Thursday, April 9, 2015

WAWANCARA KONSELING GURU BK DENGAN SISWA

Buat anak BK yang lagi mumet mikirin tugas wawancara, nih penulis kasi contohnya:

WAWANCARA KONSELING BK

Siswa                 :      “Assalamualaikum” (masuk ruang BK)
Guru BK           :      “Waalaikumsalam wr.wb, ayo  masuk  nak, silahkan duduk” (tersenyum ramah dan sedikit berbasa-basi sebelum memulai bimbingan)
Siswa                 :      “Terimakasih Bu”
Guru BK           :      “Apa yang membuatmu memutuskan untuk datang kesini nak? Ada yang bisa Ibu     bantu?” (memulai bimbingan)
Siswa                 :      “Mmmm….. begini bu seminggu yang lalu orangtua Saya bilang kalau kami akan pindah rumah keluar kota karena pekerjaan orang tua Saya dan otomatis Saya harus pindah sekolah  juga Bu, Saya bingung karena sebentar lagi kan UN rasanya kurang pas kalau Saya pindah sekarang, Saya juga takut kalau Saya pindah sekolah sekarang akan butuh waktu lagi untuk beradaptasi dengan teman-teman dan lingkungan yang baru, Saya kurang nyaman kalau harus pindah dalam waktu dekat ini”
Guru BK           :      “Apa kamu sudah mengatakan hal ini kepada orang tuamu?”
Siswa                 :      “sudah Bu, tapi mereka bilang keadaannya mendesak.Orang tua Saya sudah harus mulai bekerja disana dalam waktu dekat ini”
Guru BK           :      “Kalau demikian yang terjadi kira-kira apa yang akan kamu  rencanakan?”
Siswa                 :      “Sebisa mungkin Saya terpaksa harus cepat Beradaptasi dengan lingkungan yang baru agar kondisi kesiapan mental Saya saat UN nanti benar-benar baik karena didukung oleh kenyamanan  lingkungan”
Guru BK           :      “Sepanjang pengamatan Ibu dikelas, menurut Ibu kamu cukup supel dalam pergaulan,lalu apakah yang membuat kamu  merasa tertekan untuk beradaptasi dilingkungan yang baru nanti?”
Siswa                 :      “Saya takut tidak mempunyai teman seperti teman-teman yang ada disini... Guru-gurunya juga Bu,takut tidak cocok…”
Guru BK           :”    Kalau kata Raditya Dika (Penulis) di bukunya yang berjudul Manusia Setengah Salmon katanya Hidup adalah perpindahan,, segala macam karakter manusia akan kita temui diantara perpindahan-perpindahan  itu hehehe. Nah  sekarang Ibu Tanya, lebih enak mana merasa ‘dipaksa’  pindah oleh keadaan orang tua atau ikhlas pindah dan mengerti pada keadaan orangtua kamu sekarang ini?”
Siswa                 :      “Untuk saat ini  Saya  memang  merasa di paksa pindah Bu..”
Guru BK           :      “Itu untuk saat ini? Kemudian Apakah ada kemungkinan perasaan terpaksa itu  akan berubah…?” (menegaskan)
Siswa                 :      “Pelan-pelan saya coba untuk ikhlas.. InsyaAllah..”
Guru BK           :      “Lalu ketakutan  kamu  akan  teman-teman  dan  guru-guru  di sekolah baru kamu nanti, bagaimana?, apakah kamu mau mencoba untuk tidak memikirkan ketakutan-ketakutan yang belum pasti itu? dan tetap fokus pada persiapan UN walau apapun keputusan yang ditetapkan oleh orang tua kamu nantinya?”
Siswa                 :      “Iya bu,InsyaAllah Saya coba, dan Saya akan tetap fokus”
Guru BK           :      “Anak pintar (tersenyum).  Nah karena waktu kita sudah habis dan keputusan orang tua kamu untuk pindah sepertinya susah untuk berubah karena memang pekerjaan mereka yang menuntut ini semua,sepertinya kamu memang harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan pindah sekolah, tapi kamu tidak perlu khawatir akan teman-teman atau lingkungan baru kamu  nanti  karena  seperti yang telah  kita bicarakan tadi kita akan coba untuk menghilangkan ketakutan-ketakutan yang belum pasti itu, agar  kamu tidak kehilangan fokus,kemudian bila nanti orang tuamu datang kemari untuk mengurus kepindahan kamu Ibu akan coba untuk berbicara mengenai hal ini,semoga kita mendapatkan keputusan yang baik.Terimakasih sudah mau berbagi cerita dengan Ibu hari ini,dan jangan sungkan untuk menceritakan lagi  perkembangan  hal ini nanti ya nak…  ” (Tersenyum ramah)
Siswa                 :      “Iya Bu,Terimakasih”
(Guru  mendampingi siswa keluar sampai pintu ruangan BK)

No comments:

Post a Comment

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD

    PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD      BAB I PENDAHULUAN   A.  ...