Thursday, November 16, 2023

SOAL KE-PGRI-AN

SOAL UTS

Pilihan Ganda 1-40

1.      Pada tanggal berapakah hari guru nasional berdiri?

A.     25 november

B.     26 november

C.     27 November

D.     28 November

E.      29 November

 

2.      Siapakah pendiri Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)?

A.     Soekarno Hatta

B.     Prabanda Prabowo

C.     Amin Singgih

D.     Soeharto

E.      Ratna Sari Dewi

 

3.      Kongres persatuan guru republik Indonesia digelar dikota?

A.     Surakarta

B.     Jawa Barat

C.     Jakarta

D.     Jawa Timur

E.      Medan

 

 

 

4.      Para guru yang mengadakan kongres serentak bersatu mengisi kemerdekaan dengan memiliki 3 tujuan yaitu?

A.     (1) mencapai keinginan cita cita organisasi, (2) tiap anggota organisasi mendapatkan keuntungan dan keberhasilan, (3) kemandirian dan kemampuan dalam sebuah organisasi

B.     (1) mempertahankan dan menyem- purnakan Republik Indonesia; (2) mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan; dan (3) membela hak dan nasib bu- ruh umumnya, guru pada khususnya.

C.     (1) melayani serta memenuhi tiap anggota, (2) mencapai suatu kegiatan yang dilakukan organisasi, (3) memiliki kepentingan dalam organisasi pgri

D.     (1) mengkordinasikan dalam kegiatan kelompok pgri, (2) membela dalam kelompok pgri, (3) mempertahankan dalam urusan organisasi

E.      (1) penyatuan dalam bagian organisasi pgri, (2) memperkuat dasar dasar pgri, (3) mencapai suatu kegiatan dalam organisasi

 

5.      Didalam pgri terdapat 2 legalitas berdiri nya pgri adalah?

A.     Terdaftar pada mengacu pada status hukum dan mengacau pada perusahaan atau bisnis

B.     Terdaftar pada persetujuan dalam departemen dan badan usaha hukum

C.     Terdaftar pada penyatuan hukum dan tenaga kerja

D.     Terdaftar pada departemen kehakiman dan Terdaftar pada departemen tenaga kerja RI

E.      Terdaftar pada organisasi pgri dan pada dasar PGRI

 

6.      Tekad kaum guru Indonesia untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan diwujudkan dalam lahirnya?

A.     Naskom

B.     PGRI

C.     Peta

D.     Pancasila

E.      UUD

7.      Kongres PGRI dilaksanakan pada tahun berapa dan dimana?

A.     1945 Bali

B.     1940 Aceh

C.     1945 Surakarta

D.     1947 Yogyakarta

E.      1948 Jakarta

 

8.      Organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda ( PGHB ) didirikan pada tahun?

A. 1915

B. 1908

C. 1945

D. 1912

E. 1910

   

9.      Ketua dari organisasi PGHB adalah

A.     Ahmad Soebardjo

B.     Bj. Habibie

C.     Bung Karno

D.     Karto  Soebroto

E.      Soekarno Hatta

 

10.  1) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2) Mempertahankan dan menyempurnakan republik indonesia

3) Membela, mempertahankan, mengamankan dan mengamalkan Pancasila.

4) Mengkordinasikan dalam suatu undang undang dasar 1945

 Yang termasuk kedalam fungsi organisasi pgri adalah?

A.     1 dan 2

B.     1 dan 3

C.     1  dan 4

D.     2 dan 3

E.      2 saja

 

11.  Organisasi pgri memilik beberapa tugas yaitu?

A.     Mempertahankan kekuasaan Negara dan kepentingan sendiri dalam organisasi pgri

B.     Menjadi teladan bangsa mengembangkan sistem dan pelaksanaan pendidikan nasional dalam PGRI yang selalu berusaha untuk terlaksananya sistem pendidikan nasional

C.     Mematuhi aturan Negara dan kesadaran dan sikap guru, meningkatkan mutu dan kemampuanprofesi guru dan tenaga kependidikan lainnya

D.     Memelihara dan mempertinggi kesadaran guru akan profesinya untuk meningkatkan mutu, keahlian, kemampuan, pengabdian, prestasi dan kerja sama.

E.      Berperan aktif mencapai tujuan nasional dalam mencerdaskan bangsa dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya, PGRI bersama komponen bangsa melaksanakan pembangunan bangsa khususnya dibidang pendidikan demi terwujudnya bangsa yang cerdas dan membentuk manusia Indonesia seutuhnya.

 

12.  Apa saja manfaat dari organisasi pgri bagi guru Indonesia?

A.     Untuk setiap guru mampu mengelola kelas dengan baik, berjiwa sosial, kematangan berpikir menunjang karir, dan meningkatkan profesional

B.     Untuk mewujudkan prinsip dan pendekatan ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan harkat dan martabat seorang guru

C.     Untuk membela dan melindungi guru sebagai pekerja yang profesional

D.     Untuk memperjuangkan terwujudnya hak-hak guru dan tenaga kependidikan

E.      Untum melakukan evaluasi guru dalam pelaksaan sertifikas guru

 

13.  Fungsi peningkatan kemampuan profesional dan profesi ada dua yaitu?

A.     Fungsi injektif dan fungsi surjektif

B.     Fungsi pemersatu dan fungsi peningkatan kemampuan profesional

C.     Fungsi relasi dan fungsi konstan

D.     Fungsi identitas dan fungsi mutlak

E.      Fungsi profesional guru dan fungsi pemersatu guru

14.  1) Berperan serta mengembangkan sistem dan pelaksanaan pendidikan nasional.PGRI selalu berusaha untuk terlaksananya sistem pendidikan nasional

2) Pelatihan dan Pengembangan Profesional, Organisasi profesi sering menyelenggarakan pelatihan dan program pengembangan profesional bagi anggotanya. Guru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan menambah wawasan dalam bidang pendidikan.

3) Mendapatkan Informasi Terbaru, Organisasi profesi sering menyediakan informasi terbaru dan terkini tentang perkembangan pendidikan dan teknologi pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melakukan tugasnya dengan lebih baik.

4) Mempertinggi kesadaran dan sikap guru, meningkatkan mutu dan kemampuan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya, PGRI berusaha dengan sungguh-sungguh agar guru menjadi profesional sehingga pembangunan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat direalisasikan

5) Dukungan dan Kerjasama, Organisasi profesi memberikan dukungan dan kerjasama bagi anggotanya dalam hal pengembangan profesional dan resolusi masalah yang dihadapi. Guru dapat memanfaatkan dukungan dan kerjasama ini untuk meningkatkan kualita pembelajaran bagi siswa.

Yang termasuk kedalam motivasi organisasi pgri adalah?

A.     1,4,5

B.     1,2,3

C.     2,3,5

D.     2,3,4

E.      1,2,4

 

15.  Setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia,  Cikal bakal organisasi PGRI  diawali dengan nama?

A.     GBHN

B.     PGHB

C.     PGI

D.     Nasakom

E.      Pancasila

16.  Makna organisasi PGRI bagi guru terbagi menjadi tiga yaitu?

A.     Makna dari susunan yang terdiri dari orang orang dalam perkumpulan pencapaian tujuan bersama

B.     Makna dari pembentukan hubungan otoritas yang efektif di antara pekerjaan, pekerja, dan tempat kerja yang dipilih agar kelompok dapat bekerja sama secara efisien.

C.     Makna memberikan arahan serta aturan pengelompokan kerja untuk mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi.

D.     Makna dari terwujudnya PGRI sebagai organisasi perjuangan dan makna dari terwujud nya PGRI sebagai organisasi profesi

E.      Makna terciptanya hubungan antar manusia dan pekerjaan sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan efisien.

 

17.  Apa saja landasan dari organisasi PGRI kec

A.     Landasan sosiologis, psikologi, kultural

B.     Landsan hukum, konstitusional, religius

C.     Landasan teknologi, sejarah, ekonomi

D.     Landasan pendidikan, ilmiah,  historis

E.      Landasan empiris, landasan filosofis, landasan yuridis

 

18.  Berikut ini adalah tujuan  PGRI, kecuali…

A.     memperkuat berdirinya RI

B.     memperbaiki dan menyempurnakan pendidikan dan pengajaran rakyat republik Indonesia

C.      memperhatikan kedudukan kaum pendidik dalam masyarakat

D.      memperkaya diri sendiri

E.      Mengembangkan kedudukan sebagai guru nasional

 

19.  Peran yang dilaksanakan PGRI sebagai organisasi perjuangan, adalah?

A.     Pemikir, penyeimbangan pola kemitraan, penekan

B.     mengembangkan system dan pelaksanaan pendidikan nasional, Mempertinggi kesadaran dan sikap guru

C.     Meningkatkan pola seorang guru, dan mempertinggi kesadaran oleh guru

D.     Menekan kan sistem nasional guru, membentuk guru Indonesia seutuhnya, berperan aktif dalam guru

E.      Meningkatkan mutu dan profesi seorang guru

 

20.  Hakikatnya pendidikan  nasional guru adalah perwujudan dan kehendak dari UUD 1945 utamanya pasal 31 tentang pendidikan dan kebudayaan yang berbunyi?

A.     Melaksanakan tugas pokok pendidikan setiap warga negara

B.     meningkatkan keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa

C.     Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar pemerintah wajib membiyayainya.

D.     memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa

E.      Pentingnya undang-undang sebagai tumpuan bangunan pendidikan nasional

 

21.  Landasan filosopis pendidikan nasional memberikan penegasan  bahwa penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia hendaknya mengimplementasikan ke arah kecuali?

A.     Sistem pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma persatuan bangsa dari segi sosial, budaya, ekonomi dan memlihara keutuhan bangsa dan negara.

B.     Sistem pendidikan nasional yang menjamin terwujudnya manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa, menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokratis, cinta tanah air

C.     Sistem pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma keadilan sosial untuk seluruh warga negara Indonesia.

D.     Sistem pendidikan berhak mendapatkan pendidikan dasar pemerintah dalam organisasi  indonesia

E.      Sistem pendidikan nasional Indonesia yang bertumpu pada norma kerakyatan dan demokrasi Pendidikan hendaknya memberdayakan pendidik dan lembaga pendidikan untuk terbentuknya peserta didik menjadi warga yang memahami dan menerapkan prinsip kerakyatan dan demokrasi

 

22.  Berikut ini yang termasuk tujuan pgri secara umumnya adalah?

A.     Mampu  menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru professional

B.     Melaksanakan upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi maupun organisasi ketenagakerjaan

C.     Menjunjung dalam organisasi dalam Pgri

F.      Meningkatkan keimanan dan ketkwaan serta akhlak yang mulia dalam rangka

mencerdaskan kehidupan bangsa

D.     Meningkatkan pola seorang guru, dan mempertinggi kesadaran oleh guru

E.      Memgembangkan system dan pelaksanaan pendidikan nasional

 

23.  Dasar organisasi pgri ada 3 yaitu, kecuali?

A.     Dasar historis, ideologis politik, sosiologi dan iptek

B.     Dasar yuridis, pendidikan, sosiologis

C.     Dasar bahasa, organisasi, negara

D.     Dasar Pancasila, negara, uud

E.      Dasar informasi, strategi, pendidikan

 

24.  Dalam  menentukan landasan filosopis dalam pendidikan nasional Indonesia. Ada  pandangan tentang manusia Indonesia yaitu?

A.     Makhluk ciptaan manusia dan makhluk antar individu

B.     Manusia sebagai makhluk individu dengan makhluk sosial

C.     Makhluk Tuhan Yang Maha Esa dengan segala fitrahnya dan Makhluk individu dengan segala hak dan kewajibannya.

D.     Makhluk rohani dan makhluk raga jiwa

E.      Makhluk sosial dan individu

25.  Adapun misi untuk mencapai tujuan dari organisasi PGRI sebagai berikut, kecuali?

A.     Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

B.     Mensukseskan Pembangunan Nasional

C.     Memajukan Pendidikan Nasional

D.     Meningkatkan Profesionalitas Guru

E.      Melaksanakan upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi

 

26.  Untuk mewujudkan amanat tersebut, PGRI menggunakan  strategi dasar dengan metode yaitu,

A.     Intensifitas silaturahmi secara vertikal, horizontal, dan diagonal baik internal maupun eksternal, optimalisasi kemitraan secara seimbang dengan berbagai pihak terkait atas dasar saling menghormati, aktualisasi program kerja yang lebih berpusat pada hak dan martabat anggota

B.     Meningkatkan keimanan dan ketkwaan, serta akhlak yang mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan, pancasila

C.     Mewujudkan kemitraan dalam strategi pgri

D.     Menciptakan hidup dalam sebuah pgri

E.      Memgembangkan system dan pelaksanaan pendidikan nasional

 

27.  Apa yang dimaksud dengan kepimpinan pgri?

A.     Kemampuan Keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin harus bertujuan untuk dapatn menyelesaikan suatu permasalahan.

B.     kemampuan seseorang pemimpin/Badan Pimpinan PGRI yang dapat mempengaruhi, mendorong, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan, seluruh sumber daya organisaasi untuk mencapai tujuan PGRI.

C.     kemampuan seorang anggota  badan pimpinan PGRI dalam mempengaruhi diri sendiri dan orang lain, mendorong, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan seluruh sumber daya organisasi

D.     Kemampuan kepimpinanan organisasi pada tingkatnya, dalam menentukan kebijakan sesuai Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan keputusan-keputusan kongres/kongres luar biasa, serta keputusan forum-forum organiasi pada tingkat-tingkat

E.      Kemampuan model kepemimpinan PGRI memiliki pandangan terhadap menjalin terwujudnya tujuan yang ingin di miliki oleh semua warga Indonesia. Perwujudan yang mulai dari menjaga hak dan kualitas profesi para guru, aktif dalam melakukan tujuan PGRI

 

28.   Adapun tujuan kepemimpinan PGRI yaitu, kecuali?

A.     Memahami karakter organisasi PGRI

B.     Memahami masalah, tantangan, dan hambatan PGRI dalam mencapai tujuan  organisasi.

C.     Mengelola organisasi dengan tepat sesuai tujuan umum, kondisi daerah, dan berdasarkan Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART), serta keputusan-keputusan organisasi.

D.     Paham akan tugas kepemimpinan untuk mendinamisasi sumber daya organisasi.

E.      Memajukan Pendidikan Nasional

 

29.  Apa saja fungsi kepemimpinan dalam organisasi pgri tersebut?

A.     Melaksanakan upaya reformasi dilingkungan PGRI baik sebagai organisasi mauapun tidak

B.     Menata, mempertahankan, dan meningkatkan citra PGRI sebagai organisasi yang mampu menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru professional

C.     Perencanaan, perorganisasi, penggerakan dan pengendalian

D.     kemampuan, dedikasi, profesi dan kesejahteraan anggota serta mengusahakan adanya standarisasi, lisensi, sertifikasi dan akreditasi profesi guru

E.      Peningkatan dan perbaikan citra PGRI, baik dimata masyarakat maupun dimata anggota, serta peningkatan kinerja dan kebersamaan organisasi agar mampu mengakomodasikan serta memperjuangkan segenap aspirasi dan kepentingan anggota

30.  Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan tersebut maka PGRI membentuk sejumlah program umum pada masa bakti 2008-2014 yang bertujuan untuk?

A.     Restrukturisasi dan penataan organisasi dari tingkat propinsi dibawah yang meliputi seluruh tatanan kelembagaan organisasi PGRI sehingga tetap memiliki visi dan misi yang memberikan motivasi

B.     mampu mengelola atau mengatur organisasi secara efektif dan mampu melaksanakan tugas kepemimpinan secara efektif pula.

C.     Mensukseskan kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting karena pemimpin itulah yang akan menggerakkan dan mengarahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah.

D.     Mewujudkan visi dan misi organisasi berlandaskan pertimbangan kondisi Bangsa dan Negara, serta kondisi organisasi dewasa ini didaerah propinsi DIY,  Menata mempertahankan, dan meningkatkan citra PGRI sebagai organisasi yang mampu menjadi wadah tempat berhimpunnya para guru professional dalam menghadapi abad 21

E.      Memajukan seorang anggota badan pimpinan PGRI dalam mempengaruhi diri sendiri dan orang lain, mendorong, menggerakkan, mengarahkan, memberdayakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan PGRI

 

31.  Langkah langkah mewujudkan visi dan misi pgri adalah?

A.     Harus Mensukseskan Pembangunan Nasional , PGRI bersama komponen bangsa malaksnakan pembangunan bangsa khususnya di bidang pendidikan.

B.     Harus menentukan tujuan dibentuknya organisasi, Harus memiliki fokus untuk menatap masa depan terutama dalam menghadapi berbagai rintangan di masa depan, Harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki orientasi masa depan yang jelas.

C.     Meningkatkan Profesionalitas Guru , PGRI berusaha dengan sungguh-sungguh agar guru menjadi profesional sehingga pembangunan pendidikan

D.     Harus Meningkatkan Kesejahteraan Guru , Agar guru dapat profesional maka guru harus mendapatkan imbal jasa yang baik

E.      Harus Memajukan Pendidikan Nasional, PGRI selalu berusaha untuk terlaksananya system penddikan nasional

 

32.  Adapun visi  untuk mencapai tujuan dari organisasi PGRI sebagai berikut?

A.     Terwujudnya pernyataan atau cita-cita yang ingin dicapai organisasi/ organisasi ke depan dan lebih terkonsentrasi kepada program jangka panjang. Visi merupakan gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi, pribadi atau organisasi di masa depan.

B.     Terwujud nya kesuksesan dalam memegang peranan yang sangat penting karena pemimpin itulah yang akan menggerakkan dan mengarahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah.

C.     memotivasi anggota agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

D.     Terwujudnya dicapai organisasi di masa yang akan datang bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

E.      Terwujudnya organisasi mandiri dan dinamis yang dicintai anggotanya, disegani mitra, dan diakui perannya oleh masyarakat. PGRI yang didirikan untuk mempertahankan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan dengan program utama di bidang pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memperjuangkan kesejahteraan bagi para guru

 

33.  Berikut tujuan dari jati diri pgri, kecuali?

A.     Tegaknya keberadaan PGRI, tumbuhnya rasa bangga, rasa ikut memiliki

B.     Memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahan akibat perkembangan masyarakat, ilmu dan teknologi.

C.     Tercapainya Loyalitas, Dedikasi, Disiplin dan Kemampuan Profesional (LDDKP) yang tinggi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya

D.     Terwujudnya pengamanan, pengalaman dan pelestarian Pancasila dan UUD 1945, dan jiwa Semangat Nilai-Nilai 1945 dalam tubuh PGRI baik oleh organisasi maupun anggota-anggotanya.

E.      memotivasi anggota agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal.

34.  Berdasarkan AD/ ART pgri, pasal 4 bahwa sifat sifat organisasi pgri berikut ini adalah?

A.     Persatuan dan kesatuan

B.     Nasionalisme

C.     Unitaristik, independen, non partai politik

D.     Politik praktis

E.      Tak kenal menyerah

 

35.  Didalam semangat organisasi pgri memiliki aspek aspek semangat pgri yaitu?

A.     Aspek upaya  meningkatkan pgri dalam suatu kompetensi guru

B.     Kuat, indenpenden, Sustainable

C.     Upaya aspek dalam  organisasi perjuangan organisasi  pgri

D.     Aspek sosial, fisikal dan aspek kesejahteraan spritual

E.      Aspek ekonomi, sosial dan budaya

 

36.  Didalam jati diri organisasi memiliki fungsi  dari jati diri PGRI yaitu?

A.      Sebagai pedoman gerak perjuangan bagi anggota organisasi, Sebagai sarana memasyarakatkan eksistensi dan misi organisasi, Sebagai sarana perjuangan (kaderisasi) dalam rangka mempertahankan, meningkatkan dan mengembangkan organisasi (SBS)

B.      Sebagai persatuan dan kesatuan bangsa yang merupakan modal dasar untuk mencapai cita-cita Proklamasi 1945, PGRI terikat untuk memperjuangkan, mempertahankan, dan melestarikan NKRI yang berdaarkan Pncasila dan UUD 1945

C.      Sebagai kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahan akibat perkembangan masyarakat, ilmu dan teknologi.

D.     Sebagai Tegaknya keberadaan PGRI, tumbuhnya rasa bangga

E.      Sebagai tercapainya Loyalitas, Dedikasi, Disiplin dan Kemampuan Profesional (LDDKP) yang tinggi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya

 

 

37.  Jati diri PGRI memiliki dasar yang dalam dan kokoh. Dengan dasar yang kokoh itu jati diri PGRI menjadi landasan filosofi yang kuat bagi PGRI dalam mengemban misi sebagai organisasi perjuangan organisasi profesi, organisasi ketenagakerjaan. Dasar dasar Jatidiri PGRI meliputi?

A.     Dasar pola pikir, sikap perbuatan, tindakan

B.     Dasar pendidikan, sosial, budaya

C.     Dasar perjuangan, profesional, Pancasila

D.     Dasar Historis, ideologi politis, sosiologi dan iptek

E.      Dasar ilmu sosial, ekonomi, politis

 

38.   Berikut ini ciri ciri jati duit pgri, kecuali?

A.     Nasionalisme

B.     Pancasila

C.     Demokrasi

D.     Kemitraan

E.      Unitarisme

 

39.  Apa yang dimaksud dengan unitarisme?

A.     PGRI sebagai organisasi pejuang pendidik dan pendidik pejuang membela hak dan nasib pekerja pada umumnya dan guru pada khususnya.

B.     Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilandasi pendidikan seseorang dikatakan professional apabila ia telah mendapatkan pendidikan dan kepandaian khusus untuk menjalankan pekerjaannya.

C.     Satu-satunya wadah, bagi guru Indonesia tanpa membedakan latar belakan, tingkat dan jenis pendidikan, tempat dan lingkungan kerja, golongan, agama, jenis kelamin, status, asal-usul, serta adat istiadat.

D.     menumbuhkan, mengembangkan, rasa senasip dan sepenanggungan, memiliki jiwa gotong royong, saling asah,asih, serta asuh antara sesama anggota. Sikap gotong – royong, ramah, tenggang rasa, saling membantu dan rasa senasib dan sepenanggungan dapat dilihat dalam kehidupan didesa.

E.      bahwa dalam melaksanakan misinya PGRI bertumpu pada kepercayaan, dan kemampuan diri sendirin, tanpa keterikatan dan ketergantungan pihak lain. Namun demikian PGRI selalu membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan pihak lain

 

40.  Jati diri organisasi mempunyai tugas pokok serta memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahanya, jadi tugas pokok jati diri yaitu?

A.     Pemerintah lebih memperhatikan organisasi PGRI terutama anggotanya yang terdiri dari guru dan kepala sekolah, Pemerintah dapat mendengarkan seluruh aspirasi organisasi PGRI, PGRI dapat mempertahankan jati dirinya.

B.     PGRI sebagai organisasi profesi yakni organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi para anggotanya dalam memperjuangkan segala aspirasi dan kepentingan suatu profesi

C.     organisasi perjuangan berarti PGRI dan anggotanya mengemban amanat dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945 menjamin, menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kelangsungan NKRI dengan membudayakan nilai-nilai luhur

D.     pemerintah memiliki ketenagakerjaan yaitu organisasi yang menyadari bahwa anggotanya mempunyai hak untuk bekerja, untuk memilih tempat kerja secara bebas untuk memperoleh lingkungan kerja yang pantas dan aman, untuk dilindungi

E.      menegakkan keberadaan PGRI tumbuhnya rasa bangga dan rasa ikut memiliki, tercapainya loyalitas, deduksi, disiplin dan kemampuan profesional yang tinggi dalam tugas pokok dan fungsinyaserta memiliki kemampuan dalam mengantisipasi setiap perubahan akibat masyarakat ilmu dan teknologi.

 

 

 

 

 

JAWABAN:

 


1.      A

2.      C

3.      A

4.      B

5.      D

6.      B

7.      C

8.      D

9.      D

10.  B

11.  E

12.  A

13.  B

14.  C

15.  B

16.  D

17.  E

18.  B

19.  A

20.  C

21.  D

22.  B

23.  A

24.  C

25.  E

26.  A

27.  B

28.  E

29.  C

30.  D

31.  B

32.  E

33.  E

34.  C

35.  B

36.  A

37.  D

38.  B

39.  C

40.  A


 

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...