Thursday, December 21, 2023

 

RANCANGAN TEKNOLOGI PROPOSAL MINI


Judul        : Upaya Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Quizizz di SMP

 

 

A.     Latar Belakang

Tujan pendidikan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 3 yakni: “ tujuan pendidikaan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab “

Self confidence atau kepercayaan diri sangat penting dimiliki oleh seorang siswa agar dapat mengaktulisasikan diri dan membantu siswa meraih prestasi dalam berlajar di sekolah. Syaiful Bahri Djamarah (2008: 47) menyatakan bahwa percaya pada diri sendiri diri adalah modal dasar untuk meraih kesuksesan dalam belajar. Salah satu cara untuk berhasil dalam belajar adalah dengan menyelesaikan tugas dengan optimal.

Berbagai layanan bimbingan dan -konseling dalam membangun dan -mengembangkan self confidence atau – kepercayaan diri. Dengan mengetahui sejauh mana siswa mempunyai self confidence atau kepercayaan diri,mengetahui penyebab siswa tidak memiliki self confidence atau kepercayaan diri yang rendah, maka guru BK mempunyai program yang tepat untuk mengoptimalkan layanan yang diberikan.

Kurangnya kepercayaan diri dan tidak mampu menilai kemampuan dalam dirinya, merasa terasing karena memiliki keyakinan bahwa dirinya tidak dicintai, terlalu lemah dalam mengakui kekurangan, peka terhadap kritik, terbenam dalam masalah-masalah pribadi dan melarikan diri dari interaksi sosial (Coopersmith 1967:230)

Kepercayaan diri merupakan faktor yang dapat menentukan sukses tidaknya siswa dalam meraih cita-cita atau tujuan hidup. Kepercayaan diri merupakan kunci sukses yang dapat membantu individu (siswa) dalam membuka pintu kebahagiaan dan faktor penting yang menimbulkan perbedaan besar antara sukses dan gagal. Hal ini dapat diartikan bahwa siswa yang memilik kepercayaan diri akan sukses (beruntung), sedangkan yang tidak memiliki kepercayaan diri akan gagal (rugi). Jadi kepercayaan diri merupakan keharusan bagi setiap siswa. Setiap siswa membutuhkan kepercayaan diri agar kesuksesan dalam semua bidang dapat tercapai. kurang memiliki kepercayaan diri pada individu (siswa) hanya dapat dirasakan langsung oleh dirinya. Seseorang dapat melihat kurang percaya diri pada individu lain melalui gejala-gejala yang tampak pada tingkah lakunya.

Seperti yang telah dikatakan oleh El Quusy (dalam Daradjad, 2001:144) bahwa:“Gejala-gejala kurang memiliki kepercayaan diri adalah pengecut, menyendiri, ragu-ragu, pesimis, kurang perhatian terhadap pekerjaan itu dan menyalahkan suasana apabila ia gagal padanya”.

Sebuah inovasi alat bantu pembelajaran berbasis digital yang mudah diaplikasikan yaitu Quizizz , Quizizz adalah salah satu program yang beguna dalam membuat kuis interaktif dan dianggap mampu untuk mengantikan kuis/penilaian ulangan tidak lagi menggunakan pena dan kertas, yang biasa terlihat kurang menarik (Palupi, 2012). Aplikasi Quizizz yang dianggap efektif dipakai untuk melakukan evaluasi pembelajaran siswa, dengan penggunaan aplikasi Quizizz yang praktis dan mudah, daya nalar siswa terhadap butir pertanyaan bisa dijawab dengan baik. Sehingga para guru tidak akan kesulitan untuk melakukan pengoreksian hasil jawaban dari peserta didik (Rajagukguk, 2020).

Quizizz dapat memperlihatkan data dan statistik yang berkaitan dengan kinerja peserta didik. Guru bisa memeriksa jumlah siswa yang telah menjawab dan juga yang belum menjawab soal,yang sudah di buat melalui aplikasi Quizizz. Selain itu guru juga bisa mengunduh hasil statistik dalam bentuk Ms.Excel. dalam penggunaannya Quizizz tidak membutuhkan layar infocus/ proyektor alat bantu dan tidak membutuhkan LCD untuk menampilkan soal, karena setiap soal maupun jawaban yang benar sudah langsung di tampilkan melalui layar pengguna masing-masing baik layar smartphone, tablet maupun layar komputer/PC. Pengunaan kata dalam pembuatan soal  juga tidak memiliki batasan jumlah, sehingga peserta didik akan menjadi lebih fokus dalam pengerjaan soal kuis dalam aplikasi Quizizz, karena soal yang di kerjakan para peserta didik berbeda-beda dengan lainnya dikarenakan soal kuis tersebut bisa otomatis tersusun acak.

B.     Rumusan masalah

1.    Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat melatih pemahaman serta kemampuan Self Confidence peserta didik

2.    Memanfaatkan media pembelajaran dalam menjalankan layanan BK

3.    Inovasi dan mengembangkan kreativitas dalam memberikan layanan dan pembelajaran.

 

C.     Tujuan Penelitian

1.    Ingin mengembangkan Self Confidence melalui media pembelajaran melalui Quizizz di SMP Negeri 13 Bandar Lampung.

2.    Menjadikan media pembelajaran siswa yang menarik untuk siswa dalam memahami percaya diri melalui media pembelajaran Quizizz di SMP Negeri 13 Bandar Lampung.

3.     Peserta didik dapat implementasikan  dari self confidence.

 

D.    Manfaat Penelitian :

1.    Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama dalam dunia pendidikan melalui inovasi dalam memberikan layanan.

2.    Menambah pengalaman dalam melakukan penelitian.

3.    Hasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat melalui pemikiran dan sebagai masukan saran maupun kritik bagi peneliti lain.

 

E.     Tinjauan pustaka :

1.      Dimyati dan Mujiono (1999:245) menyatakan bila kepercayaan diri siswa

timbul maka siswa akan mampu untuk berhasil dalam belajar dan bila ketidak kepercayaan diri begitukuat, maka diduga siswa akan takut belajar. Maka self confidence atau kepercayaan diri sangat penting dimiliki oleh siswa agar dapat mencapai prestasi.

2.      Menurut Sukiman (2012 : 29) Ialah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa sehingga mau merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa dalam proses belajar sehingga berdampak pada tujuan yang ingin dicapai.

3.      Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan pada saat proses belajar mengajar yaitu untuk menyampaikan informasi agar dapat menumbuhkan motivasi, dan minat dalam belajar (Arsyad, 2015/10).

4.      Menurut (Cahyani dan Rosy, 2020: 64) Quizizz adalah sebuah perangkat permainan dalam game digital yang merupakan kegiatan dalam kelas multiplayer yang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Melalui aplikasi ini memungkinkan peserta didik dapat berlatih pembelajaran melalui komputer, Ipad, tablet, dan smartphone.

 

F.      Penelitian terdahulu:

1.    Anggraeni, Reni,  (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Siswa Smp Melalui Model Teams Games Tournament  Berbantuan Quizizz. , FKIP UNPAS.

2.    Fariz Iqbal. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling (Bk) DalamMeningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan LayananKonseling Individual Di MTsN 9 Cirebon.

3.    Arum Oktavia Sari (2019) dengan judul Google Slide dan Quizizz dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Matematika.

 

G.     Variabel Pokok / Utama Yang Diteliti :

Variabel utama dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Quizizz dan Self Confidence.

 

H.    Indikator Variabel :

1.         Media Pembelajaran Quizizz

· Relevansi (Media Pembelajaran memiliki kesesuaian dengan tujuan pembelajaran)

· Kemampuan guru (lebih mudah untuk menyampaikan materi)

· Kemudahan penggunaan (media pembelajaran dalam mengoperasikannya).

· Ketersediaan (sarana dan prasarana mencukupi)

· Kebermanfaatan (media pembelajaran memiliki kegunaan)

2.         Kreativitas Guru:

·        Guru dapat menciptakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang inovatif dan baru

·        Belum ada sebelumnya

·        Memudahkan

·        Membuat hasil yang lebih baik

3.         Self confidence:

·        Percaya Kemampuan

·        Bertindak mengambil keputusan

·        Mempunyai konsep positif

·        Berani mengungkapkan pendapat

 

I.       Alat Dan Model Analisis :

Gambar siklus PTK Arikunto (2019 : 97)

Model penelitian ini mengunakaan Metode Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK). Yaitu bentuk penelitian yang bersifat secara langsung dengan melaukan tindakan – tindakan dapat mamperbaiki dan meningkatkaan hal- hal yng dinginkan demi tercapainnya tujuan.

·        Prosedur penelitian

Penelitian ini di laksanakan dalm dua siklus. Yaitu ada siklus 1 dan siklus 2 dalam sikus 1 berisi dua kali pertemuan, sedangkan siklus 2 terdiri dari perencanaan, tindakaan, pengamatan, dan refleksi.

·        Siklus 1

a)      Perencanaan (Planning)

·     Membuat rencna tindakan kegiatan yag tepat untuk membangun Self Confidence peserta didik.

·     Membuat pedoman observasi untuk prserta didik sesuai kebutuhannya.

b)      Pelaksanaan Tindakan (Action)

·        Peneliti dan prserta didik berdiskusi materi apa yang ingin digunakaan dalam media pembelajarab Quizizz

·        Konselor menetapkan beberapa kelas yang akan mengikuti  media pembelajaran Quizizz

c)      Pengamatan (observation)

·        Peneliti mengamati siswa yang akan mengikuti kegiatan kuis media pembelajran Quizizz

·        Peneliti melakukan observasi kepada siswa yang telah diberikan layanan media pembelajaran Quizizz

d)      Refleksi (reflection)

·        Refleksi dilakukan untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan proses yang berlangsung pada siklus I. Kekurangan dapat diperbaiki disiklus selanjutnya dan juga dapat menentukan solusi yang tepat.

Teknik pengumpulan data mengunakaan : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Angket, 4. Dokumentasi.

Penelitian ini menggunakan analisis data deskritif kualitatif, data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelasanaan siklus PTBK, baik data kualitatif dan kuantitatif secara deskriptif.

Keterangan :

P : presentase

F : frekuensi siswa dalam suatu kegiatan

N : jumlah siswa keseluruhan.

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...