RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ......................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi
: 1. Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Personal Life
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran,
siswa dapat:
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan suatu percakapan secara berani (
courage )
b. Melengkapi keterangan pada gambar
c. Merespon pertanyaan
d. Merespon instruksi
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.
Materi Pembelajaran
a.
Communication
Practice (halaman 3, 4, 13, 14, 25, 51)
·
Rekaman dan
script dialog
·
Rekaman
percakapan, gambar dan pilihan jawaban
b.
Recalling
Vocabulary ( halaman 2)
·
Rekaman dan
gambar
c.
Grammar Practice
(halaman 8, 16)
·
Penjelasan dan
latihan
3.
Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.
Langkah-langkah Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab tentang gambar
·
Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut
kompetensi yang harus dikuasi siswa
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara
tekun
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik dengan bertanggung Jawab
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.
Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan
: Kaset/CD
b. Narasumber, Kaset/CD
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang
relevan
6.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon Ungkapan-ungkapan :
- sapaan orang yang sudah / belum dikenal
- Perkenalan diri
sendiri / orang lain
-Perintah / larangan
|
Merespon ungkapan /
pertanyaan secara lisan dan tertulis
|
- Pertanyaan
lisan
|
1. Listen to the
expression and give response orally
1. Good morning. How are you ?
………………………………..
2. Hi, I ‘m
………………………………..
3. Are you Anisa ?
…………………………
4. Hello, it’s nice to meet you
…………………………..
5. Who is that girl
……………………….
II. Listen to the
expression and choose the best responses,
A, B, C, or D
1. A.
: Hello, how are /
B
: ……….
a. Yes, it is c. Thank you
b. I ‘ Renny d. Don’t worry
2. A
: Is that your sister, Anna ?
B
: ………….
a. Yes, it is
b. I don’t know
c.
No, she is not here
d.
Very well thanks
3. A
: Budi, this is my friend, Susan
B
: Hi, Susan…….
a. Fine, thank
c. Nice to see you
b. It ‘s OK
d. I
‘m alright
|
a. Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Isi benar, tata bahasa
benar
Isi benar, tata bahasa
kurang tepat
Isi dan tata bahasa
kurang tepat
Tidak menjawab
|
3
2
1
0
|
II.
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
|
2
0
|
b. Kunci Jawaban. : Terlampir
c Pedoman Penilaian.
1.Untuk No. 1 tiap jawaban benar skor 3
2.Untuk No. II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.Jumlah skor maksimal
I 5 x 3 = 18
i.
II 5 x 2 = 10
ii.
Jumlah 25
4.Nilai maksimal 10
Skor
Perolehan
5.Nilai
Siswa = X 10
Skor Maksimal
d. Nilai akhir
Mengetahui;
Kepala
Sekolah ....................
(
....................................................... )
NIP /NIK
:
.....................................
|
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,
( .............................................. )
NIP /NIK
: ..............................
|
No comments:
Post a Comment