Sunday, February 26, 2017

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS) EVALUASI BIMBINGAN DAN KONSELING

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

Fakultas                                 : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi                       : Bimbingan dan Konseling
Nama Matakuliah/Bobot      : Evaluasi Bimbingan dan Konseling/3 SKS
Kode Matakuliah                  : KON 612304
Tahun Akademik                  : Ganjil 2016
Semester                                 : 5 (Lima)
Matakuliah Prasyarat           :
Dosen Pengampu                  : ..


Capaian Pembelajaran Matakuliah/Kompetensi:
1.      Mampu memanfaatkan sumber belajar sebagai informasi mengenai evaluasi bimbingan dan konseling yang mendukung proses pelaksanaan evaluasi dalam BK
2.      Mampu menguasai konsep-konsep, tujuan, fungsi, prinsip, dan metode pengukuran, asessmen, evaluasi empirik program bimbingan dan konseling
3.      Membuat penyusunan instrumen evaluasi bimbingan dan konseling melalui model –model evaluasi dengan teknik CIPP, analisis SWOT, formatif-summatif dan responsif yang berbasis rating scale dan daftar chek    
4.      Mampu mengaplikasikan evaluasi, mengkomunikasikan hasil pelaksanaan evaluasi bimbingan dan konseling secara kelompok dan menerapkan instrumen evaluasi yang relevan dalam bimbingan dan konseling
Deskripsi Matakuliah:
Pada mata kuliah ini juga merupakan bagian dari pembentukan mahasiswa agar mampu memiliki kompetensi yang baik dalam memberikan layanan konseling dalam cakupan yang luas, sehingga dapat menerapkan teori dan langsung dapat mencoba menerapkan instrumen mengenai evaluasi program bimbingan dan konseling. Serta dapat secara langsung mengaplikasikan instrumen yang sudah dibuat,
A.  Kegiatan Pembelajaran
Pert
ke-
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahan Kajian
Pendekatan/Model/Metode/Strategi Pembelajaran
Sumber Belajar /Media
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
1
1. Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2. Memahami konsep tentang pentingnya mempelajari evaluasi bimbingan dan konseling
a.    Pentingnya membuka pemahaman mengenai kondisi bimbingan dan konseling di lapangan mengenai evaluasi BK.
b.   Perencanaan evaluasi BK yang baik yang sesuai dengan program pendidikan di sekolah
c.    Meningkatkan kompetensi pelayanan BK  akan keunggulan program yang yang sudah dilaksanakan dan di evaluasi.
a.   Mengkaji dan menganalisis secara global permasalah yang terjadi di lapangan keadaan bimbingan dan konseling serta pelaksanaan evaluasinya.
b.   Perencanaan evaluasi BK yang sesuai dengan program sekolah
c.   Kompetensi layanan BK akan keunggulan program yang sudah dilaksanakan dan di evaluasi
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
LCD, Laptop
Melakukan diskusi rekleftif mengenai situasi di sekolah mengenai keadaan BK di Sekolah dan disksusi  pelaksanaan penyelenggaraan evaluasi dalam BK yang terjadi di sekolah
3X50
2
1.  Menguasai konsep evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan program/layanan bimbingan dan konseling
2.  Meningkatkan pemahaman tentang hakikat evaluasi secara umum dan evaluasi terhadap layanan bimbingan dan konseling
3.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
a.      Mendefinisikan pentingnya memahami definisi evaluasi bimbingan dan konseling
b.     Menjelaskan perbedaan evaluasi dan monitoring program bimbingan dan konseling
c.      Menjelaskan kedudukan evaluasi dalam alur program bimbingan dan konseling
d.     Menjelaskan tujuan, prinsip, fungsi dan hambatan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
e.      Memberikan contoh penerapan prinsip evaluasi bimbingan dan konseling di dalam kelas
a.      Definisi evaluasi BK
b.     Perbedaan evaluasi
c.      Kedudukan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
d.     Tujuan, prinsip, fungsi, dan hambatan evaluasi bk
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
LCD, Laptop
a.    Melakukan kajian diskusi teoritis mengenai definisi evaluasi BK, tujuan dan kedudukan evaluasi dalam alur bimbingan dan konseling
b.   Mendiskusikan, memberikan contoh penerapan prinsip-prinsip evaluasi bimbingan dan konseling
c.    Membuat contoh penerapan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
d.   Mengkomunikasikan hasil diskusi
3x50
  3
1.  Menguasai model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan program/layanan bimbingan dan konseling
2.  Membuat keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
3.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi konvensional dan evaluasi responsif
a.        Mendefinisikan model-model evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
b.        Menjelaskan kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c.        Menjelaskan evaluasi model responsif yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
d.        Memberikan contoh penerapan evaluasi responsif dalam bimbingan dan konseling menggunakan bentuk rating scale
1.        Penggunaan model evaluasi responsif dalam bimbingan dan konseling
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
Lcd, Laptop
a.    Menemukan  ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.   Diskusi informasi reflektif tentang evalusi responsif dalam bimbingan dan konseling
c.    Mendiskusikan, memberikan contoh evaluasi responsif dalam bimbingan dan konseling
3X50
4
Kuis – 1
(Materi pertemuan 1-3)
Tes Essay (sesuai indikator)
Soal Ujian
Materi : teoritis evaluasi bimbingan dan konseling dan analisis permasalahan evaluasi BK yang terjadi di lapangan
Tes essay
a.    Referensi 1 -3
b.   Power point sesuai bahan kajian
Mengerjakan tes
3X50
5
1.  Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2.  Memahami konsep tentang pentingnya mempelajari evaluasi bimbingan dan konseling
4.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
a.   Menjelaskan kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b.  Menjelaskan evaluasi model formatif dan summative yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.   Memberikan contoh penerapan evaluasi formative dan summative dalam bimbingan dan konseling
d.  Menjelaskan rating scale dan daftar chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
1.        Penggunaan model evaluasi formative dan summatif dalam bimbingan dan konseling

Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.    Refrensi 1 – 3
b.   Power point sesuai dengan bahan kajian
a.    Menemukan  ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.   Diskusi informasi reflektif tentang evalusi formatif dan summatif dalam bimbingan dan konseling
c.    Mendiskusikan evaluasi formatif dan sumamatif dalam bimbingan dan konseling
d.   Latihan membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
3X50
6
1.  Menguasai model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan program/layanan bimbingan dan konseling
2.  Membuat keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
3.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP)  dalam bimbingan dan konseling
a.   Menjelaskan kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b.  Menjelaskan evaluasi model Context, Input, Proses dan Product (CIPP) yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.   Memberikan contoh penerapan evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP)  dalam bimbingan dan konseling
d.  Menjelaskan rating scale dan daftar chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
1.   Model/Pendekatan Evaluasi berdasarkan Context, Input, Proses dan Product (CIPP)
2.   Penggunaan model evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan konseling
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.    Refrensi 1 – 3
b.   Power point sesuai dengan bahan kajian
a.        Menemukan  ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.        Diskusi informasi reflektif tentang evalusi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan konseling
c.        Mendiskusikan evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan konseling
d.        Latihan membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
3X50
7
1.  Menguasai model evaluasi bimbingan dan konseling dan mampu mengaplikasikan berbagai model evaluasi yang biasa digunakan dalam mengevaluasi keberhasilan program/layanan bimbingan dan konseling
2.  Membuat keputusan tentang model evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
3.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
a.       Menjelaskan kegunaan model evaluasi dalam bimbingan dan konseling
b.       Menjelaskan evaluasi model Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT) yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.       Memberikan contoh penerapan evaluasi Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
d.       Menjelaskan rating scale dan daftar chek dalam evaluasi bimbingan dan konseling
1.   Model/Pendekatan Evaluasi berdasarkan Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT)
2.   Penggunaan model evaluasi Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat (SWOT) dalam bimbingan dan konseling
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.  Refrensi 1 – 3
b.  Power point sesuai dengan bahan kajian
a.    Menemukan  ide-ide penting mengenai bahan bacaan
b.   Diskusi informasi reflektif tentang evalusi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan konseling
c.    Mendiskusikan evaluasi Context, Input, Proses dan Product (CIPP) dalam bimbingan dan konseling
d.   Latihan membuat contoh penerapan evaluasi menggunakan rating scale dan daftar cek
3X50
8
Kuis – 2
(Materi pertemuan 5-7)
Tes Essay (sesuai indikator)
Soal Ujian
Materi : model-model evaluasi yang digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
Tes essay
c.    Referensi 1 -3
d.   Power point sesuai bahan kajian
Mengerjakan tes
3X50
9
1.  Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2.  Memahami beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi program/layanan bimbingan dan konseling
3.  Mengaplikasikan metode evaluasi kedalam bentuk rating scale dan daftar chek
4.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
a.   Menjelaskan pembuatan pedoman observasi  yang digunakan untuk evaluasi bimbingan dan konseling
b.  Memberikan contoh metode wawancara pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c.   Memberikan penjelasan tentang metode survey dalam bimbingan dan konseling
d.  Memberikan penjelasan tentang focus Group dalam bimbingan dan konseling
e.   Memberikan penjelasan tentang penggunaan dokumentasi dalam evaluasi bimbingan dan konseling
f.   Membedakan masing-masing metode pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
g.  Memberikan contoh masing-masing penerapannya dalam evaluasi bimbingan dan konseling
a.       Merancang pedoman Observasi
b.    Focus Group
c.     Dokumentasi
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.  Referensi 1 -3
b.  Power point sesuai bahan kajian
a.   Mendiskusikan mengenai metode-metode pelaksanaan evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
b.   Diskusi informasi tentang pelaksanaan metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.   Latihan membuat contoh metode evalasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
3X50
10
1.  Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2.  Memahami beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi program/layanan bimbingan dan konseling
3.  Mengaplikasikan metode evaluasi kedalam bentuk rating scale dan daftar chek
4.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
a.  Menjelaskan pembuatan pedoman wawancara yang digunakan untuk evaluasi bimbingan dan konseling
b.  Memberikan contoh metode wawancara pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
c.  Memberikan penjelasan tentang metode survey dalam bimbingan dan konseling
d.  Membedakan masing-masing metode pelaksaan evaluasi dalam bimbingan dan konseling
e.  Memberikan contoh masing-masing penerapannya dalam evaluasi bimbingan dan konseling
a.   Merumuskan metode seputar wawancara pelaksanaan bimbingan dan konseling
b.   Penggunaan Survey Method dalam bimbingan dan konseling
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.  Referensi 1 -3
b.  Power point sesuai bahan kajian
a.    Mendiskusikan mengenai metode-metode pelaksanaan evaluasi yang dapat digunakan dalam bimbingan dan konseling
b.   Diskusi informasi tentang pelaksanaan metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
c.    Latihan membuat contoh metode wawancara dan metode survey dapat digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
3X50
11
1.  Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan evaluasi bimbingan dan konseling
2.  Mengaplikasikan metode evaluasi ke dalam bentuk rating scale dan daftar chek
3.  Mampu mengetahui prosedur pelaksanaan evaluasi BK
4.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
a.       Menyiapkan instrumen yang digunakan dalam evaluasi BK
b.       Membuat indikator dan item-item yang akan digunakan untuk evaluasi
c.        Menentukan skala dan daftar cek yang akan disajikan dalam lembar instrumen evaluasi
d.       Mebuat rubrik atau keterangan dari setiap indikator atau item dari skala yang sudah ditentukan
e.        Mempersiapkan bahwa instrumen akan siap digunakan untuk evaluasi di suatu sekolah

a.     Membuat dan merumuskan indikator dan item yang akan digunakan dalam evaluasi
b.     Menentukan skala dan membuat rubrik dari instrumen evaluasi
c.     Dapat menerapkan instrumen ke peserta evaluastor
Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.  Referensi 1 -3
b.  Power point sesuai bahan kajian
a.    Diskusi informasi tentang pelaksanaan metode evaluasi yang digunakan dalam bimbingan dan konseling
b.   Latihan membuat contoh metode wawancara dan metode survey dapat digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
3X50
12
Kuis – 3
(Materi Pertemuan 9 -11)
Tes Essay (sesuai indikator)
Soal Ujian
Materi : Metode evaluasi dan instrumen yang digunakan dalam evaluasi bimbingan dan konseling
Tes essay
a.    Referensi 2, 3 dan 5
b.   Power point sesuai bahan kajian
Mengerjakan tes
3X50
13
1.  Memahami beragam metode dan instrument yang dapat dikembangkan dalam kegiatan evaluasi program/layanan bimbingan dan konseling
2.  Mengaplikasikan instrumen kedalam metode evaluasi yang sudah dibuat atau yang sudah ditentukan
3.  Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan evaluasi
4.  Mampu mengunjungi, mengamati, dan menganalisis, serta membandingkan praktik evaluasi bimbingan dan konseling di sekolah
a.       Melakukan kunjungan lapangan dan penyusunan hasil laporan evaluasi BK
b.       Menyajikan, mengolah dan data yang didapat dari observasi
c.        Mengenalisis hasil instrumen evaluasi yang sudah diujikan di sekolah pada guru bimbingan dan konseling
a.       Mengaplikasikan instrumen yang sudah dibuat
b.       Melakukan evaluasi  hasil instumen
c.        Menyajikan hasil laporan data observasi
Pengalaman kemandirian di lapangan
a.  Referensi 1, 2, 3 dan 5
b.  Power point sesuai bahan kajian
a.   Latihan menerapkan hasil instrumentasi evaluasi yang sudah dirancang ke sekolah kepada guru bimbingan dan konseling
b.   Membuat laporan hasil pelaksaan evaluasi, menyajikan data-data, mengolah, menganalisis data hasil evaluasi

14
a.  Menguasai metode evaluasi bimbingan dan konseling
b.  Membuat keputusan tentang evaluasi yang relevan dalam bimbingan dan konseling
c.   Memiliki sikap bertanggungjawab dengan memaparkan hasil pelaksanaan evaluasi yang telah dilaksanakan

a.       Menjelaskan hasil evaluasi bimbingan dan konseling
b.       Menentukan kriteria penilaian pelaksanaan evaluasi bimbingan dan konseling
c.       Menafsirkan dan menginterpretasikan hasil instrumen evaluasi bimbingan dan konseling
a.       Memaparkan hasil pelaksanaan evaluasi yang telah dilaksanakan

Diskusi reflektif, tanya jawab, implementasi instrumen evaluasi
a.       Referensi 1, 2, 3 dan 5
b.       Power point sesuai bahan kajian
a.   Mendiskusikan memberikan masukan, orientasi sasaran hasil evaluasi bimbingan dan konseling di lapangan.
b.   Membuat keputusan hasil evaluasi dan memberikan rekomendasi hasil evaluasi yang sudah ditetapkan
3X50
15
a.    Memahami secara utuh konsep evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling

a.       Menjelaskan supervisi program dan layanan bimbingan dan konseling
b.       Menjelaskan fungsi pengawasan dalam program dan layanan BK
c.        Memberikan contoh merevisi program BK yang sudah dievaluasi
d.       Memanfaat hasil evaluasi BK untuk pengembangan peserta didik dan lingkup pendidikan
a.       Supervisi terhadap program dan layanan bimbingan dan konseling


Diskusi reflektif, tanya jawab,
a.        Referensi 1, 2, 3 dan 5
b.       Power point sesuai bahan kajian
Membuat keputusan hasil evaluasi dan memberikan rekomendasi hasil evaluasi yang sudah ditetapkan

16
Ujian Akhir Semester (UAS)
Memberi motivasi kepada mahasiswa untuk belajar dan memperdalam pengetahuan dari materi yang sudah dipelajari
Hasil maksimal sesuai kemampuan mahasiswa
Tes Tertulis
Referensi 1, 2, 4 dan  5
Mengerjakan Tes
3X50



B.  Kisi-kisi Penilaian


Indikator
Penilaian
Strategi
Bentuk  instrumen
Kriteria Penilaian
Disesuaikan dengan indikator dalam RPS
Essay
Daftar Pertanyaan
Sesuai kriteria penilaian
Mempresentasikan menanggap presentasi memformulasikan saran dan tanggapan
Penilaian kinerja
Rubrik
Terlampir (Lampiran 2)

Referensi            :
AACE, 2003. Competencies in Assessment and Evaluation for School Counselor. http://aace.ncat.edu
Berg, Robert, C., Landreth, Garry L., and Fall, A. Kevin. Group Counseling (Concepts and Procedurs). New York. London. Routledge Taylor & Francis Group is the Academic Division of informa plc.
Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Program Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Indeks
Diniaty, Amirah. 2012. Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Zanafa Publishing
Schmidt, J. J. (1999). Counseling in Schools; Essential Services and Comprehensive Programs, Boston: Allyn and Bacon
Winkel, W. S., (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana



Penilaian Kinerja (Proses)
Mempresentasikan Hasil Kerja Kelompok

Presentasikan makalah hasil makalah/observasi Anda dalam diskusi, dengan langkah-lakanh sebagai berikut:
1.      Lakukan presentasi sesuai pembagian tugas Anda dalam waktu maksimal 15 menit sesuai arahan moderator
2.      Cermati pertanyaan dan masukan peserta seminar.
3.      Jawablah pertanyaan peserta seminar, dan tanggapi/catat masukan peserta seminar.
Rubrik :
Skor
Rubrik
4
Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan penekanan yang sesuai, beraturan media ppt sesuai dengan kriteria media, jawaban dari penanya, memformulasikansaran untuk perbaikan
3
Presentasi dilakukan dengan runtut dengan intonasi dan namun kurang menekankan aspek-aspek penting makalah/hasil observasi, berbantukan media ppt sesuai kriteria media, jawabandari penanya secara umum benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
2
Presentasi dilakukan, kurang runtut dan/tidak menekankan pada aspek-aspek penting makalah/hasil observasi, berbantukan media ppt namun tidak sesuai kriteria jawaban dari penanya secara umum tidak benar, memformulasikan saran untuk perbaikan
1
Presentasi dilakukan, namun kurang runtut dan/tidak menekankan aspek-aspek penting makalah/hasil obsevasi, tidak berbantuan media ppt, jawaban dari penanya tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
      
Bandar Lampung,  Desember 2016
a.n Tim Dosen Pengampu


............................................

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...