan numerasi, juga hasil kerja
keras oleh tim kampus mengajar yang mengajarkan literasi dan numerai selama
bertugas di sekolah.
E. Implementasi Program
1.
Literasi
·
Jam Tambahan (Sudah terlaksana)
·
Membaca Satu Buku Dalam Satu Bulan
(Sudah terlaksana)
·
Mengajar Membaca (Sudah
terlaksana)
2.
Numerasi
·
Jam Tambahan (Sudah terlaksana)
·
Kuis Masuk Kelas (Sudah
terlaksana)
3.
Adaptasi Teknologi
·
Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Anak
Sekolah Dasar (Sudah terlaksana)
4. Pengelolaan
dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu dan Perpustakaan
·
Kunjungan Rutin Perpustakaan
(Sudah terlaksana)
·
Kartu Perpustakaan (Sudah
terlaksana)
·
Memajukan Perpustakaan (Sudah
terlaksana)
5. Pengelolaan
dan Pemanfaatan Pojok Baca
·
Pemanfaatan Pojok Baca (Sudah
terlaksana)
6. Pelestarian
Lingkungan atau Mitigasi Perubahan Iklim
·
Kegiatan penyuluhan 3R (Reuse,
Reduce, Recycle) (Sudah terlaksana)
7. Pengembangan
Karakter Siswa
·
Sosialisasi Anti Korupsi (Sudah
terlaksana)
8. Kegiatan
di Luar Kelas
·
Seni dan Kerajinan Tangan (Sudah
terlaksana)
F. Refleksi dan Evaluasi Implementasi Program
Dari pelaksanaan program-program, kegiatan serta
bantuan yang kami berikan kepada sekolah, banyak hal baik yang kami dan juga
sekolah dapatkan. Dari program-program yang berkaitan dengan pembelajaran
literasi dan numerasi menghasilkan pengetahuan baru bagi siswa-siswi mulai dari
kelas 1 sampai kelas 6, mahasiswa juga mendapat tambahan ilmu tentang bagaimana
mengajar literasi juga numerasi. Dari program adaptasi teknologi, murid-murid
kelas 6 menjadi tau cara menggunakan salah satu aplikasi guna membantu pembelajaran
yaitu aplikasi canva dimana dengan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan pengerjaan
seperti membuat poster, power point, design dan lain-lain.
Dari
program-program yang memfokuskan pada pemanfaatan buku bermutu dan perpustakaan
hasil yang didapatkan sangatlah banyak, seperti dengan adanya kunjungan rutin
perputakaan siswa menjadi lebih mengenal perpustakaan, menumbuhkan minat baca
sehingga menembah kemampuan literasi. Manfaat yang didapat dari program kartu
perpustakaan adalah sekolah murid-murid mempunyai kartu perpustakaan dan cara
menggunakannya, sekolah juga menjadi terbantu dengan adanya kartu perpustakaan.
Dari program memajukan perpustakaan, hasil yang
didapat sangatlah besar bagi sekolah, karena dalam program ini kami
merevitalisasi perpustakaan yang sudah berhenti digunakan sejak tahun 2020
menjadi 180% lebih bagus, nyaman dan berwarna. Dimana kami mendekor, membersihkan,
mengubah, menata, dan merawat sehingga menjadi perpustakaan yang tadinya
seperti gudang menjadi tempat yang layak baca. Dari program pemanfaatan pojok
baca, pojok baca menjadi lebih berfungsi karena dalam program ini kami berusaha
menggunakan buku-buku bacaan yang terdapat di pojok baca dan dibacakan kepada
murid-murid, program ini juga menghasilkan pengetahuan literasi kepada
murid-murid.
Hasil dari
program pelestarian lingkungan, siswa-siswi menjadi lebih mengetahui
cara-cara untuk mengurangi sampah dan dapat lebih sadar pentingnya menjaga
kebersihan lingkungan karena dalam program ini kami memberikan penyuluhan
mengenai 3R (reuse, reduce, recycle) sampah. Dari program pengembangan karakter
siswa, yaitu sosialisasi anti korupsi, siswa-siswi menjadi tau dan sadar mengenai
bahayanya korupsi sehingga dapat menjauhi korupsi. Dari program kegiatan diluar
kelas, yaitu membuat kerajinan tangan menghasilkan dampak positif yaitu
meningkatkan kreativitas bagi murid-murid yang menjadi sasaran program.
Banyak juga kegiatan lain diluar program yang kami
lakukan guna berperan menjadi tenaga bantuan yang bertuga di SDN 3 Perumnas Way
Halim, hasil yang didapatkan dari kegiatan-kegiatan ini adalah sekolah menjadi
terbantu dengan adanya kami, khsususnya guru, mereka menjadi tidak perlu repot-repot
lagi melakukan beberapa hal karena kami turut membantu contohnya mengecat pagar
sekolah, menunggu kelas, mengkoordinir siswa-siswi, membantu guru, festival
literasi dan numerasi, test AKM, dll.
Dari semua program yang sudah dilaksanakan tentu
terdapat beberapa tantangan yang dirasakan oleh kami tim kampus mengajar
angkatan 6, yaitu lebih kepada mengatur perasaan emosional karena tentu sulit
mengkoordinir anak-anak sekolah dasar serta kami juga tidak mempunyai
pengalaman untuk mengajar di sekolah dasar, untuk mengatasinya adalah belajar
untuk mengatur emosional serta mencari cara bagaimana membuat siswa-siswi mudah
untuk di koordinir. Lalu masalah dana, sebelum BBH turun tentu dana menjadi
kendala bagi kami karena program harus tetap berjalan sementara dana belum
turun jadi solusinya kami menggunakan uang kami terlebih dahulu dan jumlahnya
lumayan untuk ukuran mahasiswa.
G. Deskripsi Kegiatan Mahasiswa dan Dosen Pembimbing
Lapangan dalam Penugasan Program Kampus Mengajar
Penugasan
dimulai tanggal 14 Agustus 2023, selama
penugasan, terdapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama DPL, yaitu
kunjungan rutin DPL, sesi diskusi bersama DPL via luring juga daring, DPL kami
kerap mengunjungi kami diluar kunjungan rutin DPL. Tiap kegiatan program yang
membutuhkan DPL hadir, DPL kami selalu hadir, seperti saat FKKS II, festival
litnum dll.
H. Kesimpulan dan Saran
1.
Kesimpulan
Program-program
yang kami rancang semua berdasarkan hasil observasi kebutuhan sekolah dimana
program-program tersebut mencakup semua fokus yang terdapat pada RAK (Rancangan
Aksi Kolaborasi) sehingga total program adalah 13 program dan telah melewati
sesi diskusi bersama kepala sekolah, DPL dan juga guru pamong sehingga
program-program ini dilaksanakan atas persetujuan guru-guru. Semua program yang
tedapat dalam RAK berhasil dilaksanakan. Juga terdapat beberapa kegiatan diluar
program guna berperan sebagai tenaga bantuan yang bertugas di sekolah. Tentu
terdapat hambatan selama pelaksanaan program tetapi kami dapat mengatasinya
sehingga program-program tetap terlaksana dengan baik karena pihak sekolah
turut mensupport program seperti bersedia untuk direpotkan. DPL kami sangat
dapat diandalkan dimana beliau selalu menjadi tempat diskusi kami dan selalu
mensupport kami.
2. Saran
Saran saya
untuk kampus mengajar adalah untuk lebih ditingkatkan lagi mengenai pembagian
personil di tiap sekolah, karena di sekolah penempatan kami hanya berjumlah 4
orang yang seharusnya terdapat kuota 5 orang tentu 1 kuota ini akan sangat
berarti untuk mahasiswa-mahasiswa yang terlempar jauh sehingga mereka memilih
untuk mundur. Lalu untuk biaya bantuan sepertinya lebih baik untuk memberikan
setidaknya gaji satu bulan pada awal penugasan sehingga mahasiswa yang kurang
mampu tidak terasa tercekik. Laporan ini tentu jauh dari kata sempurna sehingga
saran dan kritik sangat diperlukan.
LAMPIRAN
1. Dokumentasi implementasi program
kerja
2. Dokumentasi kegiatan mahasiswa
bersama DPL dan para pemangku kepentingan terkait (dinas pendidikan, kepala sekolah,
guru/guru pamong)
No comments:
Post a Comment