Friday, January 13, 2017

MAKALAH LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG


Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi yang berkembang saat ini, salah satunya adalah blog atau weblog yang merupakan salah satu situs di internet.









Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com (diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu) yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.” Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Blog merupakan singkatan dari "web log". Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan orang yang mengguakan blog (bloger). Adapun jens-jenis blog yang sering di gunakan oleh para bloger adalah sebagai berikut:

a)      Personal Blog
Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
b)      Blog bertopik
Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu
c)      Blog kesehatan
Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
d)     Blog sastra
Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
e)      Blog perjalanan
Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
f)       Blog riset
Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
g)      Blog hukum
Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
h)      Blog media
Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televise
i)        Blog agama
Membahas tentang agama
j)        Blog pendidikan
Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
k)      Blog kebersamaan
Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
l)        Blog petunjuk (directory)
Berisi ratusan link halaman website.

m)    Blog bisnis
Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
n)      Blog pengejawantahan
Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
o)      Blog pengganggu (spam)
Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
p)      Blog politik
Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).

1.Sarana promosi diri.
Manfaat blog yang kedua adalah sebagai media promosi diri. Kamu yang berprofesi di bidang apapun bisa memperkuat pandangan orang tentang diri Kamu. Dengan menulis di blog, orang lain yang membaca akan lebih mengenal Kamu baik secara personal maupun secara impersonal. Di blog Kamu juga bebas mengungkapkan ideologi Kamu dan menyebarkan pesan-pesan yang baik.

2. Sarana belajar menulis.
 Dengan memiliki blog, Kamu wajib menulis bagaimanapun caranya. Blog Kamu harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel atau cerita yang bisa Kamu buat sendiri. Memang Kamu bisa mengambil bahan dari tempat lain. Namun alangkah baiknya Kamu mencoba untuk menulis sendiri karena dengan demikian Kamu akan memperoleh manfaat yang lebih dari blog ini.

3. Sarana promosi produk dan jasa.
Banyak orang yang menggunakan blog sebagai sarana promosi. Jika dulu Kamu harus membuat sebuah website sebagai toko online untuk menjual produk, maka saat ini blog juga bisa menjadi toko online Kamu.

4. Di blog, Kamu bisa memaparkan berbagai informasi produk yang Kamu jual.
Kamu juga bisa menampilkan gambar dan foto produk yang Kamu jual. Selain itu, Kamu juga bisa menjelaskan prosedur dan tata cara pembelian produk dan jasa Kamu. Blog mempermudah promosi online dan manfaat blog ini begitu besar terasa bagi para penjual barang dan jasa karena luasnya cakupan promosi.

5. Tempat curahan hati.
Manfaat blog lainnya yang juga bisa Kamu raih adalah sebagai tempat curhat dan menulis diari serta perjalanan hidup Kamu. Kalau dulu Kamu harus menulis diari dalam sebuah buku, saat ini Kamu bisa melakukannya secara online.

6. Sumber penghasilan.
Penghasilan bisa Kamu peroleh saat produk Kamu berhasil dijual melalui blog. Namun ada cara lain untuk meraih penghasilan dengan memanfaatkan blog. Jika Kamu tahu tentang Adsense yang ditawarkan oleh Google, maka Kamu akan tahu bahwa blog juga bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense Google. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri pada Adsense Google, kemudian menambahkan kode Adsense Google di blog Kamu. 

Situs milik Google ini merupakan situs penyedia blogging laris paling laris dan diminati banyak orang (termasuk tehnoz). Dengan menggunakan blogger, kita dapat membuat blog menggunakan domain .blogspot.com. Untuk fitur, tampaknya sudah lebih dari cukup. Blogger cukup sering melakukan update terhadap layanan blogging-nya. Tidak heran jika Blogger memiliki fitur yang sangat lengkap dibanding yang lainnya. Kelebihan blogger yang saya suka yaitu kita bisa membuat blog sebanyak apapun hanya dengan satu account!

Layanan blogging ciptaan Matt Mullenweg ini memiliki fitur segudang untuk membuat sebuah blog. Wordpress juga menyediakan CMSnya sendiri, dan CMS ini merupakan yang terbanyak digunakan webmaster. Menurut saya sih wordpress tetap lebih unggul dibanding blogger. Fiturnya sangat lengkap dan pilihan template-nya sangat banyak. Selain itu wordpress menggunakan php sehingga banyak sekali webmaster yang turut mengembangkannya. Kekurangannya mungkin di sisi interface. Walaupun memiliki interface yang menarik, tetap saja newbie akan kebingungan saat pertama kali menggunakan wordpress.

Dari segi design dan interface, Multiply memiliki keunggulan sendiri dibanding yang lainnya. Saya sendiri sih menganggap Multiply merupakan perkawinan antara layanan blogging dengan social networking. Selain posting artikel, di Multiply kita bisa sharing foto, video, wall post, dll

Inilah situs layanan blogging buatan anak bangsa yang banyak digunakan pengguna internet. Blog detik sendiri adalah anak dari situs berita nomor satu, Detik.com. Jika posting kita berkualitas, akan ditempel di halaman utama situs-situs berita detik. Jadi jangan heran jika artikel kita mungkin bisa dibaca puluhan ribu orang dalam 1 minggu! Blog detik sendiri menggunakan engine dari wordpress.

Untuk buat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.
1.      Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
2.      Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai memulai pembuatan blog anda.
3.      Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk bikin blog baru anda. Di dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.
4.      Panduan untuk anda: 
o    Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang anda pilih mengandung kata kunci yang anda targetkan. Atau sembarang saja jika anda berniat mengganti subdomain blogspot anda dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll). 
o    Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain anda bisa tepat sama dengan kata kunci yang anda kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun) 
5.      Setelah anda selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai

2.8 Cara Membuat Emai Gmail
·         Pertama-tama kita buka URL Gmail (bisa dicari di google) atau mengetik langsung alamat ini mail.google.com atau ini gmail.com di browser Anda. Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. 

  • Klik tulisan 'Create an account (membuat akun)' di dalam kotak berwarna merah diatas, dan tampilan berikutnya seperti dibawah ini. Isi semua kotak isian sesuai dengan data pribadi Anda, lalu klik 'Next Step' jangan lupa centang 'I agree to the google' 



  • Selamat email Anda telah jadi, pada tampilan seperti dibawah ini, klik saja 'Continue to Gmail' dan akan akan dibawah kehalaman email pribadi Anda. 

Cara memposting tulisan atau artikel di blog
1.      Ketik blogger.com. kemudian klik enter pada keyboard komputer / laptop / notebook anda.
2.      Masukkan email anda.
3.      Masukkan sandi anda.  
4.      Klik masuk. 
5.      Klik ikon / lambang pinsil. 
6.      Masukkan judul artikel / tulisan anda.
7.      Masukkan artikel / tulisan anda 

2.9 Cara memposting tulisan di blog
1.      Ketik situs www.blogger.com pada browser
2.      Isi Username dan password , tekan Enter
3.      Setelah itu akan masuk ke dashboard blogger
4.      Klik saja tombol yang bergambar pensil ( sebelah kiri atas )
5.      Lalu akan terlihat ruang kosong lebar ( Pada gambar : bagian A ) yang digunakan untuk menulis artikel.Pada bagian ini Anda bebas menulis apa saja yang diinginkan. Dan jika mau membuat gambar dari komputer untuk ditampilkan di blog maka klik saja bagian F untuk upload gambar tersebut. Dan pada baris ini pula terdapat fasilitas untuk dapat membuat tulisan miring, tebal, besar, undo redo, meratakan tulisan.
6.      Jika selesai menulis artikel buatlah judul pada kolom E dan jangan lupa tekan tombol save ( simpan ) pada bagian C setiap saat bila perlu.
7.      Gunakan menu pada bagian sebelah kanan layar antara lain :
  • Label    : untuk membedakan jenis artikel per bagian / label
  • Jadwal : biarkan default saja ( gak usah diutak-atik)
  • Link     : pada bagian ini untuk memberikan nama tautan khusus untuk artikel yang sedang ditulis, biarkan dalam default ( tautan permanen otomatis ), biarkan tautan judul dan tautan lampiran default juga dan klik selesai
  • Lokasi   (biarkan default , jangan diklik)
  • Deskripsi Penelusuran : jika Anda melihat bagian ini berarti Anda tinggal menulis deskripsi yang menggambarkan artikel yang sedang ditulis, dan hal ini pula yang membantu proses pencarian pada search engine.
  • Pilhan : Biarkan default saja, terkecuali Anda tidak ingin ada yang memberikan komentar pada artikel ini, klik saja "jangan bolehkan, sembunyikan yang ada"
8.      Setelah dirasa selesai settingannya, klik tombol "Publikasikan"  ( B ), Dan dengan demikian postingan blog sudah dapat dibaca oleh khalayak umum ( diterbitkan ),  Tetapi jika hanya mengklik "simpan" (C) maka postingan blog tidak akan bisa dibaca oleh orang lain, dan tersimpan dalam bentuk "draft".

Klik saja "Pratinjau" ( D ) untuk melihat bentuk postingan blog sementara, dan dapat diperbaiki kembali jika dirasakan ada yang kurang.

Sesaat setelah menekan tombol publikasi, Sebaiknya menggunakan metode berbagi di Google+ yang merupakan salah satu tehnik untuk mendapatkan trafik blog. Jadi jangan segan-segan untuk menambahkan teman di Google Plus tersebut.

2.11 Cara Mengubah Template Menggunakan Template Dari Luar
Langkah Pertama
Silahkan pilih template yang diinginkan BTemplates atau penyedia jasa template gratis lainnya, lalu download. Biasanya file dala bentuk ZIP , silahan di Extrac dulu. Jangan lupa di  copy dulu template yang ada, untuk berjaga jaga apabila anda gagal.

 Langkah Kedua :
1.      Seperti biasa, masuk di Dashboard, klik Template
2.      Klik Cadangan/Pulihkan (Sebelah Kanan Atas)
3.      Akan Muncul Tulisan "Sebelum mengedit template Anda, Anda mungkin ingin menyimpan sebuah salinan dari template tersebut."...  
4.      Klik "Unduh Lengkap Template"
5.      Dibawah tulisan "Unggah template dari file di hard drive Anda.", masukkan file yang anda download tadi
6.      Jika suda, "Unggah"
7.      Dan.... jika sukses, hancurlah blog anda dengan template lama
8.      Lakukan Pengeditan sebagaimana biasa, Tata Letak dan sebagainya.

2.12 Cara Mengubah Template Dengan Menggunakan Template Yang Ada
1.      Login ke Blogger.com
2.      Masuk ke Dashboard
3.      Pilih menu di sebelah kiri yang bertuliskan ‘template’
4.      Klik tulisan ‘Cadangkan/Pulihkan’ – Ini akan terlihat di samping kanan setelah anda mengklik tulisan ‘template’ di atas. Setelah itu tinggal klik juga tulisannya dan akan muncul halaman kecil.
5.      Upload template blog dengan meng-klik tombol “Telusuri” 
6.      Jika sudah dipilih selanjutnya klik ‘Unggah’ seperti keterangan di atas. Pastikan nama filenya tidak salah dan sesuai dengan yang anda inginkan karena bisa jadi salah klik atau sebagainya.
7.      Tunggu beberapa menit dan proses ganti template pun sudah tuntas.

Selanjutnya yang harus dilakukan setelah ini adalah dengan jalan mengotak atik warnanya dan berbagai pengaturan lain, misalnya mengganti jenis fontnya, merubah ukuran tulisan pada postingannya, atau pun mengganti gambar yang ada dengan yang lain, semua itu hanya bisa dilakukan setelah kita tahu cara ganti template di atas.

BAB III
PENUTUP

Dalam membuat sebuah blog dibutuhkan pengetahuan yang dalam mengenai situs ini. Karena tidak semudah yang kita bayangkan. Blog adalah salah satu situs yang memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengekspresikan kreatifatas baik itu berupa puisi, makalah maupun hal-hal yang bersifat negatif, intinya kita jangan sampai menjadi golongan pengguna bentuk negatif .

3.2 Saran
Saran dari penyusun gunakanlah apa yang kalian tau tentang teknologi untuk suatu kebaikan bukan kemudaratan.



3 comments:

  1. Terimakasih sangat membantu saya sebagai blogger pemula di Makalah-NKP

    ReplyDelete
  2. blognya sangat bermnafaat dan berguna kak terima kasih
    salam chris febriyana zamri ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...