GAME ESTAFET KARET
A.
Pengertian dinamika kelompok
Istilah dinamika kelompok tani berasal
dari bahasa inggris “dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat
untuk bekerja. Sisi lain dinamika berarti adanya intraksi, saling mempengaruhidan
ketergantungan antara anggota kelompok satu sama lain secara timbal balik
diantara Anggota kelompok dengan kelompok secara keseluruhan.
Dinamika
kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang
mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang
lain. Dinamika kelompok menguraikan kekuatan-kekuatan yang terdapat dalam
situasi kelompok yang menentukan perilaku kelompok dan anggotanya.
Pengertian
dinamika kelompok merupakan suatu metode dan proses yang bertujuan meningkatkan
nilai kerjasama kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok yang
semula terdiri dari kumpulan individu yang belum saling mengenal satu sama lain
menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu
tujuan,satu norma,dan satu cara pencapaiannya yang disepakati bersama.
B.
Tujuan dinamika kelompok
Tujuan kelompok merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh kelompok. Tujuan
perlu memberi artah pada kegiatan dan memberi kerangka bagi pengambilan keputusan
yang rasional tentang jenis dan jumlah kegiatan yang harus dilakukanoleh
kelompok yang menjadi kriteria pengukur kemajuan.
Tujuan
dinamika kelompok :
- Meningkatkan
proses interaksi antara anggota kelompok
- Meningkatkan
produktivitas anggota kelompok
- Mengembangkan
kelompok ke arah yang lebih baik dan lebih maju
- Meningkatkan
kesejahteraan hidup anggotanya
C.
Fungsi dinamika kelompok
Dinamik kelompok merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam
sebuah kelompok, Manfaat dinamika kelompok antara lain :
- Membentuk
kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup (
Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain )
- Memudahkan
segala pekerjaan ( Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan
orang lain)
- Mengatasi
pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban
pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat, efektif dan
efisien (pekerjaan besar dibagi- bagi sesuai bagian kelompoknya
masing-masing/ sesuai keahlian)
- Menciptakan
iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat (setiap individu bisa memberikan
masukan, berintraksi dan peran yang sama dalam masyarakat)
D.
Struktur Kelompok
Struktur
kelompok adalah bentuk hubungan antara individu-individu dalam kelompok sesuai
posisi dan peranan masing-masing. Struktur kelompok harus sesuai/memdukung
tercapainya tujuan kelompok. Yang berhubungan dengan struktur kelompok yaitu:
a). Struktur Komunikasi
Sistim
komunikasi dalam kelompok harus lancar agar pesan sampai kepada seluruh
anggota. Pada gilirannya kelompok menjadi tidak kompak.
b). Struktur Tugas dan
Pengambilan keputusan
Pembagian
tugas harus merata dengan memperhatikan kemampuan peranan, dan posisi
masing-masing anggota. Dengan demikian seluruh anggota kelompok ikut
berpatisipasi dan terlibat, sehingga dinamika kelompok harus semakin kuat.
c). Struktur Kekuasaan dan
Pengambilan Keputusan
Kedinamisan
kelompok sangat erat dengan kecepatan pengambilan keputusan selain harus
jelas siapa yang mengambil keputusan dan ketidak cepatan (kelambatan)
pengambilan keputusan menunjukkan lemahnya struktur kelompok.
d). Sarana Terjadinya
Interaksi
Interaksi
di dalam kelompok sangat diperlukan sedangakan dalam struktur kelompok harus
menjamin kelancaran interksi, kelancaran interaksi memerlukan rencana (contoh
ketersediaan ruang pertemuan kelompok) dapat menjamin kelancaran interaksi
antar anggota.
Nama Permainan:
“
ESTAFET GELANG KARET ”
A. Alat yang
dipakai
· Sedotan
· Gelang
karet
B.
Waktu Pelaksanaan
Hari : Kamis,
Tanggal : 07-
Desember- 2017
Waktu : 15:00 s/d
Tempat :
Citra Garden
C. Cara
Bermain
1. Satu team berbaris membuat garis,
dengan jarak satu lengan atara anggota team.
2. Setiap
anggota bermain terdiri secara seimbang jumlah anggotanya, kemudian setiap
anggota mendapatkan sedotan satu satu yang dipegang dengan mulut atau digigit.
3. Peserta
yang didepan boleh mulai memindah setelah ada aba-aba untuk memulai.
4.
Setiap anak harus membawa gelang
kepada teman satu tim mereka secara estafet, yang kemudian anak paling ujung
meletakkannya pada baskom.
5. Masing-masing
kelompok harus berhasil memasukkan gelang secara estafet, dan kelompok yang
lebih dulu memasukkan gelang paling banyak dalam waktu yang ditentukan, itulah
yang keluar sebagai pemenangnya.
D. Peraturan
1. Akan lebih menarik dimainkan secara
langsung dua kelompok atau lebih sehingga ada nuansa kompetisi sehingga dapat
membuat panic dan lebih meriah.
2. Siapa yang paling cepat memindah
karet sampai belakanglah yang menang.
E. Tujuan
Permainan
1. Melatih kesabaran
2. Melatih strategi dan kordinasi
3. Dan juga melatih kecepatan dan
ketepatan
F. Manfaat Game
1. Melatih kepercayaan antar regu
2. Melatih kejujuran dan ketangkasan
3. Mengatur cara kerja yang efektif
4. Meningkatkan kerjasama antar tim
5. Melatih kesabaran dan kekompakan
6. Dapat menyelesaikan tugas dengan baik
dan cepat
Ø Kaitan Antara Game Yang Dimainkan Dengan Bimbingan dan
Konsling
Dalam permainan ini apabila dikaitkan dengan bimbingan
konseling adalah misalnya : kami bertujuh adalah seorang guru Bimbingan dan
Konseling yang berada dalam suatu sekolah kami semua memiliki tugas dan peran
masing-masing,kami memiliki tanggu jawab dalam melaksanakan tugas kami
disekolah tersebut. Kami harus meminta bantuan atau kerjasama antar guru
Bimbingan dan Konseling yang ada disekolah tersebut,karna apa bila di suatu
sekolah itu ada guru Bimbingan dan Konseling lebih dari satu atau dua guru maka
proses untuk mengkonseling siswa tersebut itu juga akan berjalan efektif karna
guru Bimbingan dan Konselinga lebih banyak. Game yang kami buat ini menunjukan
bahwa bagaimana konselor akan lebih efektif apabila bekerja sama di dalam
sekolah untuk mencapai yang lebih maksimal untuk peserta didik.
1. Kami
bertujuh dibaratkan sebagai guru BK
2. Sedotan itu ibaratkan tanggung jawab kami sebagai guru
BK
3. Peran sedotan
disini mampu menghubungkan kebersamaan ke antar guru dan dapat menjadi pemberi
layanan yang baik kepada siswa
5. Perlombaan
disini bertujuan untuk melatih kecepatan, ketepatan, kesabaran, kerjasama ,dan
saling menghargai sebagai guru BK
Guru BK memiliki tanggung jawab dalam menangani peserta
didik dan apabila mengalami kesulitan bisa meminta bantuan bekerjasama dari
teman sejawat semakin cepat dan semakin
banyak karet yang terkumpul semakin cepat pula tugas guru BK selesai. Apabila
guru BK merasa tidak sanggup maka bisa di alih tanggan kasus kepada yang lebih
paham atau tepat.
Kesimpulannya
Kelompok merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu
yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang
lain dan berlangsung dalam situasi yang dialami
Kelompok
merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam sebuah kelompok.
Fungsi dari kelompok itu antara lain:
1.
Membentuk kerjasama saling
menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup.
2.
Memudahkan segala pekerjaan
3.
Menciptakan iklim demokratis dalam
kehidupan masyarakat
4.
Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan
pemecahan masalah dan mengurangi beban
pekerjaan
yang terlalu besar sehingga seleseai lebih cepat, efektif dan efesien.
Kelompok sosial adalah kesatuan sosial
yang terdiri dari dua atau lebih individu yang mengadakan interaksi sosial agar
ada pembagian tugas, struktur dan norma yang ada maka dalam hal ini dimana 7
guru BK tersebut dalam menangani atau menyelesaikan permasalahan yang di hadapi
peserta didik memiliki perannya masing-masing, Dan memiliki tanggung jawab
dalam melaksanakan tugas disekolah tersebut. Dalam hal ini kerjasama tim,
ketepatan, kesabaran, dan saling menghargai sebagai guru BK sangat dibutuhkan
didalam sekolah untuk mencapai hasil yang lebih maksimal untuk peserta didik.
DAFTAR
PUSTAKA
Santosa, S. 2004. Dinamika
Kelompok. Jakarta: PT Bumi Aksara
Huraerah,
Abu,dkk.2005. Dinamika Kelompok. Bandung: Rafika Aditama
http://kuliahitukeren.blogspot.com/2011/08/definisi-dinamika-kelompok.html
No comments:
Post a Comment