Wednesday, December 13, 2023

LAPORAN AKHIR MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

 

LAPORAN AKHIR

MAHASISWA

PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 6 TAHUN 2023

https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI


2023

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN AKHIR

MAHASISWA

 

Nama Kegiatan                        : Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023

Nama Perguruan Tinggi

Mahasiswa                              

  1. Nama Lengkap
  2. NIM                           
  3. NPSN Sekolah           
  4. Sekolah Penugasan       : SD Negeri 
  5. Nama DPL                  
  6. Nama Koordinator PT 

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

 

Guru Pamong                                                                           Dosen Pembimbing Lapangan

 

 

 

 


           

................                                                                             ........................

 

 

Mengetahui/Menyetujui

kampus

 

 

 

 

----------------------------------------

NIP. ...............


 

 


KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur senantiasa dipanjatkan atas kehadirat Allah SWT, yang berkat rahmat dan karunianya laporan kahir individu ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari laporan ini adalah untuk melaporkan mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama masa penugasan di SDN 3 Perumnas Way Halim.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah Ibu Sarita Achyati, S.Pd.I, Guru pamong Ibu Febrita, S.Pd.,  Ibu Reni , Ibu Resti, Ibu Ana dan semua guru-guru SDN 3 Perumnas Way Halim yang telah mau menerima kami dan selalu mensupport setiap program dan kegiatan  kami dan memberikan saran-saran yang sangat bermanfaat sehingga program-program dapat terlaksana dengan baik.

Kemudian  penulis juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen Pembimbing Lapangan kami Ibu Lathifah, S.T.,M.Kom. yang selalu memberi masukan-masukan dan bimbingan sehingga kami menjadi sangat terbantu selama penugasan. https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s Tidak lupa saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak PT yang sangat mensupport mahasiswa kampus mengajar sehingga semua dimudahkan.

Laporan ini tentunya jauh dari kata sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan dan waktu yang penulis miliki, maka dari itu kritik dan saran yang membangun senantiasa penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat membantu untuk setiap orang yang membaca.

 

 

                                                Bandar lampung, 5 Desember 2023

 

Penulis                         

 


 

 


 

BAB

PEMBAHASAN

 

 

 

A. Hasil Analisis Kebutuhan Sekolah

Observasi dari tim kampus mengajar angkatan 6 yang bertempat di SDN 3 Perumnas Way Halim dilakukan pada tanggal 14 Agustus-20 Agustus 2023. Dimana dari hasil observasi tersebut kami menemukan beberapa kebutuhan sebagai berikut:

1. Perpustakaan sekolah yang tidak layak

https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s Perpustakaan sekolah sudah berhenti digunakan sejak tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, keadaan perpustakaan saat kami lihat sangat berdebu, buku berantakan, barang-barang yang seharusnya tidak di perpustakaan malah diletakkan di perpustakaan, meja-meja kelas ada di perpustakaan. Saat melihat kondisi tersebut saya berpikir tempat tersebut lebih seperti gudang. Karena perpustakaan merupakan tempat yang penting dari sebuah sekolah, maka dari itu kami berencana untuk membuat program-program untuk memajukan perpustakaan dimana program-program ini akan membantu perpustakaan menjadi tempat yang layak disebut perpustakaan juga dapat menghidupkan kembali fungsi dari perpustakaan.

 

2. Kemampuan literasi dan numerasi siswa kurang.

Karena salah satu tujuan dari kampus mengajar adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dari siswa-siwi, dan dari hasil masuk ke kelas, kami menemukan fakta bahwa kemampuan literasi juga numerasi dari siswa-siswi tersebut kurang, masih terdapat anak-anak yang bahkan baru mengenal huruf ataupun belum lancar membaca di tingkatan kelas 4 bahkan 5. Karena fokus UNBK adalah untuk kelas 5, maka kami berencana membuat program dimana kami akan mengajarkan mengenai soal-soal literasi dan numerasi tetapi dengan cara yang easy going juga friendly agar mereka tidak takut untuk aktif dalam kelas. Untuk level selain kelas 5, kami berencana untuk meningkatkan literasi dan numerasi mereka dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan, juga kami ingin membuat kemampuan literasi dari murid yang baru mengenal huruf ataupun belum lancar membaca bisa ditingkatkan.

 

3. Pembentukan karakter untuk siswa-siswi kelas 6

Pada saat melakukan observasi di kelas 6, kami menyadari bahwa mereka merupakan cikal bakal penerus bangsa, maka dari itu kami ingin menanamkan pengetahuan yang dapat tertanam dalam ingatan mereka sehingga mungkin bisa menjadi pegangan yang merubah karakter mereka.  

 

4. Pojok Baca kurang di manfaatkan

Disetiap kelas sudah terdapat pojok baca yang berisi lumayan banyak buku, tetapi kurang dimanfaatkan oleh guru-guru kelas. Sampai ada yang sudah berdebu dan berantakan. Maka dari itu kami berniat untuk memanfaatkan pojok baca ini melalui program yang akan kami buat, sehingga pojok baca tidak hanya menjadi pajangan atau formalitas saja.

 

5. Kebersihan yang tidak terjaga saat istirahat selesai

Ada 2 kali istirahat di SDN 3 Perumnas Way Halim, saat jam 9 dan jam 11. Kami melihat murid-murid kerap kali membuang sampah jajanan mereka ke sembarang tempat, mulai dari jajanan makanan yang beraneka ragam juga minuman-minuman. Hal ini menjadi perhatian kami bagaimana cara agar mereka setidaknya sedikit mengerti bahwa pentingnya mengerti tentang cara mengurangi sampah.

 

6. Kurangnya adaptasi pada teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran.

Dewasa ini teknologi semakin menjadi bagian dari hidup kita, hal ini pula yang dirasakan oleh murid-murid di SDN 3 Perumnas Way Halim khususnya kelas 6 sebagai kelas yang paling tinggi. Mereka dapat menggunakan teknologi seperti handphone dengan baik, tetapi yang disayangkan adalah mereka menggunakan handphone tersebut hanya untuk games dan sosial media saja. Maka dari itu kami ingin mengenalkan kepada mereka bahwa ada aplikasi yang akan berguna untuk mereka di masa depan, untuk mendukung kegiatan pembelajaran mereka.

 

 

B. Perancangan Program

Dari hasil observasi yang telah dilakukan selama di sekolah penugasan, kami membuat beberapa program yang sudah kami diskusikan bersama guru pamong, kepala sekolah, dan juga DPL. Dimana program-program ini berdasarkan kebutuhan sekolah.

1. Literasi

·        Jam Tambahan

Jam tambahan untuk kelas 5 SD diakhir mata pelajaran. Mahasiswa akan memberikan materi mengenai literasi kepada siswa. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi siswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Sasaran dari program ini adalah kelas 5, serta penanggung jawabnya adalah mahasiswa.

·        Membaca Satu Buku Dalam Satu Bulan

Siswa diwajibkan menyelesaikan membaca buku yang sudah dipilihkan kemudian menceritakan hasil yang diibacanya setiap satu bulan sekali di depan kelas. Tujuan dari program ini adalah untuk membiasakan membaca bagi siswa

memperlancar ejaan, menambah pemahaman literasi serta menambah gudang kata juga pengetahuan siswa dari cerita yang sudah dibaca. Sasaran program ini adalah siswa kelas 5 dan 6. Sementara penanggung jawab dari program ini adalah mahasiswa dan guru.

·        Mengajar Membaca

Mendata anak-anak yang belum bias baca mulai dari kelas 2 sampai kelas 6. Kegiatan mengajar membaca ini dilaksanakan di perpustakaan. Tujuan dari dibuatnya program ini adalah agar murid yang tidak bias membaca menjadi bisa membaca. Sasaran program ini adalah siswa kelas 2,3,4,5, dan 6. Pic program ini adalah mahasiswa.

2. Numerasi

·        Jam Tambahan

Jam tambahan untuk kelas 5 SD diakhir mata pelajaran. Mahasiswa akan memberikan materi. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan

numerasi siswa dengan kegiatan yang menyenangkan. Sasaran dari program ini adalah siswa kelas 5. Penanggung jawab program ini adalah mahasiswa.

·        Kuis Masuk Kelas

Sebelum masuk kelas setelah berbaris siswa diberikan pertanyaan tentang perkalian pertambahan. Jika yang jawab nya benar bias masuk kelas terlebih dahulu. Sehingga memicu konsentrasi siswa dan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran. Tujuan program ini agar siswa semakin lancer dalam menghapal perkalian dan berhitung dengan cepat. Sasaran program adalah seluruh siswa. Penanggung jawab program adalah guru.

3. Adaptasi Teknologi

·        Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Anak Sekolah Dasar

Mahasiswa kampus mengajar melakukan pengenalan aplikasi canva di kelas 6,

pengenalan ini dilakukan dengan tujuan untuk meberikan pengetauan teknologi. Dengan canva memungkikan siswa untuk mengembangka ketrampilan desain grafis secara kreatif dan menyampaikan ide dengan cara yang menarik. Dengan

mengajarkan membuat suatu poster di canva dapat meningkatkan kemampuan

verbal dan visual siswa. Melalui penggunaan Canva, siswa akan terbiasa dengan alat-alat digital dan teknologi, membantu mereka mengembangkan literasi digital sejak dini. Dengan demikian, pelatihan adaptasi teknologi dengan Canva dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang berharga bagi siswa SD,

menciptakan landasan yang baik untuk pengembangan keterampilan mereka di era digital. Manfaat dari program ini adalah agar siswa dan siswi dapat menggunakan aplikasi Canva sehingga meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi mereka. Sasaran program adalah kelas 6, sementara penanggung jawab program adalah mahasiswa.

 

4. Pengelolaan dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu dan Perpustakaan

·        Kunjungan Rutin Perpustakaan

Kegiatan kunjungan rutin perpustakaan sesuai jadwal yang telah di tetapkan. Sehingga setiap kelas memiliki jadwal membaca setiap seminggu sekali. Dan juga didampingi oleh guru. Manfaat dari program ini adalah agar membiasakan https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

siswa budaya literasi dan untuk menambah pengetahuan siswa. Program ini ditujukan kepada seluruh siswa. Penanggung jawab program adalah mahasiswa dan guru.

·        Kartu Perpustakaan

Pembentukan kartu perpustakaan bagi siswa yang ingin masuk dan meminjam buku. Tujuan dari program ini adalah agar siswa menjadi tertib dan bertanggung

jawab dengan buku yang dibaca/dipinjam. Akan dikenakan sanksi bila

terlambat mengembalikan atau menghilangkan buku. Tujuan program adalah seluruh siswa dan penanggung jawab program adalah mahasiswa dan guru.

·        Memajukan Perpustakaan

Memperbaiki dan memperbagus kondisi perpustakaan yang sudah terbengkalai sejak pandemi covid. Manfaat dari program adalah agar perpustakaan sekolah bisa digunakan seperti semestinya. Penanggung jawab dari program ini adalah mahasiswa. Program ini merupakan program besar dari tim kami.

 

5. Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca

·        Pemanfaatan Pojok Baca

Kegiatan ini adalah kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan literasi

dan siswa tidak hanya bisa membaca tetapi dapat memahami konteks dari

cerita serta dapat berpikir kritis terhadap apa yang telah di bacakan. Manfaat dari program adalah untuk  meningkatkan literasi siswa kelas 1 dan 2, dan mengaktifkan kembali pojok baca di kelas. Sasaran program adalah kelas 1,2, dan 3. Penanggung jawab program adalah mahasiswa.

 

6. Pelestarian Lingkungan atau Mitigasi Perubahan Iklim

·        Kegiatan penyuluhan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)

·Kegiatan ini menjelaskan terkait 3R (reuse, reduce, recycle) bagaimana jenis, pengolahan dan penerapannya. Harapan dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan dan dapat diterapkan oleh siswa-siswi. Tujuan dari program ini adalah agar siswa-siswi kelas 4,5,6 dapat menerapkan 3R dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Sasaran program adalah siswa kelas 4,5, dan 6. Pic program adalah mahasiswa.

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

7. Pengembangan Karakter Siswa

·        Sosialisasi Anti Korupsi

·Kegiatan ini merupakan kegiatan yang membantu dalam pengembangan karakter siswa kelas 6 agar memiliki pondasi karakter pemuda Pancasila. Manfaat dari program adalah agar membentuk karakter siswa yang sesuai dengan pancasila. Sasaran program adalah siswa kelas 6. Sementara penanggung jawab program adalah mahasiswa.

 

8. Kegiatan di Luar Kelas

·        Seni dan Kerajinan Tangan

Kegiatan ini adalah kegiatan kerajinan tangan dimana siswa akan menghasilkan

suatu karya yang dapat dijual dan menghasilkan uang. Manfaat dari adanya program ini adalah agar siswa dan siswi memiliki keterampilan hidup dan kreatifitas siswa sedari dini untuk bekal dimasa depan. Program ini ditujukan untuk anak kelas 4 dengan mahasiswa sebagai penanggung jawabnya.

 

Dalam rancangan aksi kolaborasi, kami juga mendapat jadwal kelas untuk masing-masing mahasiswa. Pelaksanaan Forum Komunikasi dan Koordinasi Sekolah (FKKS) II dilaksanakan dengan dihadiri oleh seluruh guru, kepalas sekolah dan DPL. Dimana dalam forum ini kami mempresentasikan program-program yang sudah kami rancang berdasarkan kebutuhan sekolah dengan menggunakan proyektor dan secara formal. Dalam forum ini pula kami bersama guru-guru mendiskusikan mengenai rancangan-rancangan program, penjelasan mengenai pelaksanaannya dan lain-lain. Yang kemudian setelah kami jelaskan, program-program ini mendapat persetujuan oleh semua guru.

 

 

C. Mitra yang Terlibat dalam Penugasan Program Kampus Mengajar

Mitra yang terlibat dalam program adalah sebagai berikut:

1. Kepala Sekolah

2. Guru pamong

3. Wali kelas

4. Guru mata pelajara

5. Mahasiswa PPG

 

Bentuk kolaborasi yang dilakukan dengan kepala sekolah adalah penyetujuan program, mensupport dana, mendiskusikan program, pemberitahuan kepada guru-guru. Bentuk kolaborasi yang dilakukan dengan guru pamong adalah pemberitahuan kepada guru-guru, mendiskusikan program, pelaksanaan program (karena guru pamong termasuk wali kelas). Bentuk kolaborasi dengan wali kelas adalah termasuk penanggung jawab dari beberapa program, sebagai jembatan dari mahasiswa kepada murid-murid dan wali kelas. Bentuk kolaborasi dengan guru mata pelajaran adalah termasuk penanggung jawab dalam beberapa program. Bentuk kolaborasi yang dilakukan dengan mahasiswa PPG adalah mereka turut ikut dalam pelaksanaan salah satu program.

 

 

D. Pelaksanaan AKM Kelas dan Asesmen Murid

Siswa yang mengikuti AKM kelas berjumlah 16 dari 30 siswa, kami tidak bisa mengikutkan seluruh siswa dikarenakan beberapa faktor seperti gawai yang tidak support, signal, kesalahan teknis, murid yang tidak masuk, orang tua tidak membolehkan membawa gawai, murid yang tidak ingin ikut.

 

Hasil pre test AKM:

Literasi: Presentase siswa menjawab benar yaitu 48%

Numerasi: Presentase siswa menjawab benar yaitu 25%

 

Hasil post test AKM:

Literasi: Presentase siswa menjawab benar yaitu 52%

Numerasi: Presentase siswa menjawab benar yaitu 35%

 

Dari uraian informasi mengenai hasil test AKM diatas, kita dapat melihat bahwa terdapat perkembangan walau tidak terlalu signifikan mengenai pengetahuan literasi dan numerasi mereka saat sudah diajarkan mengenai literasi dan numerasi oleh kami tim kampus mengajar. Peningkatan yang terjadi merupakan bentuk kerja keras oleh siswa-siswi yang senantiasa memperhatikan pembelajaran literasi dan numerasi, juga hasil kerja keras oleh tim kampus mengajar yang mengajarkan literasi dan numerai selama bertugas di sekolah.

 

E. Implementasi Program

1. Literasi

·        Jam Tambahan (Sudah terlaksana)

·        Membaca Satu Buku Dalam Satu Bulan (Sudah terlaksana)

·        Mengajar Membaca (Sudah terlaksana)

2. Numerasi

·        Jam Tambahan (Sudah terlaksana)

·        Kuis Masuk Kelas (Sudah terlaksana)

3. Adaptasi Teknologi

·        Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Anak Sekolah Dasar (Sudah terlaksana)

4. Pengelolaan dan Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu dan Perpustakaan

·        Kunjungan Rutin Perpustakaan (Sudah terlaksana)

·        Kartu Perpustakaan (Sudah terlaksana)

·        Memajukan Perpustakaan (Sudah terlaksana)

5. Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca

·        Pemanfaatan Pojok Baca (Sudah terlaksana)

6. Pelestarian Lingkungan atau Mitigasi Perubahan Iklim

·        Kegiatan penyuluhan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) (Sudah terlaksana)

7. Pengembangan Karakter Siswa

·        Sosialisasi Anti Korupsi (Sudah terlaksana)

8. Kegiatan di Luar Kelas

·        Seni dan Kerajinan Tangan (Sudah terlaksana)

 

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

F. Refleksi dan Evaluasi Implementasi Program

Dari pelaksanaan program-program, kegiatan serta bantuan yang kami berikan kepada sekolah, banyak hal baik yang kami dan juga sekolah dapatkan. Dari program-program yang berkaitan dengan pembelajaran literasi dan numerasi menghasilkan pengetahuan baru bagi siswa-siswi mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, mahasiswa juga mendapat tambahan ilmu tentang bagaimana mengajar literasi juga numerasi. Dari program adaptasi teknologi, murid-murid kelas 6 menjadi tau cara menggunakan salah satu aplikasi guna membantu pembelajaran yaitu aplikasi canva dimana dengan menggunakan aplikasi ini dapat memudahkan pengerjaan seperti membuat poster, power point, design dan lain-lain.

Dari program-program yang memfokuskan pada pemanfaatan buku bermutu dan perpustakaan hasil yang didapatkan sangatlah banyak, seperti dengan adanya kunjungan rutin perputakaan siswa menjadi lebih mengenal perpustakaan, menumbuhkan minat baca sehingga menembah kemampuan literasi. Manfaat yang didapat dari program kartu perpustakaan adalah sekolah murid-murid mempunyai kartu perpustakaan dan cara menggunakannya, sekolah juga menjadi terbantu dengan adanya kartu perpustakaan.

Dari program memajukan perpustakaan, hasil yang didapat sangatlah besar bagi sekolah, karena dalam program ini kami merevitalisasi perpustakaan yang sudah berhenti digunakan sejak tahun 2020 menjadi 180% lebih bagus, nyaman dan berwarna. Dimana kami mendekor, membersihkan, mengubah, menata, dan merawat sehingga menjadi perpustakaan yang tadinya seperti gudang menjadi tempat yang layak baca. Dari program pemanfaatan pojok baca, pojok baca menjadi lebih berfungsi karena dalam program ini kami berusaha menggunakan buku-buku bacaan yang terdapat di pojok baca dan dibacakan kepada murid-murid, program ini juga menghasilkan pengetahuan literasi kepada murid-murid.

Hasil dari  program pelestarian lingkungan, siswa-siswi menjadi lebih mengetahui cara-cara untuk mengurangi sampah dan dapat lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan karena dalam program ini kami memberikan penyuluhan mengenai 3R (reuse, reduce, recycle) sampah. Dari program pengembangan karakter siswa, yaitu sosialisasi anti korupsi, siswa-siswi menjadi tau dan sadar mengenai bahayanya korupsi sehingga dapat menjauhi korupsi. Dari program kegiatan diluar kelas, yaitu membuat kerajinan tangan menghasilkan dampak positif yaitu meningkatkan kreativitas bagi murid-murid yang menjadi sasaran program.

Banyak juga kegiatan lain diluar program yang kami lakukan guna berperan menjadi tenaga bantuan yang bertuga di SDN 3 Perumnas Way Halim, hasil yang didapatkan dari kegiatan-kegiatan ini adalah sekolah menjadi terbantu dengan adanya kami, khsususnya guru, mereka menjadi tidak perlu repot-repot lagi melakukan beberapa hal karena kami turut membantu contohnya mengecat pagar sekolah, menunggu kelas, mengkoordinir siswa-siswi, membantu guru, festival literasi dan numerasi, test AKM, dll.

Dari semua program yang sudah dilaksanakan tentu terdapat beberapa tantangan yang dirasakan oleh kami tim kampus mengajar angkatan 6, yaitu lebih kepada mengatur perasaan emosional karena tentu sulit mengkoordinir anak-anak sekolah dasar serta kami juga tidak mempunyai pengalaman untuk mengajar di sekolah dasar, untuk mengatasinya adalah belajar untuk mengatur emosional serta mencari cara bagaimana membuat siswa-siswi mudah untuk di koordinir. Lalu masalah dana, sebelum BBH turun tentu dana menjadi kendala bagi kami karena program harus tetap berjalan sementara dana belum turun jadi solusinya kami menggunakan uang kami terlebih dahulu dan jumlahnya lumayan untuk ukuran mahasiswa.

 

 

G. Deskripsi  Kegiatan Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan dalam Penugasan Program Kampus Mengajar

Penugasan dimulai  tanggal 14 Agustus 2023, selama penugasan, terdapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama DPL, yaitu kunjungan rutin DPL, sesi diskusi bersama DPL via luring juga daring, DPL kami kerap mengunjungi kami diluar kunjungan rutin DPL. Tiap kegiatan program yang membutuhkan DPL hadir, DPL kami selalu hadir, seperti saat FKKS II, festival litnum dll.

 

H. Kesimpulan dan Saran

1. Kesimpulan

Program-program yang kami rancang semua berdasarkan hasil observasi kebutuhan sekolah dimana program-program tersebut mencakup semua fokus yang terdapat pada RAK (Rancangan Aksi Kolaborasi) sehingga total program adalah 13 program dan telah melewati sesi diskusi bersama kepala sekolah, DPL dan juga guru pamong sehingga program-program ini dilaksanakan atas persetujuan guru-guru. Semua program yang tedapat dalam RAK berhasil dilaksanakan. Juga terdapat beberapa kegiatan diluar program guna berperan sebagai tenaga bantuan yang bertugas di sekolah. Tentu terdapat hambatan selama pelaksanaan program tetapi kami dapat mengatasinya sehingga program-program tetap terlaksana dengan baik karena pihak sekolah turut mensupport program seperti bersedia untuk direpotkan. DPL kami sangat dapat diandalkan dimana beliau selalu menjadi tempat diskusi kami dan selalu mensupport kami.

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

2. Saran

Saran saya untuk kampus mengajar adalah untuk lebih ditingkatkan lagi mengenai pembagian personil di tiap sekolah, karena di sekolah penempatan kami hanya berjumlah 4 orang yang seharusnya terdapat kuota 5 orang tentu 1 kuota ini akan sangat berarti untuk mahasiswa-mahasiswa yang terlempar jauh sehingga mereka memilih untuk mundur. Lalu untuk biaya bantuan sepertinya lebih baik untuk memberikan setidaknya gaji satu bulan pada awal penugasan sehingga mahasiswa yang kurang mampu tidak terasa tercekik. Laporan ini tentu jauh dari kata sempurna sehingga saran dan kritik sangat diperlukan.

 


 

LAMPIRAN

 

 

1. Dokumentasi implementasi program kerja

 

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

2. Dokumentasi kegiatan mahasiswa bersama DPL dan para pemangku kepentingan terkait (dinas pendidikan, kepala sekolah, guru/guru pamong)

 https://www.youtube.com/watch?v=2qvMQim2HV4&t=72s

 

 

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...