PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tahun
Ajaran : 2016/2017
Standar
Kompetensi:
Mendengarkan:
9. Memahami informasi melalui tuturan
Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi
dari berbagai sumber
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
memindai
Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan
paragraf dan teks pidato
Standar Kompetensi (aspek sastra):
Mendengarkan:
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui
diskusi
Membaca:
15. Memahami sastra Melayu klasik
Menulis:
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
orang lain ke dalam cerpen
No
|
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
Nilai
KKM (%)
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan
melalui tuturan langsung
- Menyimak serius informasi
- Menangkap isi informasi
- Menyimak isi tuturan
- Menyimpulkan isi informasi lisan
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar
melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
- Mendenagrkan
dengan sak-sama informasi tak langsung
- Menangkap
isi informasi tak langsung
- Menyimak
informasi global
- Mencari
isi informasi tak langsung
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari
media cetak dan atau elektronik
- Mengkritik
informasi
- Memberikan
alasan aktual
- Menilai
informasi
- Memberikan
pendapat dan kritik informasi media cetak
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap
artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
- Menyimak
artikel
- Memberikan
penilaian ar-tikel
- Memberi
dukungan artikel
- Menilai
objektifitas artikel
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke
dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
- Membaca
memindai teks
- Merangkum
teks yang dibaca
- Membaca
saksama teks buku
- Merangkum
isi buku
11.2 Menulis gagasan untuk mendukung suatu
pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
- Membaca
saksama tabel/ grafik
- Merangkum
isi dari tabel/grafik
- Merangkum
isi informasi tabel/grafik
- Merangkum
dengan kalimat yang benars
12.1 Menulis gagasan untuk men-dukung suatu
pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
- Memberikan
gagasan dalam paragraf
- Menulis
paragraf argumen-tatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau
mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf
persuasif
- Memberikan
gagasan
- Menulis
gagasan dalam paragraf persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
- Berwawancara
- Menulis
laporan wawancara dengan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
- Menyusun
pidato
- Membawakan
pidato de-ngan tepat
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh
cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
- Menilai
tokoh cerita rakyat
- Menghayati
penokohan cerita
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang
latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
- Membaca
cerita rakyat dengan saksama
- Menemukan
keunikan cerita tersebut
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran
pengin-deraan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
- Memecahkan
masalah dalam diskusi
- Membahas
isi puisi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas
alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
- Menghayati
puisi
- Menghubungkan
puisi dengan realitas luar puisi
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur
unsur intrinsik sastra Melayu klasik
- Mencari
ciri-ciri sastra Melayu klasik
- Mengetahui
unsur-unsur intrinsik sastra
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandugn di
dalam sastra Melayu klasik
- Mencari
keunikan sastra Melayu klasik
- Menemukan
nilai-nilai sastra Melayu klasik
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri
sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
- Menulis
karangan (menga-rang)
- Menuils
pelaku, peristiwa dan kata pengantar
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman
orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
- Menulis
pengalaman orang lain
- Menulis
cerpen dari penga-laman
|
|
|
|
|
Catatan: poin
kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang
akan dicapai di tingkat sekolahnya
Mengetahui,
Bandar Lampung, 24 September 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Ki. Drs. H. Surip Salamto Ni. Mira Salviani, S.Pd.
NPA. 3061 NIP .
NIP. NIP.
PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
DASAR
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Tahun
Ajaran : 2016/2017
No
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
Nilai
KKM (%)
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Memahami informasi melalui tuturan
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan
melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar
melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
Mengungkapkan komentar terhadap informasi
dari berbagai sumber
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari
media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap
artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke
dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2 Menulis gagasan untuk mendukung suatu
pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
Mengungkapkan informasi melalui
penulisan paragraf dan teks pidato
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu
pendapat dalam bentuk paragraf argu-mentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau
mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf
persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
Memahami cerita rakyat yang
dituturkan
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh
cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang
latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
Mengungkapkan pendapat terhadap puisi
melalui diskusi
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran
penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas
alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
Memahami sastra Melayu klasik
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur
unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandugn di
dalam sastra Melayu klasik
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri
dan orang lain ke dalam cerpen
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri
sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman
orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
|
|
|
|
Catatan: poin
kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang
akan dicapai di tingkat sekolahnya
Mengetahui,
Bandar Lampung, 24 September 2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Ki. Drs. H. Surip Salamto Ni. Mira Salviani, S.Pd.
NPA. 3061 NIP .
No comments:
Post a Comment