Thursday, September 29, 2016

Masalah Bimbingan Pribadi Sosial


BK PRIBADI / SOSIAL

Masalah Bimbingan Pribadi Sosial

Dosen Pengampu :  Drs. Ahmad Hisbullah, MM.




Disusun Oleh :

Nama       :  Ari Yuarsa Saputra
NPM         :  15110009





 















SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP-PGRI) BANDAR LAMPUNG

 
2016




BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manusia sebagai   makhluk   pribadi   dan social   dalam   kehidupannya selalu tidak lepas dengan masyarakat di lingkungannya. Sebagai makhluk social, manusia mempunyai peranan yang khas dalam lingkungannya serta mempunyai kepribadian dan pola tingkah laku yang khas pula. Kita tahu bahwa   tidak   semua   manusia  dapat   dengan   mudah   untuk   mengubah   pola tingkah lakunya yang kurang sesuai terhadap lingkungannya.

Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan yang memberikan suatu   pengembangan   yang   efektif   kepada   setiap   individu   yang   berkaitan dengan pengembangan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap dalam bidang pribadi-sosial, akademik, dan karir yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan setiap individu. Setiap   individu   perlu   mengembangkan   dirinya   supaya   lebih   dapat menggali   potensi   yang   ada   dalam   dirinya   untuk   memperoleh   hasil   yang maksimal di masa yang akan datang.

B. Tujuan Makalah.
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu agar mahasiswa bisa mengerti dan memahami tentang masalah pribadi dan sosial










BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Bimbingan Pribadi
Bimbingan pribadi adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka memahami dirinya, mengenal lingkungan dunianya dan merencanakan masa depannya. Pengertian di atas menitikberatkan pada   upaya   pencapaian   tujuan   dan   tugas   perkembangan   pribadi   agar individu   dapat   mewujudkan   pribadi   yang   mampu   bersosialisasi   dan menyesuaikan diri.

B.     Pengertian Bimbingan Sosial
Bimbingan   sosial   merupakan   salah   satu   jenis   bimbingan   dalam kegiatan   bimbingan   dan   konseling  di   sekolah   yang   di   maksud  untuk mencapai pribadi yang mandiri, taqwa dan bertanggung jawab. Sehingga siswa mampu bertingkah laku dan berinteraksi secara baik terhadap guru, teman maupun masyarakat sekitar lingkungan dimana individu berada.

C.    Pengertian Bimbingan Pribadi Sosial
Bimbingan   pribadi-sosial  merupakan   salah   satu   bidang   bimbingan yang   ada   di   sekolah.   Menurut   Dewa   Ketut   Sukardi   (1993:   11) mengungkapkan   bahwa   bimbingan   pribadi-sosial   merupakan   usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial, seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan. Sedangkan menurut  pendapat  Abu  Ahmadi   (1991: 109)   Bimbingan  pribadi-sosial adalah,   seperangkat   usaha   bantuan   kepada   peserta   didik   agar   dapat mengahadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaian pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosial yang dialaminya.



Inti dari pengertian bimbingan pribadi-sosial yang dikemukakan olehAbu Ahmadi  adalah, bahwa bimbingan pribadi-sosial diberikan kepada individu,   agar   mampu   menghadapi   dan   memecahkan   permasalahan pribadi-sosialnya   secara   mandiri.   Hal   senada   juga   diungkapkan   oleh Syamsu   Yusuf   (2005:   11)   yang   mengungkapkan   bahwa   bimbingan pribadi-sosial adalah  bimbingan  untuk membantu  para individu dalam memecahkan masalah-masalah sosial-pribadi.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bimbingan pribadi-sosial merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh seorang ahli   kepada   individu   atau   kelompok,   dalam   membantu   individu menghadapi   dan   memecahkan   masalah-masalah   pribadi-sosial,   seperti penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan.

Yang tergolong dalam masalah-masalah sosial-pribadi adalah masalah hubungan dengan sesama teman, dengan dosen, serta staf, permasalahan sifat dan kemampuan diri, penyesuaian diri dengan lingkungan pendidikan dan masyarakat tempat mereka tinggal dan penyelesaian konflik.

D. Bentuk-Bentuk Bimbingan Pribadi Sosial
1.      Bentuk bimbingan pribadi
Ada beberapa bentuk bimbingan pribadi yang dilakukan oleh konselor dalam memberikan bimbingan kepada kliennya:
·         Bimbingan pribadi formal adalah bimbingan yang dilakukan oleh dewan guru dalam kelas tetapi tidak dalam jam pelajaran atau di luar jam pelajaran.
·         Bimbingan pribadi nonformal adalah bimbingan pribadi yang dilakukan oleh guru dengan cara siswa datang ke rumah guru atau dengan bimbingan secara privat khusus.
2.      Bidang bimbingan social
Bidang bimbingan sosial meliputi:
·         Pemantapan komunikasi
·         Pemantapan hubungan yang dinamis, harmonis dan produktif teman sebaya.
·         Pemantapan pemahaman kondisi dan peraturan sekolah.

E. Tujuan Bimbingan Pribadi Sosial
Tujuan   Bimbingan   Pribadi   Sosial   yaitu   untuk   memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu dalam menangani masalah pribadi. Merupakan layanan yang mengarah pada kepribadian yang   seimbang   dengan   memperhatikan   keunikan   karakteristik   pribadi serta ragam permasalahan individu. Dengan menciptakan lingkungan yang kondusif,   interaksi   pendidikan   yang   akrab,   mengembangkan   system pengembangan diri, sifat-sifat yang positif, serta ketrampilan-ketrampilan pribadi sosial yang tetap.


















BAB III
KESIMPULAN

Jadi   dapat   disimpulkan   bahwa   bimbingan   pribadi-sosial   adalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat mengahadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya, mengadakan penyesuaianpribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan social dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosial yang dialaminya. Dari beberapa   pengertian  diatas,  dapat  disimpulkan  bahwa  bimbingan pribadi-sosial   merupakan   suatu   bimbingan   yang   diberikan   oleh   seorang   ahli kepada   individu   atau   kelompok,   dalam   membantu   individu   menghadapi   dan memecahkan   masalah-masalah   pribadi-sosial,   seperti   penyesuaian   diri, menghadapi konflik dan pergaulan.


No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...