SOAL UTS
Pilihan Ganda 1-40
1.
Pada
tanggal berapakah hari guru nasional berdiri?
A.
25
november
B.
26
november
C.
27 November
D.
28
November
E.
29 November
2.
Siapakah
pendiri Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)?
A.
Soekarno
Hatta
B.
Prabanda
Prabowo
C.
Amin
Singgih
D.
Soeharto
E.
Ratna
Sari Dewi
3.
Kongres
persatuan guru republik Indonesia digelar dikota?
A.
Surakarta
B.
Jawa
Barat
C.
Jakarta
D.
Jawa
Timur
E.
Medan
4.
Para
guru yang mengadakan kongres serentak bersatu mengisi kemerdekaan dengan
memiliki 3 tujuan yaitu?
A.
(1) mencapai
keinginan cita cita organisasi, (2) tiap anggota organisasi mendapatkan
keuntungan dan keberhasilan, (3) kemandirian dan kemampuan dalam sebuah
organisasi
B.
(1) mempertahankan
dan menyem- purnakan Republik Indonesia; (2) mempertinggi tingkat pendidikan
dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan; dan (3) membela hak dan
nasib bu- ruh umumnya, guru pada khususnya.
C.
(1) melayani
serta memenuhi tiap anggota, (2) mencapai suatu kegiatan yang dilakukan
organisasi, (3) memiliki kepentingan dalam organisasi pgri
D.
(1) mengkordinasikan
dalam kegiatan kelompok pgri, (2) membela dalam kelompok pgri, (3)
mempertahankan dalam urusan organisasi
E.
(1) penyatuan
dalam bagian organisasi pgri, (2) memperkuat dasar dasar pgri, (3) mencapai suatu
kegiatan dalam organisasi
5.
Didalam
pgri terdapat 2 legalitas berdiri nya pgri adalah?
A.
Terdaftar
pada mengacu pada status hukum dan mengacau pada perusahaan atau bisnis
B.
Terdaftar
pada persetujuan dalam departemen dan badan usaha hukum
C.
Terdaftar
pada penyatuan hukum dan tenaga kerja
D.
Terdaftar
pada departemen kehakiman dan Terdaftar pada departemen tenaga kerja RI
E.
Terdaftar
pada organisasi pgri dan pada dasar PGRI
6.
Tekad
kaum guru Indonesia untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan diwujudkan dalam
lahirnya?
A.
Naskom
B.
PGRI
C.
Peta
D.
Pancasila
E.
UUD
7.
Kongres
PGRI dilaksanakan pada tahun berapa dan dimana?
A.
1945 Bali
B.
1940 Aceh
C.
1945
Surakarta
D.
1947
Yogyakarta
E.
1948
Jakarta
8.
Organisasi
Persatuan Guru Hindia Belanda ( PGHB ) didirikan pada tahun?
A. 1915
B. 1908
C. 1945
D. 1912
E. 1910
9.
Ketua
dari organisasi PGHB adalah
A.
Ahmad
Soebardjo
B.
Bj.
Habibie
C.
Bung
Karno
D.
Karto Soebroto
E.
Soekarno
Hatta
10. 1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
2) Mempertahankan dan menyempurnakan republik
indonesia
3) Membela, mempertahankan, mengamankan dan
mengamalkan Pancasila.
4) Mengkordinasikan dalam suatu undang undang
dasar 1945
Yang
termasuk kedalam fungsi organisasi pgri adalah?
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
2 saja
11. Organisasi pgri memilik beberapa tugas yaitu?
A.
Mempertahankan
kekuasaan Negara dan kepentingan sendiri dalam organisasi pgri
B.
Menjadi
teladan bangsa mengembangkan sistem dan pelaksanaan pendidikan nasional dalam PGRI
yang selalu berusaha untuk terlaksananya sistem pendidikan nasional
C.
Mematuhi
aturan Negara dan kesadaran dan sikap guru, meningkatkan mutu dan
kemampuanprofesi guru dan tenaga kependidikan lainnya
D.
Memelihara
dan mempertinggi kesadaran guru akan profesinya untuk meningkatkan mutu,
keahlian, kemampuan, pengabdian, prestasi dan kerja sama.
E.
Berperan
aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan bangsa dan membentuk manusia
Indonesia seutuhnya, PGRI bersama komponen bangsa melaksanakan pembangunan
bangsa khususnya dibidang pendidikan demi terwujudnya bangsa yang cerdas dan
membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
12. Apa saja manfaat dari organisasi pgri bagi guru
Indonesia?
A.
Untuk
setiap guru mampu mengelola kelas dengan baik, berjiwa sosial, kematangan
berpikir menunjang karir, dan meningkatkan profesional
B.
Untuk
mewujudkan prinsip dan pendekatan ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan harkat
dan martabat seorang guru
C.
Untuk
membela dan melindungi guru sebagai pekerja yang profesional
D.
Untuk
memperjuangkan terwujudnya hak-hak guru dan tenaga kependidikan
E.
Untum
melakukan evaluasi guru dalam pelaksaan sertifikas guru
13. Fungsi peningkatan kemampuan profesional dan
profesi ada dua yaitu?
A.
Fungsi injektif
dan fungsi surjektif
B.
Fungsi
pemersatu dan fungsi peningkatan kemampuan profesional
C.
Fungsi relasi
dan fungsi konstan
D.
Fungsi identitas
dan fungsi mutlak
E.
Fungsi
profesional guru dan fungsi pemersatu guru
14. 1) Berperan serta mengembangkan sistem dan pelaksanaan
pendidikan nasional.PGRI selalu berusaha untuk terlaksananya sistem pendidikan
nasional
2) Pelatihan dan Pengembangan Profesional,
Organisasi profesi sering menyelenggarakan pelatihan dan program pengembangan
profesional bagi anggotanya. Guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk
meningkatkan keterampilan dan menambah wawasan dalam bidang pendidikan.
3) Mendapatkan Informasi Terbaru, Organisasi
profesi sering menyediakan informasi terbaru dan terkini tentang perkembangan
pendidikan dan teknologi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melakukan
tugasnya dengan lebih baik.
4) Mempertinggi kesadaran dan sikap guru,
meningkatkan mutu dan kemampuan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya,
PGRI berusaha dengan sungguh-sungguh agar guru menjadi profesional sehingga
pembangunan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat direalisasikan
5) Dukungan dan Kerjasama, Organisasi profesi
memberikan dukungan dan kerjasama bagi anggotanya dalam hal pengembangan
profesional dan resolusi masalah yang dihadapi. Guru dapat memanfaatkan
dukungan dan kerjasama ini untuk meningkatkan kualita pembelajaran bagi siswa.
Yang termasuk kedalam motivasi organisasi pgri
adalah?
A.
1,4,5
B.
1,2,3
C.
2,3,5
D.
2,3,4
E.
1,2,4
15. Setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan
Indonesia, Cikal bakal organisasi
PGRI diawali dengan nama?
A.
GBHN
B.
PGHB
C.
PGI
D.
Nasakom
E.
Pancasila
16. Makna organisasi PGRI bagi guru terbagi menjadi
tiga yaitu?
A.
Makna dari
susunan yang terdiri dari orang orang dalam perkumpulan pencapaian tujuan
bersama
B.
Makna dari
pembentukan hubungan otoritas yang efektif di antara pekerjaan, pekerja, dan
tempat kerja yang dipilih agar kelompok dapat bekerja sama secara efisien.
C.
Makna memberikan
arahan serta aturan pengelompokan kerja untuk mengetahui apa yang harus dan
tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi.
D.
Makna
dari terwujudnya PGRI sebagai organisasi perjuangan dan makna dari terwujud nya
PGRI sebagai organisasi profesi
E.
Makna terciptanya
hubungan antar manusia dan pekerjaan sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih
baik dan efisien.
17. Apa saja landasan dari organisasi PGRI kec
A.
Landasan
sosiologis, psikologi, kultural
B.
Landsan hukum,
konstitusional, religius
C.
Landasan
teknologi, sejarah, ekonomi
D.
Landasan
pendidikan, ilmiah, historis
E.
Landasan
empiris, landasan filosofis, landasan yuridis
18. Berikut ini adalah tujuan PGRI, kecuali…
A.
memperkuat
berdirinya RI
B.
memperbaiki
dan menyempurnakan pendidikan dan pengajaran rakyat republik Indonesia
C.
memperhatikan kedudukan kaum pendidik dalam
masyarakat
D.
memperkaya diri sendiri
E.
Mengembangkan
kedudukan sebagai guru nasional
19. Peran yang dilaksanakan PGRI sebagai organisasi
perjuangan, adalah?
A.
Pemikir,
penyeimbangan pola kemitraan, penekan
B.
mengembangkan
system dan pelaksanaan pendidikan nasional, Mempertinggi kesadaran dan sikap
guru
C.
Meningkatkan
pola seorang guru, dan mempertinggi kesadaran oleh guru
D.
Menekan
kan sistem nasional guru, membentuk guru Indonesia seutuhnya, berperan aktif
dalam guru
E.
Meningkatkan
mutu dan profesi seorang guru
20. Hakikatnya pendidikan nasional guru adalah perwujudan dan kehendak
dari UUD 1945 utamanya pasal 31 tentang pendidikan dan kebudayaan yang
berbunyi?
A.
Melaksanakan
tugas pokok pendidikan setiap warga negara
B.
meningkatkan
keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa
C.
Setiap
warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan Setiap warga negara wajib
mengikuti pendidikan dasar pemerintah wajib membiyayainya.
D.
memajukan
ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan
persatuan bangsa
E.
Pentingnya
undang-undang sebagai tumpuan bangunan pendidikan nasional
21. Landasan filosopis pendidikan nasional
memberikan penegasan bahwa
penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia hendaknya mengimplementasikan ke
arah kecuali?
A.
Sistem
pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma persatuan bangsa dari
segi sosial, budaya, ekonomi dan memlihara keutuhan bangsa dan negara.
B.
Sistem
pendidikan nasional yang menjamin terwujudnya manusia seutuhnya yang beriman
dan bertaqwa, menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokratis, cinta tanah air
C.
Sistem
pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma keadilan sosial untuk
seluruh warga negara Indonesia.
D.
Sistem pendidikan
berhak mendapatkan pendidikan dasar pemerintah dalam organisasi indonesia
E.
Sistem
pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma kerakyatan dan demokrasi
Pendidikan hendaknya memberdayakan pendidik dan lembaga pendidikan untuk
terbentuknya peserta didik menjadi warga yang memahami dan menerapkan prinsip
kerakyatan dan demokrasi
22. Berikut ini yang termasuk tujuan pgri secara
umumnya adalah?
A.
Mampu menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru
professional
B.
Melaksanakan
upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi perjuangan,
organisasi profesi maupun organisasi ketenagakerjaan
C.
Menjunjung
dalam organisasi dalam Pgri
F.
Meningkatkan
keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka
mencerdaskan
kehidupan bangsa
D.
Meningkatkan
pola seorang guru, dan mempertinggi kesadaran oleh guru
E.
Memgembangkan
system dan pelaksanaan pendidikan nasional
23. Dasar organisasi pgri ada 3 yaitu, kecuali?
A.
Dasar historis,
ideologis politik, sosiologi dan iptek
B.
Dasar yuridis,
pendidikan, sosiologis
C.
Dasar bahasa,
organisasi, negara
D.
Dasar
Pancasila, negara, uud
E.
Dasar informasi,
strategi, pendidikan
24. Dalam menentukan landasan filosopis dalam pendidikan
nasional Indonesia. Ada pandangan
tentang manusia Indonesia yaitu?
A.
Makhluk
ciptaan manusia dan makhluk antar individu
B.
Manusia
sebagai makhluk individu dengan makhluk sosial
C.
Makhluk
Tuhan Yang Maha Esa dengan segala fitrahnya dan Makhluk individu dengan segala
hak dan kewajibannya.
D.
Makhluk
rohani dan makhluk raga jiwa
E.
Makhluk
sosial dan individu
25. Adapun misi untuk mencapai tujuan dari
organisasi PGRI sebagai berikut, kecuali?
A.
Mewujudkan
Cita-cita Proklamasi
B.
Mensukseskan
Pembangunan Nasional
C.
Memajukan
Pendidikan Nasional
D.
Meningkatkan
Profesionalitas Guru
E.
Melaksanakan
upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi
26. Untuk mewujudkan amanat tersebut, PGRI menggunakan
strategi dasar dengan metode yaitu,
A.
Intensifitas
silaturahmi secara vertikal, horizontal, dan diagonal baik internal maupun
eksternal, optimalisasi kemitraan secara seimbang dengan berbagai pihak terkait
atas dasar saling menghormati, aktualisasi program kerja yang lebih berpusat
pada hak dan martabat anggota
B.
Meningkatkan
keimanan dan ketkwaan, serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa dan, pancasila
C.
Mewujudkan
kemitraan dalam strategi pgri
D.
Menciptakan
hidup dalam sebuah pgri
E.
Memgembangkan
system dan pelaksanaan pendidikan nasional
27. Apa yang dimaksud dengan kepimpinan pgri?
A.
Kemampuan
Keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin harus bertujuan untuk dapatn
menyelesaikan suatu permasalahan.
B.
kemampuan
seseorang pemimpin/Badan Pimpinan PGRI yang dapat mempengaruhi, mendorong,
menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan, seluruh sumber daya organisaasi untuk
mencapai tujuan PGRI.
C.
kemampuan
seorang anggota badan pimpinan PGRI
dalam mempengaruhi diri sendiri dan orang lain, mendorong, menggerakkan,
mengarahkan, memberdayakan seluruh sumber daya organisasi
D.
Kemampuan
kepimpinanan organisasi pada tingkatnya, dalam menentukan kebijakan sesuai
Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan keputusan-keputusan kongres/kongres
luar biasa, serta keputusan forum-forum organiasi pada tingkat-tingkat
E.
Kemampuan
model kepemimpinan PGRI memiliki pandangan terhadap menjalin terwujudnya tujuan
yang ingin di miliki oleh semua warga Indonesia. Perwujudan yang mulai dari
menjaga hak dan kualitas profesi para guru, aktif dalam melakukan tujuan PGRI
28. Adapun
tujuan kepemimpinan PGRI yaitu, kecuali?
A.
Memahami
karakter organisasi PGRI
B.
Memahami
masalah, tantangan, dan hambatan PGRI dalam mencapai tujuan organisasi.
C.
Mengelola
organisasi dengan tepat sesuai tujuan umum, kondisi daerah, dan berdasarkan
Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART), serta keputusan-keputusan
organisasi.
D.
Paham
akan tugas kepemimpinan untuk mendinamisasi sumber daya organisasi.
E.
Memajukan
Pendidikan Nasional
29. Apa saja fungsi kepemimpinan dalam organisasi
pgri tersebut?
A.
Melaksanakan
upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi mauapun tidak
B.
Menata,
mempertahankan, dan meningkatkan citra PGRI sebagai organisasi yang mampu
menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru professional
C.
Perencanaan,
perorganisasi, penggerakan dan pengendalian
D.
kemampuan,
dedikasi, profesi dan kesejahteraan anggota serta mengusahakan adanya
standarisasi, lisensi, sertifikasi dan akreditasi profesi guru
E.
Peningkatan
dan perbaikan citra PGRI, baik dimata masyarakat maupun dimata anggota, serta
peningkatan kinerja dan kebersamaan organisasi agar mampu mengakomodasikan
serta memperjuangkan segenap aspirasi dan kepentingan anggota
30. Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan tersebut
maka PGRI membentuk sejumlah program umum pada masa bakti 2008-2014 yang
bertujuan untuk?
A.
Restrukturisasi
dan penataan organisasi dari tingkat propinsi dibawah yang meliputi seluruh
tatanan kelembagaan organisasi PGRI sehingga tetap memiliki visi dan misi yang
memberikan motivasi
B.
mampu
mengelola atau mengatur organisasi secara efektif dan mampu melaksanakan tugas
kepemimpinan secara efektif pula.
C.
Mensukseskan
kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting karena pemimpin itulah yang
akan menggerakkan dan mengarahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan
sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah.
D.
Mewujudkan
visi dan misi organisasi berlandaskan pertimbangan kondisi Bangsa dan Negara,
serta kondisi organisasi dewasa ini didaerah propinsi DIY, Menata mempertahankan, dan meningkatkan citra
PGRI sebagai organisasi yang mampu menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru
professional dalam menghadapi abad 21
E.
Memajukan
seorang anggota badan pimpinan PGRI dalam mempengaruhi diri sendiri dan orang
lain, mendorong, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan seluruh sumber daya
organisasi untuk mencapai tujuan PGRI
31. Langkah langkah mewujudkan visi dan misi pgri
adalah?
A.
Harus Mensukseskan
Pembangunan Nasional , PGRI bersama komponen bangsa malaksnakan pembangunan bangsa
khususnya di bidang pendidikan.
B.
Harus
menentukan tujuan dibentuknya organisasi, Harus memiliki fokus untuk menatap
masa depan terutama dalam menghadapi berbagai rintangan di masa depan, Harus
memiliki tujuan yang jelas dan memiliki orientasi masa depan yang jelas.
C.
Meningkatkan
Profesionalitas Guru , PGRI berusaha dengan sungguh-sungguh agar guru menjadi
profesional sehingga pembangunan pendidikan
D.
Harus
Meningkatkan Kesejahteraan Guru , Agar guru dapat profesional maka guru harus
mendapatkan imbal jasa yang baik
E.
Harus Memajukan
Pendidikan Nasional, PGRI selalu berusaha untuk terlaksananya system penddikan
nasional
32. Adapun visi untuk mencapai tujuan dari organisasi PGRI
sebagai berikut?
A.
Terwujudnya
pernyataan atau cita-cita yang ingin dicapai organisasi/ organisasi
ke depan dan lebih terkonsentrasi kepada program jangka panjang. Visi merupakan
gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi
atau organisasi di masa depan.
B.
Terwujud
nya kesuksesan dalam memegang peranan yang sangat penting karena pemimpin
itulah yang akan menggerakkan dan mengarahkan suatu organisasi dalam mencapai
tujuan dan sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah.
C.
memotivasi
anggota agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal.
D.
Terwujudnya
dicapai organisasi di masa yang akan datang bagi pihak-pihak yang
berkepentingan.
E.
Terwujudnya
organisasi mandiri dan dinamis yang dicintai anggotanya, disegani mitra, dan
diakui perannya oleh masyarakat. PGRI yang didirikan untuk mempertahankan
kemerdekaan, mengisi kemerdekaan dengan program utama di bidang pendidikan
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memperjuangkan kesejahteraan bagi para
guru
33. Berikut tujuan dari jati diri pgri, kecuali?
A.
Tegaknya
keberadaan PGRI, tumbuhnya rasa bangga, rasa ikut memiliki
B.
Memiliki
kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahan akibat perkembangan masyarakat,
ilmu dan teknologi.
C.
Tercapainya
Loyalitas, Dedikasi, Disiplin dan Kemampuan Profesional (LDDKP) yang tinggi
dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya
D.
Terwujudnya
pengamanan, pengalaman dan pelestarian Pancasila dan UUD 1945, dan jiwa
Semangat Nilai-Nilai 1945 dalam tubuh PGRI baik oleh organisasi maupun
anggota-anggotanya.
E.
memotivasi
anggota agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal.
34. Berdasarkan AD/ ART pgri, pasal 4 bahwa sifat
sifat organisasi pgri berikut ini adalah?
A.
Persatuan
dan kesatuan
B.
Nasionalisme
C.
Unitaristik,
independen, non partai politik
D.
Politik
praktis
E.
Tak
kenal menyerah
35. Didalam semangat organisasi pgri memiliki aspek
aspek semangat pgri yaitu?
A.
Aspek
upaya meningkatkan pgri dalam suatu
kompetensi guru
B.
Kuat,
indenpenden, Sustainable
C.
Upaya aspek
dalam organisasi perjuangan
organisasi pgri
D.
Aspek
sosial, fisikal dan aspek kesejahteraan spritual
E.
Aspek ekonomi,
sosial dan budaya
36. Didalam jati diri organisasi memiliki fungsi dari jati diri PGRI yaitu?
A. Sebagai pedoman gerak perjuangan bagi anggota
organisasi, Sebagai sarana memasyarakatkan eksistensi dan misi organisasi, Sebagai
sarana perjuangan (kaderisasi) dalam rangka mempertahankan, meningkatkan dan
mengembangkan organisasi (SBS)
B. Sebagai persatuan dan kesatuan bangsa yang
merupakan modal dasar untuk mencapai cita-cita Proklamasi 1945, PGRI terikat
untuk memperjuangkan, mempertahankan, dan melestarikan NKRI yang berdaarkan
Pncasila dan UUD 1945
C. Sebagai kemampuan dalam mengantisipasi setiap
perubahan akibat perkembangan masyarakat, ilmu dan teknologi.
D. Sebagai Tegaknya keberadaan PGRI, tumbuhnya
rasa bangga
E. Sebagai tercapainya Loyalitas, Dedikasi,
Disiplin dan Kemampuan Profesional (LDDKP) yang tinggi dalam pelaksanaan tugas
pokok dan fungsinya
37. Jati diri PGRI memiliki dasar yang dalam dan
kokoh. Dengan dasar yang kokoh itu jati diri PGRI menjadi landasan filosofi
yang kuat bagi PGRI dalam mengemban misi sebagai organisasi perjuangan
organisasi profesi, organisasi ketenagakerjaan. Dasar dasar Jatidiri PGRI
meliputi?
A.
Dasar
pola pikir, sikap perbuatan, tindakan
B.
Dasar
pendidikan, sosial, budaya
C.
Dasar perjuangan,
profesional, Pancasila
D.
Dasar
Historis, ideologi politis, sosiologi dan iptek
E.
Dasar
ilmu sosial, ekonomi, politis
38. Berikut
ini ciri ciri jati duit pgri, kecuali?
A.
Nasionalisme
B.
Pancasila
C.
Demokrasi
D.
Kemitraan
E.
Unitarisme
39. Apa yang dimaksud dengan unitarisme?
A.
PGRI
sebagai organisasi pejuang pendidik dan pendidik pejuang membela hak dan nasib
pekerja pada umumnya dan guru pada khususnya.
B.
Segala
sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilandasi pendidikan seseorang
dikatakan professional apabila ia telah mendapatkan pendidikan dan kepandaian
khusus untuk menjalankan pekerjaannya.
C.
Satu-satunya
wadah, bagi guru Indonesia tanpa membedakan latar belakan, tingkat dan jenis
pendidikan, tempat dan lingkungan kerja, golongan, agama, jenis kelamin,
status, asal-usul, serta adat istiadat.
D.
menumbuhkan,
mengembangkan, rasa senasip dan sepenanggungan, memiliki jiwa gotong royong,
saling asah,asih, serta asuh antara sesama anggota. Sikap gotong – royong,
ramah, tenggang rasa, saling membantu dan rasa senasib dan sepenanggungan dapat
dilihat dalam kehidupan didesa.
E.
bahwa
dalam melaksanakan misinya PGRI bertumpu pada kepercayaan, dan kemampuan diri
sendirin, tanpa keterikatan dan ketergantungan pihak lain. Namun demikian PGRI
selalu membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan pihak lain
40. Jati diri organisasi mempunyai tugas pokok serta
memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahanya, jadi tugas pokok
jati diri yaitu?
A.
Pemerintah
lebih memperhatikan organisasi PGRI terutama anggotanya yang terdiri dari guru
dan kepala sekolah, Pemerintah dapat mendengarkan seluruh aspirasi organisasi
PGRI, PGRI dapat mempertahankan jati dirinya.
B.
PGRI
sebagai organisasi profesi yakni organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi
para anggotanya dalam memperjuangkan segala aspirasi dan kepentingan suatu
profesi
C.
organisasi
perjuangan berarti PGRI dan anggotanya mengemban amanat dan cita-cita
proklamasi 17 Agustus 1945 menjamin, menjaga dan mempertahankan keutuhan dan
kelangsungan NKRI dengan membudayakan nilai-nilai luhur
D.
pemerintah
memiliki ketenagakerjaan yaitu organisasi yang menyadari bahwa anggotanya
mempunyai hak untuk bekerja, untuk memilih tempat kerja secara bebas untuk
memperoleh lingkungan kerja yang pantas dan aman, untuk dilindungi
E.
menegakkan
keberadaan PGRI tumbuhnya rasa bangga dan rasa ikut memiliki, tercapainya
loyalitas, deduksi, disiplin dan kemampuan profesional yang tinggi dalam tugas
pokok dan fungsinyaserta memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap
perubahan akibat masyarakat ilmu dan teknologi.
JAWABAN:
1. A
2. C
3. A
4. B
5. D
6. B
7. C
8. D
9. D
10. B
11. E
12. A
13. B
14. C
15. B
16. D
17. E
18. B
19. A
20. C
21. D
22. B
23. A
24. C
25. E
26. A
27. B
28. E
29. C
30. D
31. B
32. E
33. E
34. C
35. B
36. A
37. D
38. B
39. C
40. A
No comments:
Post a Comment