Saturday, May 13, 2017

PENJELAJAHAN BAHARI (EKSPLORASI SAMUDRA)

PENJELAJAHAN BAHARI (EKSPLORASI SAMUDRA)
Sekitar abad ke-15 di Eropa lahir temuan-temuan baru, misalnya temuan Nicolaus Copernius bahwa bumi itu bulat. Hal ini mendorong pelaut-pelaut dari spanyol, portugis dan negara-negara Eropa lainnya untuk berlayar menjelajahi samudra mencari daerah baru.
          Selain itu, jatuhnya konsatinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur perlayaran kewilayah yang banyak memiliki bahan rempah-rempah. Adannya semboyan Imperalisme Kuno: Gold (mencari kekayaan), Glory (mencari kejayaan), Gospel (menyebarkan agama kristen). Semboyan tersebut menjadi tujuan penjelajah samudra. Selain dengan keinginan berpetualang disertai dengan keadaan Eropa pada tahun 1450M -1650M menemui masa penemuan (Afe Of Discovery) dan masa perluasan kekuasaan (Age Of Expansional) mereka berlomba-lomba mengarungi samudra, dengan tujuan mencari daerah baru bagi perkembangan perdagangan dan kebutuhan mereka sendiri. Inilah yang disebut sebagai “ Masa penjelajah samudra dan penemuan-penemuan daerah baru”.
A. Penyebab Dilakukan Penjelajah Samudra
Ramainya perdagangan dilaut tengah, tergantung selama dan setelah berlangsungnya perang salib (1096-1291). Dengan jatuhnya kota konstatinopel (Byzantium) pada tahun 1453 ketangan Turki Usmani, aktifivitas  perdagangan antara orang eropa dan asia terputus. Sultan Mahmud II, penguasa turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang eropa beroprasi didaerah kekuasaan. Bangsa barat mengalami kendala kerisis perdagangan rempah-rempah.Oleh karena itu bangsa barat berusaha keras mencari sumbernya dengan melalukan penjelajahan samudra.Eropa pada tahun 1450-1650 menemui masa penemuan (Afe Of Discovery) dan masa perluasan kekuasaan (Age Of Expansional), ketika itu bangsa-bangsa eropa sudah dapat mengembangkan ilmu pngetahuan dibidang geografi dan teknologi. Mereka berlomba-lomba mengarungi samudra, padahal mereka belom yakin apakah dunia ini bulat seperti bola atau datar seperti meja. Inilah awal kolonialisme Eropa Renaissance dan Humanisme yang bertujuan untuk mempelajari, menyelidiki dan menggali ilmu pengetahuan. Maka pada abad ke-15 di Eropa melahirkan temuan-temuan baru, dan ditemukan teknologi kompas.
Selain itu, jatuhnya konstatinopel pada tahun 1453 ke Turki Usmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh turki utsmani. Adannya semboyan imperalisme kuno yang diiringi dengan semangat kekalahan perang salib juga menimbulkan semboyan 3G: Gold (mencari kekayaan), Glory (mencari kejayaan), Gospel (menyebarkan agama kristen).
Kekuatan kolonial utama bangsa eropa pada saat itu adalah Perancis, Inggris, Belanda, Portugis dan spanyol. Bangsa-bangsa ini begitu tertinggal, sehingga baru pada tahun 1350 mereka bisa melayari laut tengah dan ujung barat di spanyol dan ujung timur di turki. Padahal, orang-orang romawi telah melakukan hal yang sama 1000 tahun sebelumnya. Bahkan pada abad ke-15, orang-orang eropa hanya tahu sedikit tentang permukaan bumi.
Teknologi lah yang memungkinkan bangsa-bangsa eropa melakukan penjelajahan dunia. Selain kapal laut, Eropa barat telah menyempurnakan meriam. Kisah keberhasilan Sultan Muhammad II menaklukan konstatinopel pada tahun 1453 adalah bukti kedasyatan meriam. Teknologi meriam sangat membantu para pelaut karena mereka kekurangan prajurit untuk melindungi kapal. Selain kekurangan prajurit, mereka juga kekurangan pendayung yang biasanya menggunakan para budak atau orang-orang terpidana.
Pada abad ke-15, para pelaut eropa mulai megenal kompas yang dibawa para pedagang muslim dan cina. Kompas sangat membantu untuk menemukan arah pelayaran. Orang-orang Islam telah menemukan astrolobe pada abad ke-12, juga berjasa bagi para pelaut eropa.

B.  Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra dan Penemuan Daerah Baru
Ada beberapa faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran dan penjelajah samudra.
1.     Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhdap kekuasaan Islam dimana pun yang dijumpai sebagai tindak lanjut dari perang salib.
2.    Terdorong mewujudkan semangat GOLD, GLORY, GOSPEL, yang artinya mencari kekayaan, kejayaan, dan meyebarkan agama kristen.
3.    Timbilnya kemajuan IPTEK, seperti penemuan kompas, navigasi, mesin, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran.
4.    Adannya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo (1271-1292).
5.    Penemuan Copernicus yang menyatak bahwa bumi itu bulat seperti bola, matahari adalah pusat dari seluruh benda-benda antariska,. Bumi dan benda-benda antariska lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).
1.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Perkembangan ilmu pengetahuan pada akhir abad pertengahan, menimbulkan perubahan besar dan cepat (revolusi). Hal itu diperlihatkan dengan munculnya penemuan Nicolaus Copernicus dengan teori Heliosentris (Helios=Matahari, Centrum=Pusat), artinya Tata Surya ini berpusat pada matahari. Teori ini mebantah teori lama yang bersifat geosentris, (geos=bumi, centrum=pusat). Ajaran geosentris didukung dan disah kan oleh gereja sebagai salah satu ajaran resmi para penganut gereja khatolik.Kemudian, teori geosenstris dipertegas dan diperjelas oleh ilmuan dari itali, Galileo Galilei. Gagasan galileo dianggap bertentangan dengan ajaran gereja dan dinyatakan sebagai ajaran sesat.
Perkembangan pemikiran baru dari Copernicus dan galileo di Eropa mengubah pandangan masyarakat eropa tentang keberadaan bumi. Pernyatan itu mendorong orang-orang eropa untuk mengarungi lautan mencari daerah baru.Keinginan untuk mengarungi samudra semakin besar, ketika muncul buku karangan Marco Polo yang berjudul “Imago Mundi” (Citra dunia) dan ‘II Milline” (sejuta keajaiban). Dijelaskan tentang kejayaan yang melimpah di negeri timur (Cina dan Jepang). Kekayaan itu berupa emas, perak, dan sutra. Kisah dalam buku Marko polo itu memberikan dorongan bagi para pelaut Eropa untuk mengarungi samudra.

2.  Ekonomi
Faktor ekonomi merupakan faktor yang paling kuat mendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Sebelum menemukan daerah pusat rempah-rempah, bangsa Eropa hanya mendapatkan hasil dagangan di pusat-pusat perdagangan Asia Barat Daya. Barang dagangan yang diperoleh berasal dari India, Cina, jepang dan Asia Tenggara.
Keuntungan yang diperoleh oleh bangsa eropa dengan membeli barang dagangan dari pelabuhan Asia Barat sangat sedikit. Apalagi para pedagang Asia Barat menjual barang dagangan dengan harga yang mahal. Karena itu orang-orang eropa berkeinginan mencari barang dagangan dari pusartnya. Dengan begitu, mereka berharap memiliki keuntungan yang berlipat ganda.
3.  Politik
Faktor berikutnya yang mendorong bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra adalah peristiwa jatuhnya konstatinopel ke tangan penguasa turki Usmania tahun 1453. Peristiwa ini menyebabkan orang-orang eropa tidak mau berdagang di wilayah perdagangan asia barat. Akibatnya, perdagangan antara dunia timur dan barat terputus.
Perkembangan berikutnya, bangsa eropa mencari arah lain untuk menuju dunia timur. Keadaan ini menimbulkan gerakan pelayaran dan penjelajahan samudra secara besar-besaran.
4.  Idealisme
Keberhasilan para pelaut portugis dan spanyol merintis jalan laut menuju Nusantara, tidak hanya ekspedisi dari portugis dan spanyol, melainkan juga dari Inggris dan belanda. Bangsa eropa yang datang kedunia timur pun pada dasarnya dilatar belakangi oleh beberapa faktor idealisme dan merupakan tujuan yang utama mereka. Tujuan mereka sama yaitu Gold, Glory, dan Gospel.
Gold secara harfial berarti emas. Namun selain emas, orang-orang eropa secara khusus mencari rempah-rempah, yang merupakan sumber kekayaan yang sangan penting dan laku dipasaran eropa.Selain bermotif gold, para penjelajah pun mengharapkan Glory, atau kejayaan. Bukan hanya orang eropa saja yang mengejar kejayaan di Nusantara. Bahkan kata “Nusantara” merupakan lambang kejayaan majapahit yang berhasil menundukan kejayaan-kejayaan yang lemah.
Idealisme terakhir dari para penjelajah eropa adalah penyebaran agama Nasrani (gospel). Salah seorang tokoh penyebar agama nasrani di indonesia bagian timur, seperti di makassar, ambon, ternate, dan morontai adalah Fanciscus Xaverius arau Santo Francis xavierius (1506-1552). Xaverius bersama Santo Ingatius de Loyola mendirikan Ordo Yesuit.
C.  Bangsa Pelopor Penjelajah Samudra
Negara-negara yang mempelopori penjelajahan samudra adalah Portugis dan Spanyol, menyusul Inggris, Belanda, Prancis, Denmark, dan lainnya. Untuk menghindari antara portugis dan spanyol, maka pada tanggal 7 juni 1494 lahirlah perjanjian Tordesillah.



1.  Penjelajahan Portugis
Bartholomeus Diaz Menyusuri pantai barat, kemudian mengintari tanjung harapan pada tahun 1487. Dia harus kembali ke portugis karena di hadang topan dan sebagian awaknya memberontak. 10 tahun kemudian rintisan Dianz dilanjutkan oleh Vasco da Gama. 2 tahun pelayaran cukup memuaskan, Vasco da Gama kembali ke Lisbon dengan membawa contoh barang dari india. Raja Manuel (1495-1551) mengirim 13 kapal untuk menyiapkan pos perdagangan di india. Armada itu dipimpin oleh Pedro Alvares Cabral dan dibantu oleh Bartholomeus Diasz.
Telah berabad-abad pelaut muslim menguasai jalur perdagangan di samudra hindia. Mereka tidak mau melepaskan kepada pelaut portugis dengan sukarela. Pertempuran pun tidak bisa dihindari. Armada portugis merebut pelabuhan-pelabuhan muslim yang strategis. Atas kemenangan tersebut, portugis menunjuk Alfonso de  Albuquergeu sebagai gubernur india tahun 1509-1515. Dominasi Arab di Asia srlatan berakhir setelah meriam-meriam Albaquerque menaklukan pelabuhan kalikut, Ormuz, Goa dan malaka.
2.  Penjelajah Spanyol
Bangsa spanyol mampu membiayai penjelajah samudranya setelah Ratu Isabella dan Raja Ferdinald berhasil menyatukan kerajaan-kerajaan kecil.
Ratu isabella mempercayakan 3 kapalnya dibawah pimpinan Christoper Columbus. Kaal santra maria, pinta, dan nina berlabuh pada bulan oktober 1492 di sebuah pulau di Karibia. Columbus menamainnya San Salvador
Pelayaran Columbus sangat berguna bagi pelayaran selanjutnya. Columbus juga telah berhasil meng-kristenkan orang-orang indian. Pelayaran berlanjut keselatan untuk mengintari ujung benua Amerika. Kemudian, armadanya mengarungi fasifik sampai Filipina. Nama filipina dipakai untuk menandai keberhasilan Raja Phillip II, setelah kepulauan itu dikuasai tahun 1560.
Magellan terbunuh, namun pelayaran dilanjutkan oleh juan sebastian del cano. Armada itu berlayar dari maluku, lalu ke timor, menyebrangi samudra hindia hingga ke tanjung harapan. Akhirnya mereka kembali ke spanyol setelah melayari pantai barat afrika. Pelayaran ini membuktikan teori copernicus dan galileo bahwa bumi itu bulat.
Beberapa penjelalah terkenal telah berhasil menemukan pengganti jalur darat yang dikuasai sultan turki. Mereka adalah bartholomeus diaz, vasco da gama, dan alfonso del albuquerque dari portugis. Sedangkan spanyol mengutus christoper colombus, pelau genoa (italia) dan ferdinald magella.

D.  Tokoh Penjelajah Samudra
1.  Pelayaran Orang-orang Portugis
Orang-orang portugis menjadi pelopor berlayar mencari tempat asal rempah-rempah. Hal ini tidak lepas dari kiat pangeran hendry mualim (henry navigator)yang memberi hakhak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar sukses dari italia, spanyol, dan prancis. Tujuan supaya mereka bersedia tinggal dan berdagang di ibikota portugis.
a.       Bartholomeus Diaz
     Bartholomeus Diaz (bahasa inggris: bartholomeus diaz) (algatve,  1450-tanjung harapan, 29 mei 1500) adalah seorang penjelajah portugis yang berlayar mengelilingi tanjung harapan, ujung selatan dari afrika.  Pada tahun 1481, ia menyertai Diogo de Azambuja melakukan ekspedisi di pantai Emas. Dias adalah seorang Knight dari pengadilan kerajaan, pengawas gudang kerajaan, dan berlayar-master dari perang-perang. Dias meninggalkan Lisbon di bulan Agustus, 1487 memimpin ekspedisi tiga kapal. Utama-nya, Sao Caravel Cristovao, di kemudikan oleh Pero de Alenquer. Saudara Dias ‘Pero Dias’ adalah kapten kapal memasang persegi dukungan dengan Joao de Santiago sebagai pilot.
Ekspedisi berlayar selatan sepanjang pantai  Barat Afrika. Ekspedisi Dias mencapai titik terjauh pada 12 Maret 1488 ketika mereka berlabuh di kwaaihoek, dekat muara Bushman’s River, dimana padrao-the Padrao de Sao Gregorio didirikan sebelum kembali Dias ingin terus berlayar ke India, tetapi ia terpaksa kembali saat krunya menolak untuk melangkah lebih jauh ia hanya pada berjalan pulang bahwa ia benar-benar menemukan tanjung harapan, mei 1488. Dias kembali kelisbon pada bulan Desember tahun lalu, setelah tidak adannya enam belas bulan.
 Menggunakan pengalaman dengan perjalanan eksploratif, Dias membantu dalam pembangunan Gabriel Sao dan kapal adiknya, Dias hanya berpartisipasi di leg pertama perjalanan di Gama, sampai Cape Verde Islands. Armada pertama ini mencapai pantai Brazil pada tahun 1500, dan dilanjutkan ke arah Timur ke India. Dias tewas didekat Tanjung Harapan bahwa ia presciently telah bernama Tanjung Badai. Empat kapal mengalami badai besar dari jubah dan hilang, termaksuk Dias, pada tanggal 29 mei 1500
b.  Vasco da Gama
Vasco da Gama (1460-1524), menyelidiki portugis yang menemukan jalur jalan laut langsung dari Eropa ke india dengan berlayar mengelilingi Afrika. Orang-orang portugis sudah lama mencapai jalur ini sejak saat pangeran Henry Sang Navigator (1394-1460). Tahun 1488 sebuah ekspedisi portugis dibawah pimpinan Bartolomeus Dias telah sampai dan mengintari tanjung harapan diujung selatan afrika dan kembali keportugis. Dengan keberhasilan ini, Raja Portugis Mahfum bahwa usaha lama mencari jarak terpendek ke india kini hampir mendekati kenyataan. Tetapi, ada berbagai penundaan, dan baru tahun 1497 sebuah ekspedisi keindia benar-benar dilaksanakan.
Da Gama mengintaru Tanjung Harapan pada tanggal 22 Novemver, kemudian berlayar keutara menelusuri pantai timur Afrika. Dalam pelayaran ke utara itu dia membuah sauh di berbagai kota yang dikuasai orag muslim, termaksuk Mambasa dan Malindi yang kini bernama Kenya. Tanggal 20 mei 1498, sekitar 10 bulan sesudah keberangkatan dari portugis da gama sampai di Calicut, kota pusat perdagangan paling di india bagian selatan. Penguasa Hindu di Calicut, Zamorin.
Dalam pelayarannya, Vasco da gama sempat singgah di pantai Afrika Timur. Da Gama melanjutkan ekspedisinya memasuki samudra hindia dann laut arab. Perjalana da gama tiba di Calcuta pada tanggak 22 mei 1498 berupaya mendirikan pos perdagangan.Tingkah laku da Dama dalam ekspedisi ini benar-benar ganas. Diluar perairan pantai india dia merampas sebuah kapal arab yang sedang lewat dan sesudah memindahkan muatannya tetapi, tidak menumpangnya, dia bakar kapal itu ditengah laut. Kesemua penumpang yang ada diatas kapal, termaksuk wanita dan anak-anak, musnah.
Arti penting utama perjalanan Vasco da Gama adalah karena dia membuka jaur laut langsung antara Eropa dan India serta Timur jauh,  yang faedahnya bisa turut dikecap oleh banyak negara. Dalam jangka pendek, faedah terbesar karuan jatuh pada portugis. Melalui jalur perdagangan ke timur, negri yang tadinya melarat ini dipinggiran Eropa yang berbudaya mendadak sontak jadi negri terkaya di Eropa.
Pembukaan jalur perdagangan baru ke india oleh Vasco da Gama membawa akibat kemunduran luar biasa buat pedagang-pedagang muslim yang tadinya menguasai jalur perdagangan disamudra indonesia. Pedagang-pedagang muslim ini segera sepenuhnya dikalahkan dan tempatnya digantikan oleh portugis. Jalur perdagangan lewat darat antara india ke Eropa menjadi tidak berguna karena jalut laut lewat Afrika yang dirintis oleh portugis jauh lebih murah.Akhirnya, pengaruh terbesar dari perjalanan Vasco da Gama tidaklah terhadap Eropa atau TimurTengah, tetapi lebih banyak terhadap India dan Asia Tenggara.


c.   Alfonso d’Albuquerquer
Alfonso d’Albuquerquer (juga dieja Afonso d’Albuquerque atau Alfoso de Albuquerque; Alhandra, Portugal, 1453 – Goa, 16 Desember 1515) adalah seorang pelaut portugis terkenal yang berperan dalam pembentukan pemerintahan kolonial portugis di Asia. Lahir di alhandri pada tahun 1453, di dekat kota lisbon, portugal, dia pada masa di kenal sebagai The Great, The Caesar Of The East and as The Portuguese Mars. Ayahnya, Goncola de Albuquerque, Lord of Vila Verde dos Francos (yang menikah dengan Leonor de menezes) memegang posisi yang cukup penting di pemerintahan. Dari ayahnya pula ia memiliki hubungan darah / keturunan dengan keluarga kerajaan Portugal.Alfonso d’Albuquerquer adalah seorang menulis yang produktif, memiliki banyak menulis surat kepada raja pelaporan semua jenis hal semua gubenur, dari masalah kecil untuk strategi utama.
2.  Pelayaran Orang-Orang Spanyol
a.  Christopher  Columbus
 Christopher  Columbus (30 Oktober 1451-30 Mei 1506) adalah seorang penjelajah dan pedagang yang menyeberangi samudra Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 oktober 1492 di bawah bendera Castilian Spanyol.Ia percaya bahwa bumi itu berbentuk bola kecildan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke timur jauh melalui jalur barat.Columbus bukanlah orang pertama yang sampai di amerika,yang ia dapati sudah sudah di duduki.ia mengganggap bahwa orang orang viking lah yang pertama yang berkunjung ke Amerika.
3.  Pelayaran Orang Orang Inggris
a.  Sir francis drake
Adalah seorang pelaut kapal perng,navigator,pahlawan anggkatan laut,politikus,dan insinyur sipil berkebangsaan inggris pada masa elizabethan.ia adalah orang inggris pertama yang mengelilingi bumi dari 1577-1580 dan pulangnya di lantik sebagai kaisar oleh ratu elizabet I.Pada tahun 1577 drake berangkat berlayar dari inggris ke arah barat rombonga ini memborong rempah rempah di ternate.setelah mendapatkan banyak rempah rempah drake pulang ke negerinya dan sampai di Inggris pada tahu 1580.
b.  Pilgrim fathers
       Rombongan ini menamakan diri sebagai pilgrim father melakukan pelayaran ke arah barat.kapal yang bernama may flower berhasil membawa rombongan ini mendarat di amerika utara.
c.   Sir James Lancester Dan George Raymond
      Lancer berhasil mengadakan pelayaran sampai ke aceh dan penang.dan pada bulan juni 1602 maskapai perdagangan inggris (EIC) berhasil tiba di aceh dan terus menuju banten.di banten,dia mendapatkan ijin mendirikan kantor dagang.
d.  Sir Hendry Middleton
        Pelayaran hendry mencapai ternate,tidore,ambon,dan banda.akan tetapi terjadi persaingan antara voc.Selama tahun 1611-1617,orang orang inggris mendirikan kantor dagang di sukadana (kalimantan barat daya),makasar,jayakarta,jepara,aceh,pariaman,dan jambi.
e.  William Sampier Dan James Cook
Dampier melakukan pelayaran dan berhasil mendarat di australia.ia terus melanjutkan pelayarannya dengan menelusuru pantai ke arah utara.sedangkan pada tahun 1770 cook berhasil mendarat di pantai timur australia dan menjelajahi pantai australia secara menyeluruh pada tahun 1771.oleh karena itu james cook di sebut sebagaipenemu benua australia.
4.  Pelayaran Orang Orang Belanda
Sebenarnay para pedagang beanda dulunya membeli rempah rempah melalui pedagang spayol di pusat pasar lisabon.akan tetapi setelah lisabon di kuasai spayol,akhirnya belanda mencari pusat rempah rempah sendiri.berikuti ini adalah beberapa pelaut yang melakukan penjelajahan dunia:
a)   Barentz
       Sekitar tahun 1594,Barent barentz mencari daerah timur (Asia) melalui jalur utara.Akan tetapi perjalanannya terhambat karna air laut membeku sesampainya di kutup utara,dan akhirnya dia berhenti di suatu pulau yang bernama novaya zemlya,dan memutuskan untuk kembali dan akhirnya meninggal dalam perjalanan.
b)  Cornelis De Houtman
       Adalah seorang penjelajah yang menemukan jalur perdagangan dari eropa ke indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah rempah bagi belanda tahun 1592.Cornelis de houtman dikirim para pedagang amsterdam ke lisboa untuk menemukan sebanyak banyak mungkin informasi mengenai kepulauan rempah rempah dan ia memastikan bahwa banten merupakan tempat paling tepat untuk membeli rempah rempah.Sekitar tanggal 27 Juni 1596 ekspedisi de hOoutman tiba di baten.Penduduk awalnya penduduk bersahabat aka tetapi setelah tabiat buruknya keluar,sultan banten dan petugas portugis mengusir kapal belanda.Selanjutnya ekspedisi de Houtman berlanjut ke utara pantai jawa ke madura dan berlayar kembali ke bali dan berhasil menemukan pot Merica.
c)   Abel Tasman
      Dia adalah seorang penjelajah dn pedagang kebangsaan belanda yang terkenal dengan pelayaran pada tahun 1642dan 1644 dia adalah orang eropa pertama yang mencapai kepulauan tanah van deimen (tasmania) dan selandia baru serta fiji.
E. Dampak Penjelajahan Samudra
      Dampak penjelajahan samudra dan penemuan daerah baru yakni berupa sisi positif dan negatif, sisi postifnya antara lain yakni adanya uji coba terhadap kebenaran suatu ilmu pengetahuan. Seperti pembuktian terhadap kebenaran bumi bulat serta penerapan ilmu-ilmu Navigasi dan maritim yang berguna bagi dunia  pelayaran hingga saat ini, berkembangnya agama katolik dan protestan. Di berbagai belahan dunia. Yang di bawa dan disebarkan oleh para penjelajah dan penemu daerah baru ( Gospel ). Serta berubanya pola perdagangan yang semula bersumber langsung dari daerah asal menjadi sistem perdagangab transito yang mengakibatkan berbaurnya kebudayaan lokal dengan kebudayaan yang baru atau asing yang dibawa oleh para pejelajah samudra terserbut.

Namun semua sisi baik atau positif tersebut tidak terbayar mahal dengan sisi negatif yang ditimbulkan oleh penjelajahan samudra dan penemuan daerah baru tersebut segi negatifnya yakni kebencian terhadap kaum muslim. Dilandasi Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib. Selain itu dampak atau sisi negatif lain dari penjelajahan dan penemuan daerah baru yakni adanya suatu faham yang berkembang dan cenderung menyimpang yakni Kolonialisme dan Imperialisme dimana pengertiannya bahwa  Kolonialisme adalah suatu usaha untuk melakukan system permukiman warga dari suatu Negara diluar wilayah Negara induknya atau Negara asalnya.sedangakan Imperialisme sendiri adalah usaha memperluas wilayah kekuasaan atau jajahan untuk mendirikan imperium atau kekaisaran. Atau secara implisit dapat diartiakan sebagai sebuah penjajahan yang dilakukan oleh bangsa barat terhadap bangsa atau daerah baru yang telah ditemukan bahkan dikuasainya baik secara moril ataupun materil atau kekayaan dan eksploitasi terhadap kekayaan alamnya. Dengan semboyan Glory dan Goldnya. Disamping monopoli perdagangan yang diterapkanya.

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...