GARIS-GARIS BESAR PROGRAM
PEMBELAJARAN
(SILABUS)
Mata
Kuliah : Sosioantropologi
Pendidikan
Komak/SKS : KON 612104 / 2
Deskripsi
Singkat : Mata kuliah Sosio-Antropologi Pendidikan ini menggambarkan kontribusi
ilmu Sosiologi dan Antropologi terhadap fenomena pendidikan yang ada di
masyarakat. Adapun aspek-aspek yang dibahas adalah mengenai proses sosial,
struktur sosial, keterkaitan pendidikan dan kebudayaan, sosialisasi, perubahan
sosial budaya, sekolah sebagai sistem sosial budaya serta isu-isu sosial budaya
dalam pendidikan.
Pada mata kuliah ini juga memberikan bekal pengetahuan fondasional
tentang pentingnya iklim, pendekatan dan pengaruh sosial budaya, baik dari
sekolah maupun dari luar sekolah (keluarga, peer group, masyarakat-bangsa dan
media masa) dalam masyarakat yang multicultural (pluralistic) dan pendidikan yang paling sesuai dengan manusia
(anthropos) Indonesia dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia
kini dan masa depan.
Kompetensi Baku :
1.
Mahasiswa memahami konsep
tentang pentingnya mempelajari Sosio-Antropologi
Pendidikan.
2.
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menjelaskan ruang lingkup sosioantropologi pendidikan.
3.
Mahasiswa mampu mendeskripsikan proses sosial dalam kehidupan
masyarakat.
4.
Mahasiswa mampu menganalisis struktur sosial
budaya masyarakat.
5.
Mahasiswa mampu hubungan pendidikan dan kebudayaan.
6.
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pentingnya sosialisasi bagi kehidupan
individu dalam masyarakat.
7.
Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan sosial budaya.
8.
Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran sekolah sebagai sistem sosial
budaya.
9.
Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan dari sudut pandang sosial
budaya.
Program Kuliah :
Pert
|
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Pokok Bahasan (PB), Sub Pokk
Bahasan (SPB)
|
Metode
|
Media/Alat Bantu Ajar
|
Waktu
|
Referensi
|
1
|
Kompetensi dasar :
Memahami urgensi
mata kuliah, dan kontrak belajar dalam mencapai kompetensi dasar pada mata
kuliah Sosio Antropologi Pendidikan.
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Memahami urgensi mata
kuliah dalam mencapai kompetensi dasar.
2. Mengaplikasikan kontrak
belajar yang sudah disepakati bersama.
3. Menyiapkan bahan/materi
sebagai tugas presentasi.
|
Pokok
Bahasan :
Pengantar dan
kontrak belajar perkuliahan Sosio Antropologi Pendidikan.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Penjelasan tentang
posisi dan urgensi mata kuliah
2. Tugas perkuliahan
3. Komponen materi dan
referensi
4. Sistem penilaian
|
Ceramah, Diskusi dan Tanya
Jawab
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
-
|
2
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
pentingnya mempelajari sosio antropologi pendidikan.
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mendeskripsikan
hubungan masyarakat dengan kebudayaan.
2. Mendeskripsikan
hubungan pendidikan dengan masyarakat.
3. Mendeskripsikan
hubungan pendidikan dengan kebudayaan.
|
Pokok
Bahasan :
Pentingnya
mempelajari sosio antropologi pendidikan
Sub
Pokok Bahasan :
1. Hubungan
masyarakat dengan kebudayaan
2. Hubungan
pendidikan dengan masyarakat
3. Hubungan
pendidikan dengan kebudayaan
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
3
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
proses sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Memahami
pentingnya interaksi sosial
2. Memahami
bentuk-bentuk interaksi sosial.
|
Pokok
Bahasan : 1
Proses sosial
dalam kehidupan bermasyarakat.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Pentingnya
interaksi social
2. Bentuk-bentuk
interaksi sosial
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
4
|
Kompetensi
dasar:
Menganalisis
struktur sosial budaya masyarakat
Indikator:
Mahasiswa
dapat
1. Mendeskripsikan
dan memahami norma sosial.
2. Mendeskripsikan
pranata sosial.
3. Menganalisis
stratifikasi sosial.
|
Pokok
Bahasan : 2
Struktur sosial
budaya masyarakat.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Konsep
dasar norma social
2. Pranata
sosial
3. Stratifikasi
sosial
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
5
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
konsep dasar, tujuan dan pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mandeskripsikan
dan memahami pengertian dan konsep dasar sosialisasi
2. Mamahami
tujuan sosialisasi
|
Pokok
Bahasan : 3
Konsep dasar,
tujuan dan pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Pengertian
dan konsep dasar sosialisasi
2. Tujuan
sosialisasi
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
6
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
agen-agen sosial
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mendeksripsikan
agen-agen sosialisasi
2. Mendeskripsikan
bentuk-bentuk agen sosialisasi
|
Pokok
Bahasan : 3
Agen-agen sosial
Sub
Pokok Bahasan :
1. Pengertian
agen-agen sosialisasi
2. Bentuk-bentuk
agen sosialisasi
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
7
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
model sosialisasi, termasuk pola asuh dalam berbagai kebudayaan
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mendeskripsikan
dan memahami model sosialisasi dalam berbagai kebudayaan di masyarakat
2. Mendeskripsikan
dan memahami model sosialisasi dalam pola asuh keluarga dalam berbagai
kebudayaan.
|
Pokok
Bahasan : 4
Model
sosialisasi, termasuk pola asuh dalam berbagai kehidupan.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Model
sosialisasi kebudayaan di masyarakat
2. Model
sosialisasi dalam pola asuh keluarga dalam berbagai kebudayaan
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
8
|
Ujian Tengah Semester
|
|
|
|
|
|
9
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
konsep, proses, dan teori perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mendeskripsikan
dan memahami teori perubahan sosial budaya
2. Memahami
konsep proses perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
|
Pokok
Bahasan : 5
Konsep, proses,
dan teori perubahan sosial budaya terhadap pendidikan.
Sub
Pokok Bahasan :
1. Teori
perubahan sosial budaya
2. Konsep
perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
10
|
Kompetensi
dasar :
Menganalisis
keterkaitan pendidikan dengan kebudayaan.
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1. Mendeskripsikan
beberapa pendekatan teori kebudayaan.
2.
3. Mendeskripsikan
beberapa implikasi teori kebudayaan dalam pendidikan
|
Pokok
Bahasan : 6
Keterkaitan
pendidikan dengan kebudayaan
Sub
Pokok Bahasan :
1. Pendekatan
yang digunakan pada teori kebudayaan
2. Implikasi
teori kebudayaan dalam pendidikan
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
11-12
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
kultur kebudayaan dan fenomena yang
ada di lingkungan sekolah
Indikator
: Mahasiswa
dapat
1.
Memahami
budaya yang ada di sekolah
2.
Memahami
fenomena sosial dan budaya yang ada di sekolah
|
Pokok
Bahasan : 7
Kultur kebudayaan
dan fenomena yang
ada di lingkungan sekolah
Sub
Pokok Bahasan :
Konsep budaya yang
ada di sekolah
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
13
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan sekolah
Indikator
: Mahasiswa
dapat
Memahami
cara-cara proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan masyarakat dan di
sekolah
|
Pokok
Bahasan : 7
Proses
terbentuknya kebudayaan di lingkungan sekolah
Sub
Pokok Bahasan :
Proses
terbentuknya kebudayaan di lingkungan masyarakat dan di lingkungan sekolah
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
14
|
Kompetensi
dasar :
Mendeskripsikan
pendidikan multikultur
Indikator
: Mahasiswa
dapat mengetahui dan memahami pendidikan multikultur,
perbedaan kebudayaan yang ada di wilayah indonesia
|
Pokok
Bahasan : 8
Pendidikan Multikultur
Indikator
:
Pendidikan multikultur, perbedaan kebudayaan yang ada
di wilayah Indonesia
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
15
|
Kompetensi
dasar :
Menuliskan
pemikiran kreatif dan proaktif dalam mengatasi masalah pendidikan di
Indonesia
Indikator:
mahasiswa dapat
1.
mengemukakan
dan menemukan isu-isu sosial budaya di Indonesia
2.
mendeskripsikan
dan menyumbangkan pemikiran mengenai penyelesaian permasalahan pendidikan
yang ada di Indonesia
|
Pokok
Bahasan : 9
Menuliskan Ide pemikiran kreatif dan proaktif dalam
mengatasi masalah pendidikan di Indonesia
Indikator
:
1. Isu-Isu Sosial Budaya di Indonesia
2. Mendeskripsikan pemikiran mengenai permasalahan
pendidikan yang ada di Indonesia
|
Ceramah, Diskusi
dan Tanya Jawab, Penugasan
|
White Board, LCD
|
150 Menit
|
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment