UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMOSTRASI PADA MATERI GAYA
b. Ciri Khas perilaku belajar
yaitu :
2)
Perubahan Positif
dan Aktif
3)
Perubahan Efektif
dan Fungsional
1. Berdasarkan prasarat yang di perlukan untuk belajar
a. Dalam
belajar setiap siswa harus di usahakan partisipasi aktif,
meningkatkan dan membimbing untuk
mencapai tujuan instruksional;
d. Belajar perlu ada interaksi siswa dengan lingkungannya.
a. Belajar
itu proses kontinyu, maka harus tahap demi tahap menurut perkembangannya;
b. Belajar adalah
proses organisasi, adaptasi, eksplorasi dan discovery;
3. Sesuai materi/bahan yang harus dipelajari
4. Syarat keberhasilan belajar
1. Belajar memerlukan sarana yang cukup, sehingga siswa dapat
belajar dengan tenang;
a.
Pengertian Metode
Demonstrasi
Metode demonstrasi ini tepat digunakan
apabila bertujuan untuk:
1) Memberikan ketrampilan tertentu
2) Penjelasan sebab
penggunaan bahasa lebih
terbatas
Kelebihan dan kelemahan
Metode Demonstrasi
1. Kelebihan Metode
Demonstrasi
2. Kelemahan Metode
Demonstrasi
4. Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam
1.
Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam
b. Tujuan Pembelajaran IPA
di SD
Pembelajaran
IPA di SD bertujuan agar siswa:
3. Mengembangkan
kesadaran tentang peran dan pentingnya saint dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengalihkan
pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman di bidang pengajaran lain.
d. Gaya
1. Macam – macam Gaya
1. Pengaruh Gaya terhadap Gerak dan Bentuk
Benda
a.
Gaya Menggerakkan Benda Diam
b.
Gaya Membuat
Benda Bergerak Menjadi
Diam
c.
Gaya Mengubah
Kecepatan Benda
d.
Gaya Mengubah
Arah Gerak Benda
e. Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda
f.
Gaya Dapat
Mempengaruhi Keadaan Benda di dalam Air
1)
Jika gaya tekan ke atas
lebih besar dari berat benda, maka benda akan terapung.
2)
Jika gaya tekan ke atas sama dengan berat benda,
maka benda akan melayang.
3)
Jika gaya tekan ke atas
lebih kecil dari berat benda, maka benda akan tenggelam.
No comments:
Post a Comment