Sunday, February 26, 2017

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN (SILABUS) MATA KULIAH SOSIOANTROPOLOGI PENDIDIKAN

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
(SILABUS)

Mata Kuliah               : Sosioantropologi Pendidikan
Komak/SKS                : KON 612104 / 2
Deskripsi Singkat       : Mata kuliah Sosio-Antropologi Pendidikan ini menggambarkan kontribusi ilmu Sosiologi dan Antropologi terhadap fenomena pendidikan yang ada di masyarakat. Adapun aspek-aspek yang dibahas adalah mengenai proses sosial, struktur sosial, keterkaitan pendidikan dan kebudayaan, sosialisasi, perubahan sosial budaya, sekolah sebagai sistem sosial budaya serta isu-isu sosial budaya dalam pendidikan.
                                      Pada mata kuliah ini juga memberikan bekal pengetahuan fondasional tentang pentingnya iklim, pendekatan dan pengaruh sosial budaya, baik dari sekolah maupun dari luar sekolah (keluarga, peer group, masyarakat-bangsa dan media masa) dalam masyarakat yang multicultural (pluralistic) dan pendidikan yang paling sesuai dengan manusia (anthropos) Indonesia dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia kini dan masa depan.

Kompetensi Baku :

1.      Mahasiswa memahami konsep tentang pentingnya mempelajari Sosio-Antropologi Pendidikan.
2.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menjelaskan ruang lingkup sosioantropologi pendidikan.
3.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan proses sosial dalam kehidupan masyarakat.
4.      Mahasiswa mampu menganalisis struktur sosial budaya masyarakat.
5.      Mahasiswa mampu hubungan pendidikan dan kebudayaan.
6.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan pentingnya sosialisasi bagi kehidupan individu dalam masyarakat.
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan perubahan sosial budaya.
8.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan peran sekolah sebagai sistem sosial budaya.
9.      Mahasiswa mampu menganalisis pendidikan dari sudut pandang sosial budaya.


Program Kuliah :

Pert
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pokok Bahasan (PB), Sub Pokk Bahasan (SPB)
Metode
Media/Alat Bantu Ajar
Waktu
Referensi
1
Kompetensi dasar :
Memahami urgensi mata kuliah, dan kontrak belajar dalam mencapai kompetensi dasar pada mata kuliah Sosio Antropologi Pendidikan.

Indikator : Mahasiswa dapat
1.   Memahami urgensi mata kuliah dalam mencapai kompetensi dasar.
2.   Mengaplikasikan kontrak belajar yang sudah disepakati bersama.
3.   Menyiapkan bahan/materi sebagai tugas presentasi.
Pokok Bahasan :
Pengantar dan kontrak belajar perkuliahan Sosio Antropologi Pendidikan.



Sub Pokok Bahasan :
1.    Penjelasan tentang posisi dan urgensi mata kuliah
2.    Tugas perkuliahan
3.    Komponen materi dan referensi
4.    Sistem penilaian
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
White Board, LCD
150 Menit
-
2
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan pentingnya mempelajari sosio antropologi pendidikan.

Indikator : Mahasiswa dapat
1.    Mendeskripsikan hubungan masyarakat dengan kebudayaan.
2.    Mendeskripsikan hubungan pendidikan dengan masyarakat.
3.    Mendeskripsikan hubungan pendidikan dengan kebudayaan.
Pokok Bahasan :
Pentingnya mempelajari sosio antropologi pendidikan

Sub Pokok Bahasan :
1.    Hubungan masyarakat dengan kebudayaan
2.    Hubungan pendidikan dengan masyarakat
3.    Hubungan pendidikan dengan kebudayaan
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

3
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan proses sosial dalam kehidupan bermasyarakat.


Indikator : Mahasiswa dapat
1.    Memahami pentingnya interaksi sosial
2.    Memahami bentuk-bentuk interaksi sosial.

Pokok Bahasan : 1
Proses sosial dalam kehidupan bermasyarakat.


Sub Pokok Bahasan :
1.    Pentingnya interaksi social
2.    Bentuk-bentuk interaksi sosial
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

4
Kompetensi dasar:
Menganalisis struktur sosial budaya masyarakat

Indikator: Mahasiswa dapat
1.    Mendeskripsikan dan memahami norma sosial.
2.    Mendeskripsikan pranata sosial.
3.    Menganalisis stratifikasi sosial.
Pokok Bahasan : 2
Struktur sosial budaya masyarakat.


Sub Pokok Bahasan :
1.    Konsep dasar norma social
2.    Pranata sosial
3.    Stratifikasi sosial
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

5
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan konsep dasar, tujuan dan pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat

Indikator : Mahasiswa dapat
1.    Mandeskripsikan dan memahami pengertian dan konsep dasar sosialisasi
2.    Mamahami tujuan sosialisasi
Pokok Bahasan : 3
Konsep dasar, tujuan dan pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Sub Pokok Bahasan :
1.    Pengertian dan konsep dasar sosialisasi
2.    Tujuan sosialisasi
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

6
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan agen-agen sosial

Indikator : Mahasiswa dapat
1.   Mendeksripsikan agen-agen sosialisasi
2.   Mendeskripsikan bentuk-bentuk agen sosialisasi
Pokok Bahasan : 3
Agen-agen sosial

Sub Pokok Bahasan :
1.    Pengertian agen-agen sosialisasi
2.    Bentuk-bentuk agen sosialisasi
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

7
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan model sosialisasi, termasuk pola asuh dalam berbagai kebudayaan

Indikator : Mahasiswa dapat
1.   Mendeskripsikan dan memahami model sosialisasi dalam berbagai kebudayaan di masyarakat
2.   Mendeskripsikan dan memahami model sosialisasi dalam pola asuh keluarga dalam berbagai kebudayaan.
Pokok Bahasan : 4
Model sosialisasi, termasuk pola asuh dalam berbagai kehidupan.

Sub Pokok Bahasan :
1.    Model sosialisasi kebudayaan di masyarakat
2.    Model sosialisasi dalam pola asuh keluarga dalam berbagai kebudayaan
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

8
Ujian Tengah Semester




9
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan konsep, proses, dan teori perubahan sosial budaya terhadap pendidikan

Indikator : Mahasiswa dapat
1.   Mendeskripsikan dan memahami teori perubahan sosial budaya
2.   Memahami konsep proses perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
Pokok Bahasan : 5
Konsep, proses, dan teori perubahan sosial budaya terhadap pendidikan.

Sub Pokok Bahasan :
1.    Teori perubahan sosial budaya
2.    Konsep perubahan sosial budaya terhadap pendidikan
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

10
Kompetensi dasar :
Menganalisis keterkaitan pendidikan dengan kebudayaan.

Indikator : Mahasiswa dapat
1.    Mendeskripsikan beberapa pendekatan teori kebudayaan.
2.     
3.    Mendeskripsikan beberapa implikasi teori kebudayaan dalam pendidikan
Pokok Bahasan : 6
Keterkaitan pendidikan dengan kebudayaan

Sub Pokok Bahasan :
1.    Pendekatan yang digunakan pada teori kebudayaan
2.    Implikasi teori kebudayaan dalam pendidikan
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

11-12
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan kultur kebudayaan dan fenomena yang ada di lingkungan sekolah

Indikator : Mahasiswa dapat
1.      Memahami budaya yang ada di sekolah
2.      Memahami fenomena sosial dan budaya yang ada di sekolah
Pokok Bahasan : 7
Kultur kebudayaan dan fenomena yang ada di lingkungan sekolah

Sub Pokok Bahasan :
Konsep budaya yang ada di sekolah
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

13
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan sekolah

Indikator : Mahasiswa dapat
Memahami cara-cara proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan masyarakat dan di sekolah
Pokok Bahasan : 7
Proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan sekolah

Sub Pokok Bahasan :
Proses terbentuknya kebudayaan di lingkungan masyarakat dan di lingkungan sekolah
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

14
Kompetensi dasar :
Mendeskripsikan pendidikan multikultur

Indikator : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami pendidikan multikultur, perbedaan kebudayaan yang ada di wilayah indonesia
Pokok Bahasan : 8
Pendidikan Multikultur

Indikator :
Pendidikan multikultur, perbedaan kebudayaan yang ada di  wilayah Indonesia
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

15
Kompetensi dasar :
Menuliskan pemikiran kreatif dan proaktif dalam mengatasi masalah pendidikan di Indonesia

Indikator: mahasiswa dapat
1.      mengemukakan dan menemukan isu-isu sosial budaya di Indonesia
2.      mendeskripsikan dan menyumbangkan pemikiran mengenai penyelesaian permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia

Pokok Bahasan : 9
Menuliskan Ide pemikiran kreatif dan proaktif dalam mengatasi masalah pendidikan di Indonesia

Indikator :
1. Isu-Isu Sosial Budaya di Indonesia
2. Mendeskripsikan pemikiran mengenai permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab, Penugasan
White Board, LCD
150 Menit

16
Ujian Akhir Semester






No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...