RENCANA
PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
Fakultas : Keguruan dan Ilmu
Pendidikan
Program
Studi : Bimbingan dan
Konseling
Nama
Matakuliah/Bobot : Evaluasi
Bimbingan dan Konseling/3 SKS
Kode
Matakuliah : KON
612304
Tahun Akademik :
Ganjil 2016
Semester :
5 (Lima)
Matakuliah
Prasyarat :
Dosen
Pengampu : ..
Capaian Pembelajaran
Matakuliah/Kompetensi:
1.
Mampu memanfaatkan sumber
belajar sebagai informasi mengenai evaluasi bimbingan dan konseling yang
mendukung proses pelaksanaan evaluasi dalam BK
2.
Mampu menguasai
konsep-konsep, tujuan, fungsi, prinsip, dan metode pengukuran, asessmen,
evaluasi empirik program bimbingan dan konseling
3.
Membuat penyusunan
instrumen evaluasi bimbingan dan konseling melalui model –model evaluasi dengan
teknik CIPP, analisis SWOT, formatif-summatif dan responsif yang berbasis rating scale dan daftar chek
4.
Mampu mengaplikasikan evaluasi,
mengkomunikasikan hasil pelaksanaan evaluasi bimbingan dan konseling secara
kelompok dan menerapkan instrumen evaluasi yang relevan dalam bimbingan dan
konseling
Deskripsi Matakuliah:
Pada mata kuliah ini juga
merupakan bagian dari pembentukan mahasiswa agar mampu memiliki kompetensi yang
baik dalam memberikan layanan konseling dalam cakupan yang luas, sehingga dapat
menerapkan teori dan langsung dapat mencoba menerapkan
instrumen mengenai evaluasi program
bimbingan dan konseling. Serta dapat secara
langsung mengaplikasikan instrumen yang sudah dibuat,
A. Kegiatan Pembelajaran
Pert
ke-
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahan Kajian
|
Pendekatan/Model/Metode/Strategi Pembelajaran
|
Sumber Belajar /Media
|
Pengalaman Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1. Memanfaatkan
sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Memahami konsep tentang pentingnya mempelajari evaluasi
bimbingan dan konseling
|
a.
Pentingnya
membuka pemahaman mengenai kondisi bimbingan dan konseling di lapangan
mengenai evaluasi BK.
b. Perencanaan evaluasi BK yang baik yang
sesuai dengan program pendidikan di sekolah
c.
Meningkatkan
kompetensi pelayanan BK akan keunggulan program yang yang sudah
dilaksanakan dan di evaluasi.
|
a. Mengkaji dan menganalisis secara
global permasalah yang terjadi di lapangan keadaan bimbingan dan konseling
serta pelaksanaan evaluasinya.
b. Perencanaan evaluasi BK yang sesuai
dengan program sekolah
c. Kompetensi layanan BK akan
keunggulan program yang sudah dilaksanakan dan di evaluasi
|
Ceramah,
Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
|
LCD, Laptop
|
Melakukan
diskusi rekleftif mengenai situasi di sekolah mengenai keadaan BK di Sekolah
dan disksusi pelaksanaan penyelenggaraan
evaluasi dalam BK yang terjadi di sekolah
|
3X50
|
2
|
1. Menguasai
konsep evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai
model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan
program/layanan bimbingan dan konseling
2. Meningkatkan
pemahaman tentang hakikat evaluasi secara umum dan evaluasi terhadap layanan
bimbingan dan konseling
3. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
|
a.
Mendefinisikan pentingnya memahami definisi
evaluasi bimbingan dan konseling
b.
Menjelaskan perbedaan evaluasi dan
monitoring program bimbingan dan konseling
c.
Menjelaskan kedudukan evaluasi dalam
alur program bimbingan dan konseling
d.
Menjelaskan tujuan,
prinsip, fungsi dan hambatan dalam evaluasi bimbingan
dan konseling
e.
Memberikan contoh penerapan prinsip
evaluasi bimbingan dan konseling di dalam kelas
|
a. Definisi evaluasi BK
b. Perbedaan evaluasi
c. Kedudukan evaluasi dalam bimbingan dan
konseling
d.
Tujuan,
prinsip, fungsi, dan hambatan evaluasi bk
|
Ceramah,
Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
|
LCD, Laptop
|
a.
Melakukan
kajian diskusi teoritis mengenai definisi evaluasi BK, tujuan dan kedudukan
evaluasi dalam alur bimbingan dan konseling
b.
Mendiskusikan,
memberikan contoh penerapan prinsip-prinsip evaluasi bimbingan dan konseling
c.
Membuat
contoh penerapan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
d. Mengkomunikasikan
hasil diskusi
|
3x50
|
3
|
1. Menguasai
model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai
model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan
program/layanan bimbingan dan konseling
2. Membuat
keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan
konseling
3. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi konvensional dan evaluasi
responsif
|
a.
Mendefinisikan
model-model evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
b.
Menjelaskan
kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c.
Menjelaskan
evaluasi model responsif yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
d.
Memberikan
contoh penerapan evaluasi responsif dalam bimbingan dan konseling menggunakan
bentuk rating scale
|
1.
Penggunaan model evaluasi responsif dalam
bimbingan dan konseling
|
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi
instrumen evaluasi
|
Lcd, Laptop
|
a. Menemukan ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b. Diskusi informasi reflektif tentang
evalusi responsif dalam bimbingan dan konseling
c. Mendiskusikan, memberikan contoh
evaluasi responsif dalam bimbingan dan konseling
|
3X50
|
4
|
Kuis
– 1
(Materi
pertemuan 1-3)
|
Tes
Essay (sesuai indikator)
|
Soal
Ujian
Materi
: teoritis evaluasi bimbingan dan konseling dan analisis permasalahan
evaluasi BK yang terjadi di lapangan
|
Tes essay
|
a.
Referensi 1 -3
b.
Power point sesuai bahan kajian
|
Mengerjakan tes
|
3X50
|
5
|
1. Memanfaatkan
sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Memahami konsep tentang pentingnya mempelajari evaluasi
bimbingan dan konseling
4. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
|
a.
Menjelaskan
kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b. Menjelaskan evaluasi model formatif
dan summative yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.
Memberikan
contoh penerapan evaluasi formative dan summative dalam bimbingan dan
konseling
d. Menjelaskan rating scale dan daftar
chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
1.
Penggunaan
model evaluasi formative dan summatif dalam bimbingan dan konseling
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Refrensi 1 – 3
b. Power point sesuai dengan bahan kajian
|
a.
Menemukan ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.
Diskusi
informasi reflektif tentang evalusi formatif dan summatif dalam bimbingan dan
konseling
c.
Mendiskusikan
evaluasi formatif dan sumamatif dalam bimbingan dan konseling
d.
Latihan
membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
|
3X50
|
6
|
1. Menguasai
model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai
model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan
program/layanan bimbingan dan konseling
2. Membuat
keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan
konseling
3. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi Context, Input, Proses dan
Product (CIPP) dalam bimbingan dan
konseling
|
a.
Menjelaskan
kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b. Menjelaskan evaluasi model Context, Input, Proses dan Product (CIPP) yang digunakan dalam
bimbingan dan konseling
c.
Memberikan
contoh penerapan evaluasi Context,
Input, Proses dan Product (CIPP)
dalam bimbingan dan konseling
d. Menjelaskan rating scale dan daftar
chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
1.
Model/Pendekatan
Evaluasi berdasarkan Context, Input,
Proses dan Product (CIPP)
2.
Penggunaan
model evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan
konseling
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Refrensi 1 – 3
b. Power point sesuai dengan bahan kajian
|
a.
Menemukan ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.
Diskusi
informasi reflektif tentang evalusi Context,
Input, Proses dan Product (CIPP)
dalam bimbingan dan konseling
c.
Mendiskusikan
evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan
konseling
d.
Latihan
membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
|
3X50
|
7
|
1. Menguasai
model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai
model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan
program/layanan bimbingan dan konseling
2. Membuat
keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan
konseling
3. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan
Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
|
a.
Menjelaskan
kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b.
Menjelaskan
evaluasi model Strength, Weakness,
Opportunities, dan Threat (SWOT) yang digunakan dalam bimbingan dan
konseling
c.
Memberikan
contoh penerapan evaluasi Strength,
Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
d.
Menjelaskan
rating scale dan daftar chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
1.
Model/Pendekatan
Evaluasi berdasarkan Strength,
Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT)
2.
Penggunaan
model evaluasi Strength, Weakness,
Opportunities, dan Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Refrensi 1 – 3
b. Power point sesuai dengan bahan kajian
|
a.
Menemukan ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.
Diskusi
informasi reflektif tentang evalusi Context,
Input, Proses dan Product (CIPP)
dalam bimbingan dan konseling
c.
Mendiskusikan
evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan
konseling
d.
Latihan
membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
|
3X50
|
8
|
Kuis
– 2
(Materi
pertemuan 5-7)
|
Tes
Essay (sesuai indikator)
|
Soal
Ujian
Materi
: model-model evaluasi yang digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
Tes essay
|
c.
Referensi 1 -3
d.
Power point sesuai bahan kajian
|
Mengerjakan tes
|
3X50
|
9
|
1. Memanfaatkan
sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Memahami
beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi
program/layanan bimbingan dan konseling
3. Mengaplikasikan
metode evaluasi kedalam bentuk rating scale dan daftar chek
4. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
|
a.
Menjelaskan
pembuatan pedoman observasi yang
digunakan untuk evaluasi bimbingan dan konseling
b. Memberikan contoh metode wawancara
pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c.
Memberikan
penjelasan tentang metode survey dalam bimbingan dan konseling
d. Memberikan penjelasan tentang focus
Group dalam bimbingan dan konseling
e.
Memberikan
penjelasan tentang penggunaan dokumentasi dalam evaluasi bimbingan dan
konseling
f.
Membedakan
masing-masing metode pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
g. Memberikan contoh masing-masing
penerapannya dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
a.
Merancang pedoman Observasi
b.
Focus Group
c.
Dokumentasi
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Referensi
1 -3
b. Power
point sesuai bahan kajian
|
a. Mendiskusikan mengenai metode-metode
pelaksanaan evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
b. Diskusi informasi tentang pelaksanaan
metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.
Latihan
membuat contoh metode evalasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan
konseling
|
3X50
|
10
|
1. Memanfaatkan
sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Memahami
beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi
program/layanan bimbingan dan konseling
3. Mengaplikasikan
metode evaluasi kedalam bentuk rating scale dan daftar chek
4. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
|
a. Menjelaskan pembuatan pedoman
wawancara yang digunakan untuk evaluasi bimbingan dan konseling
b. Memberikan contoh metode wawancara
pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c. Memberikan penjelasan tentang metode
survey dalam bimbingan dan konseling
d. Membedakan masing-masing metode
pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
e. Memberikan contoh masing-masing
penerapannya dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
a. Merumuskan
metode seputar wawancara pelaksanaan bimbingan dan konseling
b. Penggunaan
Survey Method dalam bimbingan dan konseling
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Referensi
1 -3
b. Power
point sesuai bahan kajian
|
a. Mendiskusikan mengenai metode-metode
pelaksanaan evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
b. Diskusi informasi tentang pelaksanaan
metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c. Latihan membuat contoh metode wawancara
dan metode survey dapat digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
3X50
|
11
|
1. Memanfaatkan
sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung
pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Mengaplikasikan
metode evaluasi ke dalam bentuk rating
scale dan daftar chek
3. Mampu
mengetahui prosedur pelaksanaan evaluasi BK
4. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
|
a.
Menyiapkan
instrumen yang digunakan dalam evaluasi BK
b.
Membuat
indikator dan item-item yang akan digunakan untuk evaluasi
c.
Menentukan
skala dan daftar cek yang akan disajikan dalam lembar instrumen evaluasi
d.
Mebuat
rubrik atau keterangan dari setiap indikator atau item dari skala yang sudah
ditentukan
e.
Mempersiapkan
bahwa instrumen akan siap digunakan untuk evaluasi di suatu sekolah
|
a.
Membuat dan
merumuskan indikator dan item yang akan digunakan dalam evaluasi
b. Menentukan
skala dan membuat rubrik dari instrumen evaluasi
c. Dapat
menerapkan instrumen ke peserta evaluastor
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
|
a. Referensi
1 -3
b. Power
point sesuai bahan kajian
|
a. Diskusi informasi tentang pelaksanaan
metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
b. Latihan membuat contoh metode wawancara
dan metode survey dapat digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
3X50
|
12
|
Kuis
– 3
(Materi
Pertemuan 9 -11)
|
Tes
Essay (sesuai indikator)
|
Soal
Ujian
Materi
: Metode evaluasi dan instrumen yang digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
|
Tes essay
|
a.
Referensi 2, 3 dan 5
b.
Power point sesuai bahan kajian
|
Mengerjakan tes
|
3X50
|
13
|
1. Memahami
beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi
program/layanan bimbingan dan konseling
2. Mengaplikasikan
instrumen kedalam metode evaluasi yang sudah dibuat atau yang sudah
ditentukan
3. Memiliki
sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
4. Mampu mengunjungi, mengamati, dan menganalisis,
serta membandingkan praktik evaluasi bimbingan dan konseling di sekolah
|
a.
Melakukan
kunjungan lapangan dan penyusunan hasil laporan evaluasi BK
b.
Menyajikan,
mengolah dan data yang didapat dari observasi
c.
Mengenalisis
hasil instrumen evaluasi yang sudah diujikan di sekolah pada guru bimbingan
dan konseling
|
a. Mengaplikasikan instrumen yang sudah
dibuat
b. Melakukan evaluasi hasil instumen
c.
Menyajikan
hasil laporan data observasi
|
Pengalaman
kemandirian di lapangan
|
a. Referensi
1, 2, 3 dan 5
b. Power
point sesuai bahan kajian
|
a. Latihan menerapkan hasil instrumentasi
evaluasi yang sudah dirancang ke sekolah kepada guru bimbingan dan konseling
b.
Membuat
laporan hasil pelaksaan evaluasi, menyajikan data-data, mengolah,
menganalisis data hasil evaluasi
|
|
14
|
a. Menguasai
metode evaluasi bimbingan dan konseling
b. Membuat
keputusan tentang evaluasi yang relevan dalam bimbingan dan konseling
c.
Memiliki sikap
bertanggungjawab dengan memaparkan
hasil pelaksanaan evaluasi yang telah dilaksanakan
|
a.
Menjelaskan
hasil evaluasi bimbingan dan konseling
b.
Menentukan
kriteria penilaian pelaksanaan evaluasi bimbingan dan konseling
c.
Menafsirkan
dan menginterpretasikan hasil instrumen evaluasi bimbingan dan konseling
|
a. Memaparkan hasil pelaksanaan evaluasi
yang telah dilaksanakan
|
Diskusi reflektif, tanya jawab,
implementasi instrumen evaluasi
|
a.
Referensi 1, 2, 3 dan 5
b.
Power point sesuai bahan kajian
|
a. Mendiskusikan memberikan masukan,
orientasi sasaran hasil evaluasi bimbingan dan konseling di lapangan.
b.
Membuat
keputusan hasil evaluasi dan memberikan rekomendasi hasil evaluasi yang sudah
ditetapkan
|
3X50
|
15
|
a.
Memahami secara utuh
konsep evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling
|
a. Menjelaskan
supervisi program dan layanan bimbingan dan konseling
b. Menjelaskan
fungsi pengawasan dalam program dan layanan BK
c.
Memberikan contoh merevisi program BK
yang sudah dievaluasi
d. Memanfaat
hasil evaluasi BK untuk pengembangan peserta didik dan lingkup pendidikan
|
a.
Supervisi terhadap
program dan layanan bimbingan dan konseling
|
Diskusi
reflektif, tanya jawab,
|
a.
Referensi 1, 2, 3 dan 5
b.
Power point sesuai bahan kajian
|
Membuat keputusan hasil evaluasi dan
memberikan rekomendasi hasil evaluasi yang sudah ditetapkan
|
|
16
|
Ujian
Akhir Semester (UAS)
|
Memberi
motivasi kepada mahasiswa untuk belajar dan memperdalam pengetahuan dari
materi yang sudah dipelajari
|
Hasil maksimal sesuai kemampuan
mahasiswa
|
Tes Tertulis
|
Referensi 1, 2, 4 dan 5
|
Mengerjakan
Tes
|
3X50
|
B. Kisi-kisi Penilaian
Indikator
|
Penilaian
|
||
Strategi
|
Bentuk instrumen
|
Kriteria
Penilaian
|
|
Disesuaikan
dengan indikator dalam RPS
|
Essay
|
Daftar
Pertanyaan
|
Sesuai
kriteria penilaian
|
Mempresentasikan
menanggap presentasi memformulasikan saran dan tanggapan
|
Penilaian
kinerja
|
Rubrik
|
Terlampir
(Lampiran 2)
|
Referensi :
Berg, Robert, C., Landreth, Garry L., and Fall, A.
Kevin. Group Counseling (Concepts and
Procedurs). New York. London. Routledge Taylor & Francis Group is the
Academic Division of informa plc.
Badrujaman,
Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Program
Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Indeks
Diniaty,
Amirah. 2012. Evaluasi Bimbingan dan
Konseling. Pekanbaru: Zanafa Publishing
Schmidt,
J. J. (1999). Counseling in Schools;
Essential Services and Comprehensive Programs, Boston: Allyn and Bacon
Winkel,
W. S., (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta:
PT. Gramedia Widiasarana
Penilaian
Kinerja (Proses)
Mempresentasikan
Hasil Kerja Kelompok
Presentasikan
makalah hasil makalah/observasi Anda dalam diskusi, dengan langkah-lakanh
sebagai berikut:
1.
Lakukan presentasi
sesuai pembagian tugas Anda dalam waktu maksimal 15 menit sesuai arahan
moderator
2.
Cermati pertanyaan dan
masukan peserta seminar.
3.
Jawablah pertanyaan
peserta seminar, dan tanggapi/catat masukan peserta seminar.
Rubrik :
Skor
|
Rubrik
|
4
|
Presentasi
dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, beraturan
media ppt sesuai dengan kriteria media, jawaban dari penanya,
memformulasikansaran untuk perbaikan
|
3
|
Presentasi
dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan
aspek-aspek penting makalah/hasil observasi, berbantukan media ppt sesuai
kriteria media, jawabandari penanya secara umum benar, memformulasikan saran
untuk perbaikan
|
2
|
Presentasi
dilakukan, kurang runtut dan/tidak menekankan pada aspek-aspek penting
makalah/hasil observasi, berbantukan media ppt namun tidak sesuai kriteria
jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk
perbaikan
|
1
|
Presentasi
dilakukan, namun kurang runtut dan/tidak menekankan aspek-aspek penting
makalah/hasil obsevasi, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya
tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
|
Bandar
Lampung, Desember 2016
a.n
Tim Dosen Pengampu
No comments:
Post a Comment